Home » » Merekam suara atau take vocal sendiri di Fl studio 10

Merekam suara atau take vocal sendiri di Fl studio 10

Pa kabar sob..?..Moga baik baik saja semuanya..Ane mau lanjut lagi berbagi ilmu di Fl studio 10 lagi. Kali ini ane bahas masalah bagaimana cara merekam atau take vocal suara sendiri di Fl studio, yang mungkin teman-teman punya lagu sendiri  atau untuk membuat vocal voice untuk bahan ngeremix lagu. Ok..Gimana caranya sob?


Begini : Sebelum kita merekam vocal terlebih dahulu siapkan perangkat yang akan kita gunakan sebagai INPUT. Yang paling mudah adalah menggunakan headset atau Microfon dan jika belum punya silahkan beli di toko atau pinjam tetangga sebelah..Kemudian pastikan soundcard kita memiliki lubang Mic ( biasanya warna pink) Jika memakai onboard sound  bawaan PC atau laptop. Tapi jika ente memakai soundcard / usb sound khusus recording biasanya tertulis Analog in..( in 1 n in 2) . Untuk lebih jelasnya begini langkahnya:

Untuk contoh saja ane menggunakan soundcard creative sound blaster Pci murahan, ente bisa gunakan onboard sound.

1. Pastikan fungsi Mic pada soundcard / onboard sound di pc atau laptop ente berfungsi. Caranya ? Klik start program -- control panel--hardware and sound -- Manage audio device. Kemudian klik Tab Recording. Akan tertera nama hardware sound di pc atau laptop kita. Selanjutnya pada bagian MIC VOLUME, klik kanan--pilih Enable. Atau klik gambar speaker di pojok kanan bawah, kemudian klik icon sound di atas volume control. Lihat gambar di bawah untuk Tab recording win7:

merekam vocal di Fl studio 10

Gambar ini ane menggunakan soundcard pci creative untuk tes. Dan untuk input vocal menggunakan headset  merk Global 80 (harga 75rb). Headset murahan tapi lumayan hasilnya, gambarnya di bawah ini :

Rekam suara pake mic headset

2. Selanjutnya silahkan ente sambungkan headset ke lubang Mic (jack warna merah) di soundcard ente atau onboard sound. Jika ente memakai Laptop, bisa langsung atau  menggunakan headset. Karena di laptop biasanya ada fungsi mic otomatis suara bisa masuk jika driver ter-install lengkap, contohnya saat ente menggunakan webcam saat video call. Jangan lupa baca tips mengatasi suara noise di mic saat rekaman.

3. Langkah selanjutnya setting sound di Fl studio 10.
Klik menu option--Audio setting. Pada input/output pilih Assio4all--kemudian klik "Show assio Panel". Di sebelah kiri pengaturan soundcard di assio panel klik nama soundcard yang tertera atau yang kita pilih untuk record vocal.

4. Klik menu View pilih Mixer atau tekan F9, kemudian klik Insert 1 slot (Maksudnya kita akan merekam vocal pada slot mixer insert 1, bisa di rename caranya klik kanan di insert 1 slot pilih rename jadi Recording vocal atau terserah ente). Selanjutnya pengaturan Input mic. Lihat gambar di bawah:

seting input untuk merekam di fl studio 10

Klik pada tulisan In -- NONE seperti pada gambar kemudian pilih device soundcard ente sesuai nama soundcard or onboard sound di pc or laptop ( ini untuk meng-aktifkan mic sebagai input suara, sedangkan OUT di bawahnya untuk mendengarkan hasil suara. Boleh di set or tidak),  Kemudian Klik pada bagian yang ane lingkari merah, lalu pilih EDISON. Jadi sob..proses merekam suara atau take vocal sendiri yaitu menggunakan edison. Ini recomendasi dari fl studio dan tool ini sudah tersedia di Fl studio, jadi tidak usah bingung download dimana. Yang ente perlukan software Fl studio-nya. Download di sini.

5. Terakhir silahkan ke edison untuk memulai proses merekam. Tes dulu di headset ente..apakah sinyal input suara sudah masuk apa belum, yang terlihat di mixer Insert 1. Jika belum berarti setingan mic belum benar pada soundcard.  Untuk memulai proses, lihat gambar di bawah.

Seperti pada gambar di atas, untuk memulai merekam silahkan ente klik tombol record di edison. Sebelah kiri yang ane lingkari warna merah. Dan yang sebelah kanan untuk send ke playlist hasilnya, atau klik gambar disket untuk menyimpan hasilnya. Perlu di ingat sebelum proses merekam, terlebih dahulu set  tempo / bpm di pengaturan tempo fl studio. Okee..? Nah dengan cara ini ente bisa membuat vocal "are you ready, suara ente sendiri..Menarik bukan..? Gimana sob..Ada pertanyaan ??

okh..ada bro..
Apa sob..?
Gimana kalo kita mo rekam vocal tapi instrument lagunya sudah ada..Atau kita buat dulu di fl studio, bisa tidak pakai cara di atas..?
Ya bisa sob. Wah..Jangan-jangan ente anak band. Apa vocalis...nih..?
 Caranya adalah masukkan dulu intrument yang sudah ada ke playlist. Cara masukin instrument lagu di fl studio lihat di sini- 2 cara masukin lagu di fl studio. Atau jika ente bisa buat langsung di fl studio kemudian susun di playlist kemudian play dan set ke mode SONG lalu ke edison dan plih salah satu mixer slot yang masih kosong. Tidak perlu menggunakan metronome jika instrumen sudah ada. Dan jangan merekam di master mixer.

Wokeh sob..Begitulah cara merekam suara sendiri di fl studio. Untuk edit hasilnya agar lebih bagus send ke playlist kemudian set ke mixer slot yang masih kosong dan tambahin Fx, reverb, chorus, delay atau lainya seperti yang ane bahas di postingan plugin untuk vocal yang bagus. Atau bisa langsung di edison. Selamat mencoba sob..Mohon di maafkan jika ada yang kurang. Jika ada yang mau nambahin tips rekaman suara di fl studio silahkan comment.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 04.11

51 comments:

  1. gan mau nanya kalo langsung rekam di playlist itu kulaitas nya bagus gak
    mohon pencerahanya?

    BalasHapus
  2. thanks sangat bro ! ini sangat membantu.. kebetulan ane lagi bikin band, personel nya cuman ane doang hehe :D

    btw, klo misal vocal kita masih terdengar kyk ada suara" angin itu ngatasin nya bagiamana ya bro ?

    artikel nya membantu banget nih \m/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suara noise biasanya berasal dr sekitarnya..semacam background..or mic nya gk di lengkapi saringan suara..coba..jauhin dr speaker or alat yg bisa membuat feedback

      Hapus
  3. makasih banyak sob ..
    tutorialnya sangat bermanfaat untuk saya .

    BalasHapus
  4. bang mau nanya banged bang...
    saya masih beneran amatir banged... kalo mau buat suara gitar di fl studio gimana ya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake vst "Fl Slayer"..dah ada di fl tinggal atur aja stepnya

      Hapus
  5. bang nama fb abang apaan ya bang......

    BalasHapus
  6. tipsnya bagus dan bisa di coba nih..

    BalasHapus
  7. permisi gan.. mau dicopy gpp yaa.
    buat bahan belajar sehari-hari..
    Thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh aja..asal cantumin sumbernya kalo buat blog posting.

      Hapus
  8. Gan numpang tanya..ane pake xenix dari behringer kok ga kedetect di fruity loop ya?? Klo di cubase otomatis kedetect..ane ada project mau bikin musik r&b , jadi ane butuh drum midi dan synt dari fruity loop..mohon bantuanny gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum di Enable mungkin -- Option-midi setting-controler type. or coba lihat video disini http://forum.image-line.com/viewtopic.php?f=1914&t=881

      Hapus
  9. bang kok di fl 3 saya gak keluar suara midi importnya ia!pdhal da q play?mhon solusinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ente gk send ke channel instrument (misal piano).. ente send ke sampler kosong mungkin jd gk ada suarannya..coba copy paste ke channel piano atau lainnya.

      Hapus
  10. Misi dong mau tanya, aku lgi pgen buat cover lagu gtu, instrumennya pake lagu karoke, ntar pas record vokalnya ada suara instrumen lagunya tadi ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung cara merekamnya..tp biasanya di fl studio yg di rekam suara input yg masuk aja dr mic..(kalo record sumber dr luar)..

      Hapus
    2. nanti pas proses record nya, instrumen yg tadi aku masukin pertama itu ngiringin aku pas take vocal ga ?

      Hapus
    3. Yaiyalah kalo ente play buat patokan nyanyi..cuma gk ke record..yg ke record vocal ente doang..nanti tinggal di gabungin di playlist

      Hapus
  11. misi.. numpang tanya. ane udah ikutin step2nya dan sudah benar semua. tapi waktu mau dengerin hasil rekaman vokalnya kok nggak ada suaranya ya? apa pengaruh dengan headset juga? ane pake headset hape samsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya dah di tes belum..ada sinyal audio di mixer apa tidak pas ente tes vocal..? jika ada sinyal harusnya ke record suara input dari mic..or soundcard ente masih ke pake Fl studio karena (assio4all)..aktif..setingan sound di fl di normalin dulu ke primary sound driver..Karena jika assio4all active software pemutar lainnya gk ada suaranya..

      Hapus
  12. saya uda coba nih cara. pas saya record di edison terus klik play di transport panel hasil rekamannya ada suara vocal dan instrumen. gimana caranya biar yang kerecord cuma suara vocal?
    untuk informasi saya membuat instrument sendiri di fl. mohon bantuannya mas

    BalasHapus
  13. instrumennya jangan di keluarin ke speaker sob..kalo mau misah...mungkin kerekam dari out speaker..pas rekam lebih baik dengerin instrumentbuat gatenya lewat headphone..

    BalasHapus
  14. gan saya mau tanya kenapa ya saya pas ganti setting audionya ke asio4all, pas di play ga ada suara apa apa,
    saya pengen rekam sambil denger instrumen nya di fl

    BalasHapus
    Balasan
    1. Close dulu smua aplikasi yang menggunakan sound sebelum set assio4all..biasanya karena di pake ama software lainnya.Atau mungkin belum di select soundcardnya di setingan assio panel..baca di sini --https://www.image-line.com/support/FLHelp/html/envsettings_asio4all.htm

      Hapus
  15. Gan mau tanya klo tanpa soundcard bisa kan?
    Trus bagi crack FL studio 11.04 dong gan,
    Thanks
    Http://agilfadillah.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tanpa soundcard ente bisa gunakan onboard sound bawaan laptop or pc, asal ada fungsi mic-nya. Tapi harus di aktifin dulu seperti pentunjuk diatas..gk punya ane sob fl 11 versi cracknya..ane beli fl yg ori di chandracom.net

      Hapus
    2. Brpa yang ori bang?

      Hapus
    3. Dulu harga fl studio signature bundle (box version) 2,8jt. Dah lama ane belinya nggak tau sekarang..ke chandracom aja sob dia dealer resmi Image-line

      Hapus
  16. mas broh, ane take piano, tapi ko suara midi drum nya ikutan masuk yah? gimana cara biar midi drum nya ga ikut ke rekam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ente merekam dari master sob..maksudnya edison jangan di insert di master mixer tapi di slot mixer yg lain..misalnya di insert 2 , 3 dan dan seterusnya

      Hapus
  17. Gan mau tanya, gw udah ngikutin smua caranya tp kok suara gw ga masuk di fl ya.. ga ada sinyal.. udah gw ulang2 jg. Terus gw jd udah liat tutorial di youtube jg ga membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hardware mic nya mungkin bermasalah sob...coba ganti yg lain..or headset yang lain jika ada..

      Hapus
    2. Bang kenapa
      saat rekamanya di simpan
      Filenya eror
      Ngga bisa di putar

      Hapus
    3. Format filenya apa disimpannya..wav atau mp3..coba cek file sizenya..muncul pesan eror apa pas diputar ?

      Hapus
  18. Mas hendry, di mixer udah keliatan gelombang suara ane, tapi masih kedengaran krasak-krusuk (ane gerak sedikit suaranya kerekam) trus jadinya malah kayak pake mic di kondangan (bass sama treblenya itu lho). Mohon pencerahan.

    Best regards.

    BalasHapus
  19. mas colokan headset saya kan cuman ada 1 dilaptop.terus kalo setiap saya vokal itu suaranya cuman keluar ke headsetnya.ini gimana ya mas biar bisa keluar melalui speaker laptop saya langsung.terus juga saya dah beli usb soundcard terus pas headsetnya saya colokin ke situ malah gk mau ngerekam.

    Mohon Bantuannya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau dengar di speaker outnya di setingg.. lihat gambar no 4 sebelah kanan bawah kan ada "Out"..seting itu..jngan di none.. usb soundnya lum di seting kali jadi mic..

      Hapus
  20. Om, klo maen fruity loop pake sound onboard apa gak jebol tuh mobonya ? . Klo pake soundcard internal apa bagusnya om ?. Thanks artikelnya sangat membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk sob asal latensy soundcardnya gk terlalu besar ( default saja ). Kalo pake internal sound bitrate kurang...standard quality..yg bagus soundcard yg khusus buat recording..

      Hapus
  21. Gan ane request lah tutorial buat editting vocal ala2 studio pake fL10
    Biar vocal kerasa crisp dan kwin sama instrument nya itu gimana
    Please... Ane newbie gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah ane bahas sob diblog ini.. cari aja kata kunci mixing vocal.. gunakan google box diblog ini..dibawah article

      Hapus
  22. trima kasih'Bang info'nya siap aqu coba

    BalasHapus
  23. trima kasih gan ats info nya, moga pnjang umur n sehat slalu biar bisa trus berbagi pengetahuan :)

    BalasHapus
  24. mas knp hasil rekaman kecil sekali suaranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Volume "In " mic kecil biasanya.. naikin aja setengah jangan full nanti pecah.. Kecil gk papa sob sebenarnya..nanti hasilnya tinggal di normalize di edison

      Hapus
  25. Cara setting biar suara mic nya ga keluar di headphone gimana yah? Soalnya ganggu banget pas take vocal

    BalasHapus
    Balasan
    1. disable send from mixer ( klik di master mixer biar gk masuk. carannya Pilih dulu mixer tempat rekam vocal, terus di master matiin send from.. klik aja ntar gk aktif

      Kalau mo take vocal lebih enak sih pake Fl 20

      Hapus
  26. Kok saya pas di mixernya pilih USB PNP 1 buat mic. Malah ada suara berisik. Jadi gabisa rekaman. Karna pas mau ngisi input mic malah berisik gitu. Jadi solusinya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba volume mic di kecilin dulu.. bisa dari volume control atau di mixer Fl slot mic insertnya

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.