Home » , » lebih bagus mana Fl studio 9 dengan Fl 10

lebih bagus mana Fl studio 9 dengan Fl 10

lebih bagus mana Fl studio 9 dengan Fl versi 10 ?

Fl studio project picker
Mungkin sebagian teman-teman yang menggunakan FL 9 dalam membuat lagu atau ngeremix sudah terbiasa akan tombol-tombol didalamnya, sehingga ketika menggunakan Fl 10 agak bingung dan terasa ribet jadinya. Bahkan mungkin bertanya " lebih bagus mana Fl studio 9 dengan Fl versi 10 ? Jelas menurut ane lebih bagus FL 10 ketimbang yang versi. Lah..Kenapa ? Sudah tentu friend yang namanya software pasti selalu mengadakan perbaruan atau penambahan fungsi-fungsi yang di sediakan, atau memperbaiki Bug pada versi sebelumnya yang kadang terjadi masalah pada saat menggunakannya: seperti kasus bunyi suara grek-grek atau crash pada saat mode song--Play.. Lalu apa perbedaannya bro..?



Ok..Ini untuk yang belum menggunakan Fl 10 atau yang sudah punya tapi masih ragu menggunakannnya karena bingung ( bagi yang sudah paham jangan baca lagi) . Perbedaan yang sangat mencolok antara Fl studio 9 dan 10 adalah pada saat ente membuka software  pada bagian PLAYLIST (mode song), yaitu:

-- Di Fl studio 9 playlist di bagi 2 bagian (split). Bagian atas adalah untuk audio track dan bagian bawah untuk Pattern. Sedangkan pada fl studio 10 tampilan PATTERN telah di pindah di bagian atas channel sehingga playlist hanya terlihat untuk track audio saja. Lebih jelasnya lihat detailnya di sini. Dan apa saja yang baru.

Lalu apa kelebihan Fl 10 di banding Fl 9 ?
Sejauh yang ane tahu pada Fl studio 10 ada penambahan Vst internal  dan peningkatan performa. well..Ane informasikan yang penting-penting saja selanjutnya tinggal ente buka di menu help (what new in Fl 10) - Point penting-nya yaitu:

1. newtone : picth and time editor:  yaitu untuk meng-edit pitch audio, slice, vocal. Tool sangat beguna untuk ngedit vocal yang terdengar Fals, karena dengan mudah kita bisa menggesernya ke nada yang pas. Cobain deh. Tutorial ada di bawah ini:



Letak vst newtone ada di mixer area dan ane pikir vst ini sangat berguna sekali untuk mengatasi / mengedit masalah audio atau vocal yang terdengar Fals. bahkan dengan mudah hasil editan kita bisa di send ke playlist atau  ke piano roll (dumb to piano roll), sehingga lebih mudah kita dalam membuat melody jika di send ke piano roll walaupun perlu di edit juga.

2. Vst Pitcher
Pitch correction dan harmonizing:  Jujur Ane belum paham banget tentang vst ini tapi sangat bagus karena ketika vocal set ke mixer dan kita kasih effect picher---chord bisa terdeteksi oleh vst picher ini.. Bahkan ada setingan untuk Frequence vocal untuk cewek dan cowok. Ane sering gunakan fungsi picher ini untuk masalah menyatukan frequence vocal dengan music sehingga lebih harmonic. Lebih jelasnya untuk fungsi-fungsi ente cobain sendiri..beuh......" Pr deh..!

3. Kualitas suara lagu di fl studio 10 ketika kita render atau export lebih bagus ketimbang Fl 9 yang sering mendem, tapi tentu juga kualitas suara ditentukan juga bagaimana kita mixing sound-nya atau plugin apa yang kita pakai.Tapi di banding Fl 9 lebih bagus yang versi 10. Coba saja sob bandingkan. Ane pernah lihat statistik lagunya  panca borneo dan remixer lainnya (dutch house)--tertera : encode : lame encoder Fl 10. dan kualitas lumayan bagus. Standard sound. walaupun kurang tebel. Wah orangnya ngebaca nih ya..hehe..

4. Piano roll:
Peningkatan yang mencolok pino roll di Fl 10 adalah pada display mode: yaitu jika kita klik gambar keyboard di piano roll makam mode berubah ke text note. Jadi ada pembesaran text note / nada yang lebih besar, sehingga nada kelihatan semua. Lebih mudah bukan ?. Berbeda dengan fl 9 yang tampak kecil. Dan juga yang lebih menarik lagi ada ghost note (nada di channel lainnya bisa terlihat selama masih dalam satu pattern. Untuk lebih jelas tentang peningkatan apa saja di piano roll fl 10, monggo di lihat disini  friends.

Peningkatan lainnya yaitu pada mixer area yaitu lebih lebar: larger mixer view. serta full fungsi automatic PDC. Okelah friend...jadi menurut ente lebih bagus mana fl studio 9 dengan fl 10 ? Jika dengan membaca tulisan ane belum yakin silahkan baca lebih jelasnya di help fl studio site-new. Atau buka Fl 10 ente dan bandingkan. Dan yang pasti I love Fl studio 10. Mau nambahin infonya silahkan comment sob...Beuh.. pegel juga jari nulis segini..ok bye..

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 07.22

15 comments:

  1. gw pake FL 10. ni software bener2 pas di hati gw. makin dipelajari, makin bikin gw terpesona. demi mempelajari FL, gw rela berenti kerja dulu biar waktu gw bisa total buat FL. gw belajar sehari 20 jam. ampe berhari-hari kagak mandi wkwkwk

    DVD tutorial yg menurut gw bagus adalah FL Studio 8 Explained (Andrew Rusnak), FL Studio Tips n Tricks (Andrew Rusnak) dan FL Studio Know it All (Digital Music Doctor). bagi yg butuh, gw kasih gratis sebagai bagian dari semangat saling berbagi demi kemajuan kita semua. silahkan kirim DVD kosong dan ongkos kirim ke gw.

    klo butuh yg lainnya, gw juga koleksi video tutorials dari warbeats, ste148, FL Guru, tranceproduction, trancecrafter, dll.

    bagi temen2 yg punya dvd tutorials FL 9 dari VTC, bagi dong. gw belum punya n butuh banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa..samape segitunya lo bro..kelamaan di depan pc malah ngeblank yg ada..biar sebentar kalo continue malah bagus..Sebenarnya kalo dah nguasai fl studio v.8 versi lainya pasti dah bisa beda dikit aja..sob

      Hapus
  2. aku masi bingung menjalankan software ini,,,

    BalasHapus
  3. mas fl studio saya ko ngga ada suaranya? mohon bantuannya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek sound setingnya mungkin salah seting..atau mungkin ada vst yg lo pake demo (buang dulu-set none) di mixer effect. atau bisa jd lo seting ke assio4all pas lo set..sound lagi di pake ama program lainnya.

      Hapus
    2. Kalo pake Assio4all kalo ga salah harus close semnua prgoram dulu mas.. Google aja harus di close. Itu kalo di laptop saya, kalo yang lain engga tau juga ^^

      Hapus
  4. Kalo fl studio 5 + crack ada link downloadnya gk gan? Netbook ane udh ada fl 9 tpi pngen diganti ke yg versi kecil aja karna cuma dipakek buat sample drum lagu

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk tau ane gan..versi lama banget itu..dah menghilang mungkin..

      Hapus
  5. mas, saya buka file buatan saya di fl9 saya buka di fl10 kok ditengah2 crash ya? apa emang g bisa file fl9 dibuka di fl10?

    BalasHapus
    Balasan
    1. project fl 9 bisa di buka di fl 10..project fl 10 gk bisa di buka di FL 9... kalo buka di fl 10 coba di save new version dulu projectnya di fl 10...kalo masih crash mungkin ram kurang or ada vst yg bermasalah.

      Hapus
  6. Gan ane donlod fl studio 10... Tapi disitu tulisannya demo jadi gak bisa save project... Jadi ane nyari crackannya tapi gak ketemu.. Bisa tolong cariin gak plisss...

    BalasHapus
  7. Baru mulai blajar FL 10 nih Boss... menarik banget..
    Tks ya.. banyak elmu FL nih di Blog ini... pelan-pelan jadi mulai paham ..

    BalasHapus
  8. bro cara copas nada yg kita buat di piano roll tu gimana????

    BalasHapus
    Balasan
    1. klik kanan aja chanel yg ada nadanya..pilih edit-copy-- paste di chanel yg lain...kalo di dalam piano roll..sama aja di sebelah kiri ada menu edit..atau select nada yg akan di copy pilih ctrl+c.. kemudian ke piano roll chanel target..tekan ctrl+V

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.