Home » » Cara edit audio

Cara edit audio

Masalah suara lagu yang jelek seperti: suaranya mendem, Volume kecil, atau terlalu besar (pecah) mungkin sering kita dapatkan pada koleksi lagu-lagu dj kita atau mungkin koleksi lagu lainnya. Kalo kita tahu soal cara edit audio--mastering audio mungkin gampang ya, cuma di edit bentar langsung suara jadi bagus. Namun masalahnya tidak semua teman2 kita tahu cara edit audio/lagu supaya jadi lebih bagus. Ane punya sedikit tips cara edit audio supaya jadi bagus suaranya menggunakan software editing audio....

Bahasan ini pernah gw tulis di memperbaiki-kualitas-suara dengan menggunakan Sony sound forge namun kadang memang sedikit ribet bagi yang awam soal audio editing termasuk gw....(*_*). gw juga masih banyak belajar soal cara edit audio yang benar-benar ajip, sampai sering nanya ke teman2 yang soundman. Lumayan lah ada masukin dikit. Dari sharing ma para master soal cara edit audio dan pengalaman ane pribadi, bro, sebenarnya ngedit lagu dj atau lainnya pada bagian Equalizer simplenya cuma ada 3 bagian yaitu:

  • Hight (treble)
  • Midle (medium)
  • Low (Bass)


Bagian itu selalu kita temui di mixer yang kita gunakan waktu ngedj pada saat mixing Betul....? maksud gw dari point itu sebelum kita mengedit lagu  perlu kita ketahui dulu, kira2 lagu loe kurangnya di apanya. Pada Treble atau bass. Coba dengerin lagi, tapi ingat untuk cek itu sebaiknya set dulu speaker lo menjadi FLAT  atau arah jam 12 (hight, midle, bass) di equalizer atau lebih bagus lagi menggunakan speaker monitor Flat yang biasanya di pakai di studio. Ini agar kita lebih mudah mengetahui kekurangannya. Artinya bro..Kalo pas lo dengerin lagu lo kurang bas-nya, lo tinggal naikin Low, kalo hight (treble) naikin juga frequence hight-nya....dan seterusnya. Naikin bass-nya dimana bro..? Nah..lo.

Posisi bass tergantung software apa yang lo pake buat ngedit bro, tapi kebanyakan sama..Dan Setiap software audio editing pasti memiliki fungsi equalizer ..Seperti Nero wav, sony..
well, ini sebagai contoh aja...ane pake nero wav editor biar gampang. Lihat gambar di bawah..

Cara edit lagu yang bagus
Gambar equalizer di ambil dari software Nero wav editor versi 6. Kalo di versi 7 - 9 berbeda tampilannya, namun patokan tetep sama yaitu Bass sebelah kiri untuk gain-nya, midle-di bagian tengah, treble sebelah kanan. Maksud ane....kalo ente pake software yang lain bisa ngambil gambar di atas sebagai patokan untuk edit suara lagu lo..Detail bagaimana ngedit audio pake nero bisa lihat di article video how to edit audio use nero.

Lain hal kalo di dunia recording harus melalui proses....Tracking, Sourcing, mixing, mastering, balancing dan proses lainnya yang cukup memakan waktu  lama.Ane rasa kurang perlu ya karena kita cuma edit lagu yang udah jadi, tinggal nyempurnain doang.

Bagaimana kalo suara lagu kecil bro?
Yup..gak beda jauh ma ketika lo naikin volume speaker lo bro..tinggal putar. Maksud ane cari menu VOLUME di software, terus tinggal naikin  Beres...tapi kira-kira. Jangan terlalu gede ntar pecah. Untuk edit suara lagu yang kecil kita bisa gunakan Nero atau Wavlab. Wavlab software khusus audio editing dan mastering..

Ada gak bro software yang auto buat edit suara lagu??
Untuk edit volume bisa gunakan Mp3gain...Software ini meng-standarkan volume lagu. Cuma untuk suara lagu yang mendem tidak bisa dan harus kita lakukan manual. Untuk dapet software mp3gain..gogling aja..gratis.tapi banyak juga software lainnya.

Sebagian dj memang gak telaten soal edit lagu atau mungkin gak bisa..ane harap ketika baca ini jadi ngerti..halah..! Penting tuh bro..dj mesti bisa edit lagu. Karena nanti lo pasti bikin lagu juga. Bayangkan kalo gak bisa edit...soalnya bayar untuk mastering mahal bro..So, bagus banget kalo selain belajar menjadi dj kita juga belajar bagaimana cara edit audio/lagu. Complete dah...

Ya wes lah..ni sharing doang .Kesimpulannya kalo mo Cara edit  lagu dengerin dulu kira2 yang harus di perbaiki bagian mananya..seperti diatas...Atau jika mau tahu trik yang simple baca cara cepat edit kualitas lagu. Moga bermanfaat. Teman-teman yang mo nambahin silahkan comment.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 13.24

8 comments:

  1. thx infonya,, berguna bgt..

    -[L]-

    BalasHapus
  2. coba pake audacity lebih mudah dan kualitas terjamin

    di download-audacity.org

    http://download-audacity.org/new-audacity-2-0.html

    BalasHapus
  3. software Nero wav editor versi 6 dimana donlot nyaaa gan ?

    BalasHapus
  4. gan!mhon bantuanx tuk mmbuat tutorial "cara merubah pop jadi dangdut koplo". kami tunngu jwbanx di : lancengmadhureh@ymail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..ane aliran selatan sob..kalo mau merubah pop ke dangdut koplo bisa aja pake Fl studio, memakai sampling dangdut atau samples yag di pakai remixer Funkot

      Hapus
  5. gan, bisa hubungi via telepon ato email gak?
    mau nanya2 neh soal editing and mixing?
    email saya di jimgtd19@yahoo.com
    mohon bantuan gan

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.