Home » , » Apa bisa virtualDJ software untuk ngeremix lagu

Apa bisa virtualDJ software untuk ngeremix lagu

Sepertinya banyak yang salah kaprah (persepsi) tentang virtualdj nih.. Banyak teman-teman nanya tentang bagaimana cara ngeremix lagu pake virtualdj. Untuk ngeremix lagu sebaiknya menggunakan software DAW ( digital work station )..Seperti Fl studio, ableton live, pro tool, Acid pro, dan lainnya. VirtualDJ sebaiknya di gunakan untuk live mixing alias perform sebagai dj, sebagai pengganti alat cdj player, agar lebih memudahkan saat mixing. Bukan untuk remix lagu. Karena pada virtualdj tidak di sediakan fungsi / tool untuk membuat nada.

Sebab untuk remix lagu kita harus mengolah/ membuat aransement instrument sendiri, seperti : beat, bassline, lead, melody dan lainnya. Perlu kita ketahui bahwa - Definisi remix adalah : Seorang ( remixer) atau pihak yang mengubah / membuat suatu komposisi instrumen suatu lagu yang pernah di buat / terbitkan sebelumnya,  menjadi lagu baru yang berbeda dengan lagu aslinya.

Remix lagu pake virtualdj, Bisa gak ya

Jadi tidak bisa dong ngeremix pake virtualdj ? Tidak.. Bisanya untuk Mashup lagu saja.

Baca tentang mashup. Mau coba ? boleh.

Caranya?

Simplenya begini :

Ente gunakan lagu yang sudah jadi atau loop samples, terus ambil bagian yang menurut ente bagus dengan cara di play, lalu di record..( 8 - 16 bar/ loop ). Nah hasil dari record, sesudah di save ente gunakan lagi untuk di gabungin ke lagu target yang akan di mashup. Terus di record lagi. Jika virtualdj ente tidak bisa record baca di sini cara mengatasi vdj tidak bisa ngerecord. Tool yang gunakan di virtualdj untuk mashup lagu adalah:

1. Fungsi Loop
2. Slot sampler
3. Effect
4. Recording
5. Samples.
6. Key label
7. Cue / play

Bagaimana dengan hasilnya??

Hasil dari mashup lagu menggunakan virtualdj menurut ane hasilnya kasar, jika ente tidak paham antara lagu A dan B / samples. Karena tiap lagu mempunyai chord/key berbeda. Jika tidak harmoni maka akan terdengar aneh / fals. Dulu ane pernah coba-coba mashup pake virtualdj..

Beuuh..setengah mati susah..loop, record, terus menerus dan makan waktu..

Capek...Jadinya juga aneh..Kalau hanya sekedar menambahkan suara dari sampler atau memberi effect sedikit , ok aja..Ane tidak nyaranin ente pake virtualdj buat mashup lagu, gunakan software khusus mashup lagu atau software daw saja. Karena hasilnya lebih bagus.

Tapi akhirnya ane ketemu Fl studio software dan focus belajar remix lagu atau membuat original mix sendiri. Hasilnya bagus, otodidak dan penuh perjuangan..haha..Tutorial fl studio silahkan klik menu diatas dan pelajari dengan sabar, karena ada proses yang harus di bayar agar bisa.

Dan sekali lagi ane tekankan bahwa jangan ngeremix lagu pake virtualDJ. Tapi gunakanlah sofware daw info tentang nama software dj daw baca di sini. Semoga membantu, sekedar info saja buat ente yang masih tanya tutorial remix lagu pakai virtualdj, yang ternyata tidak bisa.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 02.46

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.