Home » » Kumpulan article tutorial virtualDJ wajib di baca

Kumpulan article tutorial virtualDJ wajib di baca

Kumpulan article tentang virtualDJ
Bahasan kali ini ane hanya ingin mengulang dan membuat mudah bagi yang masih bingung harus mulai dari mana ketika menggunakan virtualdj, untuk mixing lagu di home atau untuk performing. Ringkasan atau kumpulan article tentang bagaimana memakai virtualdj software ini, bisa ente jadikan pedoman, karena akan ane susun apa saja yang harus ente baca bahasannya di blog djhendryal.com ini. Berikut ini langkah-langkahnya tentang cara main dj dengan virtualdj, dan harap baca satu persatu jika ente masih pemula, dari pada nantinya ente bingung:


1. Download software virtualDJ

Yang ini wajib ente lakukan karena bagaimana kita akan paham jika tidak punya softwarenya ? Untuk download software virtualdj sebagai permulaan jika belum punya ente bisa download versi home disini, versi 7.0.5. Untuk PC pilih Pc, sedangkan untuk Mac pilih yang Mac version. Selanjutnya tinggal ente Install. ( harap di ingat untuk versi home free ini fungsi dibatasi, di antaranya adalah fungsi Mic  support dan tidak bisa di set tiap deck beda output : Artinya deck A dan B  output sound-nya sama. Detailnya silahkan baca di sini. Jadi jika ente ingin bisa di set antara output deck A dan B dengan beda output sound serta bisa monitoring lewat Headphone (Untuk DJ live) lebih baik gunakan yang versi PRO (berbayar). Bingung ??

2. Pahami fungsi-fungsi features tombol dan pengaturan

Stop..!" Jangan langsung tergesa-gesa memakai virtualdj setelah selesai install, sebelum paham akan fungsi dan pengaturannya. Yang ada ente bingung. Untuk pengaturan option silahkan baca dan lihat video pengaturan option virtualdj dan praktek / action. Terlebih dahulu siapkan lagu. Jika belum ada lagu silahkan lompat ke pembahasan:

- Fungsi - fungsi Virtualdj Playlist,  baca postingannya di sini. Ini versi 5 pembahasannya akan tetapi sama saja jika ente memakai versi 7. Kemudian lanjut baca:
- Membuat playlist vdj - Baca membuat playlist lagu di virtualDJ
- Download dan Ganti skin default vdj. silahkan googling, banyak share skin virualdj gratis.

3. Seting sound di virtualdj

Proses ini sangat penting ketika kita menggunakan virtualDJ software, agar lebih mudah dalam me-monitor suara lagu ketika di putar di virtualdj  melalui Speaker dan headphone.  Untuk cara seting sound laptop dan pc di virtualdj silahkan baca di sini. Untuk usb sound khusus laptop dan pc for DJ baca di usb sound.

4. Mixing lagu  / Nge-DJ memakai virtualDJ / memainkan vdj

Dalam tahapan ini sebaiknya langkah-langkah 1 - 3, diatas harus anda pahami terlebih dahulu agar lebih mudah. Dan selanjutnya baca article-article penting di bawah ini, klik link warna hijau:

a. Apa itu bpm -- baca article bpm
b. Cara menggunakan pitch bend.
c. Teknik-teknik Dj - Baca teknik basic
d. TutorialDJ Memakai virtualDJ  dan postingan lanjutannya.
e. Cara membuat keyboard shorcut di virtualdj baca di sini. Jika kita tidak menggunakan Dj controler, yang cocok dan recommended seperti : DDJ ergo, Nummark mixtrack pro, hercules djc mc 4, Denon Mc 3000, american audio, Denon Dn MC6000, dan lainnya. Silahkan baca di hardware yang cocok untuk virtualdj. Termasuk informasi usb sound. Untuk performing sangat cocok memakai dj Controler.

f. Cara melihat key/ chord lagu, baca di sini sob..
g. Bagaimana setingan auto mixing / ngemix otomatis di virtualdj..Silahkan baca postingan auto mixing.
h. Membuat loop sendiri. klik di sini.
i.  Cara masukin samples ke slot sampler virtualdj..klik di sini caranya.
j. Download lagu untuk latihan bisa ke soundcloud.com/djhendry  : Pilih yang full version. Lagu lainya bisa ke housemusic365.com/, pilih sesuai genre. Untuk latihan usahakan genre lagunya sama. Dan bila malas download atau butuh lagu-lagu dj yang bagus bisa pesan ke ane..hehe

Yo weslah..silahkan di baca satu persatu dan pahami kumpulan article tentang tutorial virtualdj di atas. Ane harap tidak pada bingung lagi..Jangan lupa action dan sabar. Karena ini emang bukan panduan lengkap tapi pengalaman ane dulu ketika menggunakan virtualDJ, tanpa ada yang ngajarin dan ane menggali sendiri. Jika yang ente cari tidak ditemukan, mungkin memang belum ane bahas. Artinya dari bahasan di atas silahkan kembangin sendiri (or experimment).

Dan please baca dulu semua bahasan tentang virtualdj di blog ini sebelum bertanya, karena menurut ane yang bagaimana cara bermain dengan virtualdj sudah ane bahas secara detail. Kecuali bagian menggunakan dj controler, ente bisa lihat tutorialnya di youtube. Terus action saja lama-lama paham. Tapi hal yang terpenting untuk menjadi dj adalah menguasai dulu bagaimana menggunakan alat dj yang sesungguhnya. Baik cara membeli alat sendiri atau ke sekolah DJ. Semoga membantu

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 08.32

5 comments:

  1. mas cra ngulang lgu auto gmn y,sya cba ngidupin music ny.tp abis music dam aj lg.

    BalasHapus
  2. cara masukin effects nya gimana gan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. car masukin efect di virtualdj: Kalo file effectnya (.exe) doubleklik aja..Tp kalo file nya .dll, copy paste ke folder c:mydocument/virtualdj/effect ..nanti akan muncul di virtualdj aplikasinya

      Hapus
  3. Om hendry,ini effect udah saya masukan pada posisi yg semestinya, format dll. Tp tetap aja ngga ada ngaruh nya y om pas saya buka d virtual. Kalo untuk sampler nya sih aman aman aja om, apa karna ngga crack apa kayak mana ni om Data sama virtualnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin juga karna vdjnya crack atau bisa jadi juga file effec tidak suport dengan virtualdjnya..bisa jd yang didownload effect untuk versi lama..sedangkan yang digunakan vdj versi terbaru..

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.