Home » , , » Versi lagu DJ serta cara penulisan judul yang benar

Versi lagu DJ serta cara penulisan judul yang benar

Versi lagu DJ serta cara penulisan judul yang benar Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan bagi teman-teman muslim semuanya. Kalau kemarin ane posting tentang lagu yang ane remix - I want you, sekarang ane bahas tentang Istilah dan versi  lagu DJ serta cara penulisan yang benar.

Topik ini hanya untuk sekedar wawasan saja untuk kita yang hoby musik tapi masih awam tentang jenis lagu dj, terutama tulisan sesudah judul lagu dan nama artisnya yang kadang membuat bingung.

 Contoh: Crazy - pitbull (hendry remix.bootleg). Apa maksudnya bootleg..? Tak perlu panjang lebar, di bawah ini istilah dan jenis lagu dj yang umum beredar di pasaran.

1. Original :

 Adalah lagu asli yang aransemen musiknya di buat oleh seorang musician atau remixer yang berisi vocal full / pendek atau non vocal. Penulisannya seperti ini, misal:  Hendry Al - Amana (original mix). Nama penulis lagu bebas di depan atau di belakang. Bahan vocal di dapat dari samples vocal voice yang banyak di jual di online store, contohnya di loopmasters.com


2. Remix : 

Remix adalah mengaransemen kembali lagu original / asli menjadi berbeda dengan tujuan agar cocok di mainkan di tempat tertentu sesuai crowd/audien. Contohnya untuk di mainkan di Club oleh seorang dj, cafe lounge atau tempat lainnya.

 Dan versi ini yang banyak di gunakan para DJ. Biasanya penulisannya contoh: nama artis - judul lagu ( remixer name). Atau - jadyn maria ft. flo-rida - good girls like bad boys ( hendry al remix )

3. Mashup :

 Pengertian sederhana Mashup adalah sebuah rekaman lagu yang berisi dari dua lagu atau lebih yang element musiknya mengambil dari lagu aslinya akan tetapi di ambil bagian yang menurut sang pembuat mashup (Masher) penting, dan mempunyai chord sama agar harmoni.

Contoh: Di ambil bagian vocal atau beatnya. Yang kemudian di gabungin jadi satu lagu.

Contoh : Leventina & Dinka VS Krewella - Alive Elements (Fabio Even Mash Up). Lagu ini terdapat 3 musician dan juga si pembuat versi mash up.

Dan setiap pergantian vocal lagunya tepat dan harmoni.

Untuk menjadi seorang masher yang kita perlukan adalah memahami chord pada lagu yang akan di mashup. Inilah yang mungkin kita pernah dengar ada lagu yang isinya ada beberapa lagu sahut-sahutan dengan durasi yang pendek, sekitar 3 - 6 menit.

Bahkan jika kita download lagu dibelakang judul lagu ada kata Mashup. Selain media audio, sekarang video pun sudah banyak yang di mashup. Biasanya tanpa izin yang punya lagu.

Penulisan judul lagu biasanya seperti ini contoh: Jlo - dance again ft. judul lagu lain (Jhon mix. mashup). Contoh lagu mashup dan software yg mudah untuk mashup lagu baca di sini- mashup lagu.

2. Bootleg:

Menurut tante wiki adalah lagu yang tidak di rilis secara resmi melalui label recording/ rekaman. Atau bisa di sebut melakukan perubahan tanpa izin pengarang. Ada yang berpendapat bahwa hal itu syah-syah saja selama tidak untuk komersil atau di jual belikan secara umum.

 Justru hal ini membuat pencipta lagunya semakin di kenal banyak orang. Dan hal ini banyak di lakukan para musician / remixer lagu, yaitu ngeremix tanpa izin. Seperti saya..hehe...Contoh seperti di atas.

5. Extended mix

Sepanjang yang ane pahami versi ini adalah versi lagu yang di edit kembali dari versi aslinya agar lebih mudah di mainkan Dj saat perform, karna biasanya lagu aslinya pendek alias tidak ada intro dan outronya. Ini biasanya pada lagu-lagu komersil yang sifatnya untuk umum. Terkadang juga perluasan dari versi demo yang mana pertama kali lagu di launching adalah versi demonya baru kemudian di buat versi extended mix.

6. Radio edit

Versi radio edit di buat dengan tujuan untuk di putar di radio, dimana biasanya lagunya di potong bagian intro atau bagian lainnya, agar lebih enak di nikmati pendengar radio atau lagunya di buat menjadi pendek. Biasanya di potong sebelum masuk vocal lagu atau bagian tertentu.

Coba bayangkan jika pendengar harus mendengarkan intro lagu dj yang kosong hanya beat..? Kelamaan bukan. Dan biasanya durasi lagunya pendek sekitar 2 - 4 menit. Penulisan judul lagu biasanya di belakang ada kata "radio edit.

Jangan gunakan versi ini untuk live mixing perform djing karna menyulitkan untuk di mixing.

Jika ada versi radio edit biasanya ada versi full. Dan ini kadang kita dapatkan ketika beli lagu atau download pada satu lagu akan tetapi ada beberapa versi.

7. Vocal Mix

Versi vocal mix biasanya adalah mengambil vocal sebuah lagu yang di anggap bagus bagi yang ngeremix lagunya. Artinya lagu tersebut tidak di ambil semua vocalnya. Jadi hanya di ambil bagian tertentu saja agar pas dan sesui dengan genre/style lagu yg di buat.

Contohnya seperti lagu ane yang ini -; Russian roulete. Ane cuma ambil sebagian vocalnya gar cocok dengan musik yang ane buat. Jadi itulah kenapa ada kata vocal mix. Ini hanya untuk memperjelas saja agar orang tahu.

8. Dub

Ada yang berpendapat bahwa maksud kata DUB, adalah dubstep. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa maksud Dub pada lagu dj adalah lagu  versi remix yang vocalnya di hilangkan dengan tujuan untuk di Dubing / untuk live pa ( di isi vocal penyanyi lain). Ane tidak tahu pasti yang benar yang mana.

Tapi jika ane dengar dari lagu style progressive house, ini  Fabio XB ft Yves De Lacroix - Close To The Stars (Jerome Isma-Ae Remix) ada vocalnya, sedangkan yang judul yang bawah:

Fabio XB ft Yves De Lacroix - Close To The Stars (Jerome Isma-Ae Remix dub mix)- hanya ada vocal tipis sedikit. Musiknya sama. Begitu juga dengan lagu lainnya di data lagu lagu dj koleksi ane yang ada kata Dub di tiap judul lagunya.

Terkadang juga tanpa ada vocal sama sekali. Jadi kesimpulannya ane lebih sependapat bahwa Dub version adalah versi lagu untuk di dubing / hanya instrumen.

Sebenarnya masih ada lagi istilah dan versi lagu dj lainnya, seperti club mix, instrumental mix, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan ente gogling atau dengerin sendiri. Bagi yang ingin menambahkan atau koreksi jika ada yang salah terhadap apa yang ane tulis tentang jenis atau versi lagu dj, silahkan comment.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 05.43

16 comments:

  1. yo bro hendry al botleg, gitu ya? ^_^

    BalasHapus
  2. makasih sob infonya, jadi lebih tau tentang dunia DJ, yo yo yo ^_^

    BalasHapus
  3. mantab ni info yg tk cari2...lanjut bang tk tunggu trs postingnya..

    BalasHapus
  4. berarti selama ini saya bootleg dong.. baru nyadar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mungkin sob..hehe..ente yg tahu pastinya sebelum ngerjain project.

      Hapus
  5. thx mas infonya, skalian mo nanya
    kalo musik original sm remix di mashup boleh gak?
    kalo boleh, penulisan judulnya gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh..penulisanya..Nama artis - judul lagu ( nama yg remix pertama, nama ente Mashup)

      Hapus
  6. Thanks mas infonya.
    Pingin nanya nih, kalo bikin lagu original mix tapi ngambil vocal loops dari sample pack vengeance essential vocal misalnya, cuma untuk dibagian outro dan intro, jd gk seluruh, musiknya original dr Nada beat dll. Itu bisa dikatakan original mix gk ? Atau jadinya vocal mix ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sob.. kalau sample pack kan free royalti biasanya, jadi bebas digunakan. Yang penting instrumen lainnya di bikin sendiri

      Hapus
  7. Gimana to carannya mash up lagu yg pas di virtual dj pro maupun home bang?

    BalasHapus
  8. Nanya bro. . Mklum ane pemula. . Bro klau lgu yg di ambil hnya acapela vocal tnpa music lgu ane rubah musicnya ssuai dgn music yg ane suka it nmanya ap bro? Remix atw ap ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau musiknya bikinan sendiri berarti remix.. tapi kalau bukan bisa di sebut Mashup

      Hapus
  9. Blognya masih idup ngga om? Mau nanya. Saya mainin 2 lagu/lebih, kadang ngerubah tempo asli, kadang dominan musik yg di A, cm ngambil sampel vokal yg di B. Tapi kadang sama balance, baik yg di A atau B, nambahin efek2 jg. Asal bikin yg penting enak didengerin. Diupload jg. Klo bootleg udah pasti ya, nah itu saya termasuk ngeremix apa mash up ya? Bingung saya om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa disebut versi edit atau mashup kalo gitu,,

      Hapus
  10. bang kalau mixtape gimana? cara penulisan judulnya kyk gmna sih msih gk ngerti?

    jangan lupa mampir ke sc ane bang https://soundcloud.com/acsoegilar :v

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.