Home » , , » Cara seting VirtualDJ 8 untuk mixing lagu di rumah

Cara seting VirtualDJ 8 untuk mixing lagu di rumah

Virtualdj 8 4 deck setting
Virtualdj 8 telah keluar terdapat banyak penambahan feature yang lebih bagus di banding versi sebelumnya. Kabar baiknya adalah bagi pengguna personal home fungsi pengaturan soundcard tidak dibatasi 1 soundcard. Melainkan bisa 2 output ( speaker dan headphone - internal mixer). Kemarin ane download virtualdj 8 gratis dan install di pc ane lalu lihat feature barunya. Luar biasa, banyak sekali perubahan desain dan penambahan tool serta penyempurnaan sound engine. Dan bisa juga pada skin bawaan di sediakan tool untuk mengaktifkan microfon, ente bisa seting mic di virtualdj dengan mudah. Sangat cocok sekali buat ente yang suka iseng mixing lagu di rumah. Di bawah ini cara setting virtualdj 8 untuk mixing lagu :

Jika belum punya bisa download virtualdj 8 gratis di sini, silahkan pilih untuk pc atau mac. Pada saat install pilih complete aja dan close ketika muncul menu login jika belum punya account di virtualdj site ( ini untuk member pro), ketika pertama kali di buka.

Cara setting sound output  vdj 8 versi personal home

Agar bisa dengar lagu dari speaker dan headphone pada saat akan mixing lagu di virtualdj 8 versi home personal ini maka kita harus menggunakan soundcard yang mempunya 2 output suara. Seperti soundcard pada postingan usb sound untuk dj live. Jika tidak punya ente bisa membeli satu usb sound / soundcard pci biasa. Cara setting internal mixer audio di virtualdj 8 lihat gambar di bawah :

Cara seting sound virtualdj 8
audiofire2 di virtualdj 8
Klik menu config pojok kanan seperti pada gambar. kemudian pilih two soundcard - speaker dan headphone. Kemudian di bagian list nama soundcard, pada label "source pilih master. Silahkan atur sesuai soundcard yang ente punya. Di bagian headphone seperti pada gambar di atas adalah untuk soundcard yang kita pakai untuk mendengarkan lagu di headphone dan juga mix dua lagu atau lebih pada tiap deck yang di pilih. Jangan setting external mixer karena jika bukan virtualdj pro fungsi ini di batasi.

Jika ente menggunakan controler sebagai mixer, ente harus menggunakan virtualdj 8 versi pro, yang harganya bisa ente lihat di bagian menu licences. Meskipun di batasi pengaturan soundcard di virtualdj 8 versi home ini lebih bagus di banding versi 7 yang hanya bisa di set 1 sound ouput.

Bagaimana cara mix lagu di heaphone ?

Proses ini untuk mengetahui apakah lagu antara deck 1 - 4 sudah sama ketukannya atau belum. Jika ente sudah menguasai teknik mixing di virtualdj versi sebelumnya tentu tidak mengalami kesulitan, karena cukup memahami saja tool baru di virtualdj 8. Untuk lebih jelasnya cara mix lagu di headphone lihat gambar di bawah ini :
Cara mix dua lagu di phone virtualdj 8
Internal mixer virtualdj 8
Gambar ini adalah mixer internal virtualdj 8, 4 deck. Pilih tombol "MIX, untuk mendengarkan 2 lagu yang keluar ke speaker dan lagu pada deck yang di pilih ( icon headphone). Posisi tombol mix phone di tengah untuk mendengar 2 lagu atau lebih. Sedang posisi ke kiri untuk mendengar 1 lagu pada deck yang di pilih. Tapi jangan lupa turunkan dulu volume level deck yang akan di dengar bersamaan dengan deck yang aktif. Jika ente menggunakan crossfader geser  ke kiri / kanan yang lagunya telah di play keluar ke speaker.

Fungsi mix phone ini sangat penting saat mixing lagu bagi seorang dj, karena tanpa mix phone ini proses mixing lagu dj tidak bisa sempurna atau kurang halus. Walaupun di virtualdj 8 sudah ada tombol sync dan jangan lupa baca cara menggunakan pitch bend untuk menyempurnakan mix lagu.

Jadi kesimpulannya untuk bisa mixing lagu di virtualdj 8 versi home kita harus menggunakan soundcard yang memiliki 2 output suara. Jika di pc/laptop hanya memiliki soundcard bawaan, ente harus menambahkan 1 lagi. Tanpa soundcard 2 output sound cara setting virtualdj 8 tidak bisa di terapkan. Ok, bro...agar lebih jelas bagaimana cara main virtualdj, baca >> semua tutorial virtualdj yang sudah ane bahas sebelumnya pada versi lama.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 10.53

25 comments:

  1. Balasan
    1. gk ada sob..di blog ini ada tutornya versi sebelumnya..sama aja penerapannya..baca2 semua article tentang virtualdj

      Hapus
  2. coba di sini http://www.virtualdj.com/wiki/PDFManuals.html

    BalasHapus
  3. trus kalo setting utk micnya gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tinggal set aja di situ ..di pengaturan sound seperti gambar di atas, dibawah headphone (label source) set mic-nya. Kemudian Set soundcard buat micnya hardwarenya.

      Hapus
  4. malm Bang Hendry...mau nanya....gimana caranya kita merubah setingan daftar lagu yg berbentuk shorcut ke bentuk daftar lagu yg biasa ajach pada Virtual DJ 8....Thanks atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang seperti biasa gimana maksudnya?..Side view list kali..bagian di klik ntar melebar..

      Hapus
  5. ganti skin gmana tu gan

    beda ma ver. sebelumnya

    tq

    BalasHapus
  6. ganti skin virtualdj 8, klik menu config..pilih interface..klik aja skin yg ada..nanti berubah

    BalasHapus
  7. Cara tambahin souncard laptop gimana si? Kalo misal beli berapa harganya
    Baru belajar kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal colokin doang kalo dah beli..harga kisaran 500 - 1jt yg khusus buat mix dihome,,jngan yg murah.. kebnating suarannya..cari aja merk Behringer UCA202, or lainnya search diblog ini..di dalam postingan ini juga ada itu link " usb sound untuk dj live" klik aja

      Hapus
  8. mas kalau virtuaal dj mau di setting ke controller axio49 bisa ga?
    cara set nya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja asal kebaca di sound setup virtualdj.. coba cek dulu di sound setup vdj ada atau tidak.. axion 49 bukannya midi controler bro..cocoknya buat software Daw kaya abelton live, Fl studio dan lainnya..

      Hapus
  9. vdj d lptop saya gak bisa searching lagu bro... gmana caranya supaya bisa searching?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo versi 8 harusnya otomatis ngeindex data lagu di hardisk..mungkin file " VirtualDJ Local Database.xml" di hardisk ente di hapus.

      Hapus
  10. Mas, ane kan beli usb soundcard isi 1 soundcard, jadi usb soundcardnya ane buat speaker, smentara interneal soundcardnya ane pkek untuk headset, lah ane udh setting speaker : ane sesuain dgn yg ada, trs untuk headphone ane pkek setting yg dari internal soundcard, masalahnya, kenapa setiap ane pindah dari deck 1 ke deck 2, cmn speakernya aja yg bunyi, smentara lagu yg dari deck 1 tdi gk masuk ke headset, jadi istilah headset cmn mau nerima lgu yg mna ane select decknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. headphone buat monitoring doang untuk proses mixing. Kalo mau 2 lagu deck terdengar di headphone tombol MiX (d iabwah volume headphone) di naikan seperti gambar mixer vdj diatas..

      Hapus
    2. Tambahan lagi kalau udah proses mau ganti lagu ke speaker..headphone dilepas aja.. jadi focus ke speaker..intinya ya memang speaker aja yg bunyi saat proses ganti lagu..

      Hapus
  11. Mas gmn caranya bingung nih mau mixing udah ok semua sesuai arahan maestro bang hendry tpi kok blum setting lagu kok suaranya langsung keluar ke speaker harusnya kan ke headset dulu ini mah headset keluar speaker juga keluar.... Suaranya... .

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagu pertama ya harus keluar ke speaker.. yg di headset itu lagu kedua ( atau 22nya buat preview). Kalo lagu kedua langsung keluar speaker, volume decknya di turunin dulu.. nah kalo mau crosing lagu baru di naikin..

      Hapus
  12. Sob gua ada kedala ni dikit.kok lagu funkot gua bpmnya gak mau sama nyelip aja terus..tolong di ajarin sob.maklum masih newbie.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah fix 2/2 belum?
      Nanti bpm 100 di mix sama bpm 128..

      Hapus
  13. Bang minta tips. Gua mau perform pertama ke pensi sekolahan gw sendiri.. rencana sih mau bawain lagu trap 75-150 bpm nya... nih minta tips nya.. gimana menurut abang hendry?

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.