Home » » Cara masukin samples di virtualDJ

Cara masukin samples di virtualDJ

Selain menggunakan samples bawaan dari virtualDJ software, sebenarnya kita bisa masukin samples lain. Samples yang bisa di masukkan ke slot samples di virtualdj format file adalah: wav, Vdj, mp3, dengan durasi yang tidak panjang. Sebagian teman mungkin belum tahu cara masukin samples di virtualDJ atau akan mengganti samples yang sudah ada. Walaupun sebelumnya pernah ane buat video cara masukin samples virtualdj  mungkin karena koneksi internet down jadi susah untuk lihat videonya. Ok, kali ini ane kasih tahu caranya di bawah ini lewat gambar:


Langkah pertama: Klik menu samples yang bergambar tangan. Pilih salah satu slot sampler. Misalnya slot 3, kemudian klik menu samples tanda bulat seperti gambar di bawah. Klik load, dan selanjutnya browse tempat ente menyimpan sample di hardisk. Pilih file samples-nya, kemudian klik open.

cara masukin samples di virtualdj

Langkah kedua: Tes samples yang sudah di masukkan ke slot sampler virtualDJ. Load lagu ke Deck A atau B terlebih dahulu agar tempo samples otomatis menjadi sama dengan lagu, play lagunya. Dan selanjutnya play samples. Cara yang benar adalah play samples berbarengan dengan beat agar ritme lebih tepat. Untuk download samples virtualdj silahkan search di pencarian google diatas. Kata kunci "loop samples for virtuadj".

Langkah ketiga: Adalah menyimpan samples yang telah kita masukkan ke slot samples menjadi file .VDJ, karena jika tidak kita simpan setelah virtualdj software di close, samples akan hilang atau kembali ke samples yang pertama ada. Atau status,EMPTY' pada slot sampler. Cara menyimpan samples yang telah kita masukkan menjadi file .vdj adalah: Klik menu SAVE seperti pada gambar di atas. Ganti nama file terserah ente. Klik save. Maka otomatis file wav atau mp3 akan berubah menjadi .VDJ file. Tapi jika extension file sudah .vdj samples ente tidak perlu menyimpan lagi ke vdj file. Ini untuk format wav atau mp3 saja (durasi pendek).

Okeh sob..Itulah cara masukin samples di virtuaDJ software versi 5 - 7, baik versi home atau pro. Jika ente belum punya software virtualdj silahkan coba download versi home, tapi jika ingin seperti ngeDJ lebih baik menggunakan virtualdj versi pro (berbayar). Karena versi tidak di batasi penggunaanya.

Terutama pada sound setting, karena pada versi pro soundcard bisa di set memakai 2 soundcard ouput (speaker dan headphone). Sedangkan versi home free tidak bisa. Tutorial silahkan baca di ngeDJ memakai virtualDJ, atau bisa baca di related article di bawah. Baca semua postingan yang berhubungan agar menjadi paham. Jangan separuh-paruh ntar pusing sendiri..hehe. Selamat mencoba.

Jangan lupa baca juga cara menambah samples virtualdj 8, karena caranya berbeda.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 12.13

4 comments:

  1. memang keren software yang satu ini gan, saya suka nih edit-edit musik pake software, dan kebetulan sekali dapat blog ini.

    BalasHapus
  2. cara dowload samples nya di mana???di tunggu infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ente search aja di box googledi atas:..virtualdj sample ".. ntar juga ketemu dah gw uplload

      Hapus
  3. Kalo bwt vdj 8 gmn caranya gan? D tunggu infonya

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.