Home » , » Teknik mixing dalam ilmu DJ, ini gambarannya

Teknik mixing dalam ilmu DJ, ini gambarannya

Mixing lagu memang tidak susah asal sudah tahu teknik teknik yang benar, baik mixing lagu dengan menggunakan alat dj manual atau pun digital ( dj controller ). Teknik mixing dalam ilmu dj sebenarnya hanya langkah yang benar seorang dj dalam mixing lagu saat perform. Dalam article kali ini Ane akan beri gambaran singkat soal ini.

Karena salah satu kemampuan seorang dj adalah dalam proses mixing.

Dimana dia bisa mencampur atau memainkan dua lagu secara bersamaan, namun kedua lagu tersebut terdengar enak dan selaras. Pada prateknya teknik mixing dalam djing sebenarnya hanyalah proses menyamakan beat, tempo atau bpm nya (beat permenit) dan juga proses equalizer.

1. Proses Eq

Proses EQ dilakukan dengan mengatur equalizer lagu seperti Low, middle, treble dan gain. Ini dilakukan pada mixer DJ. Seperti pada gambar di bawah ini. 

Mixer dj djm 300

Seperti gambar di atas tombol Low ( mewakili suara bass ), Mid ( midle ), Treble ( high -- bunyi ces..ces )
Dibagian mixer inilah terjadinya proses pergantian lagu yang sedang dimainkan, yaitu : Dengan memainkan fungsi tombol Volume pada mixer ( contoh di atas pada panah atas dan bawah ).


2. Proses pada cdj player

Pada cdj player yaitu untuk mengatur Cue ( start awal lagu ) dan juga untuk menyamakan bpm lagu 1 dan 2 dengan mengatur memakai tombol pitch control seperti pada gambar dibawah.


Teknik mixing dalam ilmu DJ, ini gambarannya


Misal lagu 1 bpm 130, lagu kedua 127, maka lagu kedua harus dinaikkan ke 130 agar sejalan tidak kejar kejaran saat di play. Proses ini dilakukan dengan mengatur tombol pitch control.

3. Proses beat-match ( Sync )

Beat match adalah menyamakan ketukan lagu antara lagu pertama dan kedua. Agar pada saat lagu akan berganti ketukan bisa sama. Proses ini dilakukan dengan tombol pitch control dan Jog-dial.



Cara melakukannya silahkan Baca article : Fungsi jogdial pada alat dj


Ok ? Itulah gambaran singkat tentang teknik mixing dalam ilmu dj agar saat performing seorang dj melakukan perpindahan lagu dengan bagus dan halus. Ketiga proses diatas semuanya pasti dilakukan pada saat tampil jika menggunakan alat dj manual ( bukan controller ).

Lanjutannya silahkan baca : Kenapa saat mixing lagu secara live terdengar kasar

Hendryal
Hendry Al Updated at: 02.14

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.