Home » , » Cara menyamakan lagu agar tidak loncat

Cara menyamakan lagu agar tidak loncat

Belajar NgeDj CDJ 1000 menyamakan beat itu sangat penting. Lalu setelah kita paham bagaimana menyamakan beat ketika aksi,  kita pasti sering mengalami lagu lari (jumping beat/bledak bleduk). Walaupun BPM sama dan lagu normal, Saya pikir sering kita alami pada aksi sebagai Dj. Dan saya pun sering mengalami dulu sebelum tahu tekniknya.

Misalnya Lagu pada player 1 BPM 130, lagu pada player 2 juga 130 BPm, nah pada kita play dengan mengikuti ketukan lagu pertama simple nya DUK lagu 1. Dalam 4Bar/detik lagu kedua selalu ketinggalan beatnya (tidak sama dengan lagu pertama) dan kita harus terus saja mendorong Jog-dial ) pada CDJ 1000, repot kan?

Cara menyamakan lagu agar tidak loncat

Nah gimana tuh biar sama terus?

Caranya adalah dengan menyamakan nilai PITCH . Kadang-kadang kita hanya berpatokan pada nilai BPM yang tertera pada CDJ 1000 hingga tidak melihat nilai PITH. Apa itu bpm baca di article Bpm.

Contoh:

lagu 1 bpm 130 pith + 0.145
lagu 2 bpm 130 pith + 0.110

Tidak sama bukan? padahal ketukan sama kalau kita runing. namun kebanyakan pada 8 bar - 10 bar hitungan maju lagu kedua sering ketinggalan.

Caranya hanya simple agar tidak lari pada saat kita Runing kedua lagu tersebut yaitu dengan mengatur atau menyamakan Nilai pitch nya.. (nilai BPM tetap jangan di rubah jika 130 tetap 130 ) ,

Mudah bukan ?

Selamat mencoba..Itulah salah satu cara menyamakan lagu agar rapih terus atau tidak lari, saat mixing. Punya pertanyaan comment disini aja..Silahkan baca juga tentang apa itu speed hunting. klik

Butuh bahan lagu buat ngeDJ disini

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 11.42

19 comments:

  1. belum jelas tanya aja lewat comment ini..

    BalasHapus
  2. jika di vdj 6 akan ada menu pitch_blend namun cara pakainya bgm? mohon petunjukanya

    BalasHapus
  3. Saya pernah ngalamin ky gtu.. Bpm udah pas,lagu g udah pas, tp pas bar ke 8-10 suka brantakan lg.. Saya jg coba atur pitch nya yg di atas bpm.. Tp masalahnya ga smua pitchnya bisa di samain.. Itu bgmana ya solusi nya? Thx broo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu berarti bpmnya belum pas..atau sama..jd mesti di samain dulu..speed hunting

      Hapus
    2. gan gimana cara speed hunting ane bingung

      Hapus
  4. cara nyeting pitch nya kalo di vdj gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca cara menggunakan pitch bend dah ada kok postingannya

      Hapus
  5. Misal nya Lagu pertama bpm 130 +0.25%,
    Pas mw masukan lagu ke 2 bpm 128, trus qt samakan bpm jd 130 jg.. Tp pas bpm sudah sama di 130, pitch nya menjadi 130 +0.45% di lagu ke 2, klo diturunin lg bpm nya jd 129 bkn 130 lg.. Nyamain untuk ke 130 +0.25% Biar sync dengani lagu ke 1 gmn? Biar lagu ga loncat2.. Thx bro..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan udah jelas bro..tulisan ane di postingan..nilai bpm biarkan jangan sampai berubah..memang tidak smua lagu nilai pitch harus sama agar maching..dan itulah gunannya speed hunting (geser2 pitch control sampai sama. Tes play satu menit berbarengan dengan lagu pertama)..jangan patokan nilai pitch tp pendengaran di kuping ente.Yang penting bpm sudah sama, selanjutnya tinggal samakan ketukannya..kalo lari tinggal pake jogdial(maju or mundur).Kalo masih lari2..atur lagi pitch controlnya.Latihan aja sering ntar ketemu celahnya

      Hapus
  6. kak hendry, sy baru msk dj school. kebetulan di ajarin ttg ini. sy dah taw cara ini. tp sy agak bingung, np pas ketukkan na agak beda kita harus geser pitch sampai sama habis itu dibalikin ke pitch semula y? (kata org2, instruktur sy agak galak. jd takut jg nanya dia) hahaaha. .XD thx. =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..instruktur galak biar ente cepet bisa..rilek aja..n sering latihan. Jika ketukan beda asal tempo sama, ketukan kedua lagu masih bisa di sync/match.Pake Jog-Dial cara paling mudah(kalo pake cdj). Kalo mau mahir ya speed hunting.

      Hapus
    2. ow..
      sip2. iy sih, emg lbh cepet bisa. cm wkt latihan na keringetan neh kak. pdhl ruangan ada AC. hahaaha.. XD
      thx y kak. =)

      Hapus
    3. yang penting sering diambil aja om [maklhum baru smp kls 2]( pake jog dial caranya : puter kekanan setengah putaran kalo ngerasa lebih enak berarti kurang cepat, sebaliknya kalo puter kekiri yang tambah enak berarti kurang lambat tapi kalo pake jog dial harus sama selama kurleb 10 dtk baru bisa pake jog dial.apalagi di sekolah dj saya bpm yaa ditutupin pake kertas jadi nggak tau bpm nya berapa [yang susah itu ngerasainnya :v ]

      Hapus
  7. Saya sdh lama belajar dj tpi tidak pernah lulus dlm hal speed hunting, pitch yg 1 beda dngn pitch 2 krn positif dan negatifny trus angkany jg beda, sya sdh mencari celah celah, tp slalu berantakan, hmpir sdh 2 bulan lebih sy tdk lulus, apa yg hrus sya lakukan mohon pencerahannya bos hendra

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar..sabar..butuh proses aja..mungkin kupingnya lum peka..pake cdj brapa sih

      Hapus
    2. pake cdj1000 hen, ttolong masukan apayang haru sya lakukan

      Hapus
    3. coba, pake lagu yang gampang2 dulu..kaya soulful yg bpmnya gk jauh beda..pake cdj 1000mah..kan mudah.

      Hapus
  8. kalo lagupertama bpm nya 128 lagu ke dua jenis trap bpmnya 150 an gmn caranya bro?

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.