Home » , » Fungsi vst Midi Out di fl studio dan cara menggunakan

Fungsi vst Midi Out di fl studio dan cara menggunakan

Barangkali teman-teman belum tahu apa fungsi midi out di fl studio. Pada article kali ini akan ane bahas fungsi midi out dan cara menggunakan. Perlu kita ketahui bahwa vst midi out ini tdak memiliki suara apapun, Vst ini hanya berfungsi untuk mengirimkan sinyal suara dari internal plugin atau external hardware ( midi controler). Jadi suara yang akan di hasilkan di vst midi out berasal dari vst atau hardware external yang di hubungkan. Untuk internal plugin bisa kita gunakan pada vst yang memiliki multi sound channel, seperti vst :

1. Vst collosus
2. Omnisphere
3. Stylus Rmx, dan lainnya.

Cara memakai midi out di fl studio

Bagaimana cara menggunakan vst MIDI out ?

Cara memakai midi out di fl studio

Perhatikan gambar di atas ( sebelah kiri midi out, kanan vst collosus). Untuk contoh ane menggunakan vst collosus karena vst ini multi sound channel, 1 - 8 channel. Jadi, cukup load satu channel collosus saja ke pattern fl studio, dan kita bisa memilih sound instrument sebanyak 8 suara dari preset/ sound bank yang di sediakan. Dan problemnya adalah setiap suara yang kita pilih dari soundbank tidak bisa di bunyikan secara bersamaan. Jadi kita butuh midi out untuk memisahkannya. Caranya ?

1. Insert ke pattern vst Midi out sejumlah channel sound yang akan kita kirim ke midi out ( atau clone). Jadi di pattern ada midi out, #2, #3.. dan seterusnya, bisa di rename.

2. Klik wrapper option letaknya di pojok kiri atas vst, kemudian lhat di bagian port.  Selanjutnya di bagian input port ganti angka 1 ke 0 untuk mengaktifkan. Klik Tab processing untuk melihat list channel sound. Lihat gambar di bawah:

Cara setting vst plugin channel sound ke midi out

3. Menghubungkan vst ke Midi out

Setelah input port di setting, channel sound vst harus di hubungkan ke midi out supaya berfungsi. Caranya ?

a. Klik channel midi out target : Ganti nilai 1 pada kolom yang berlabel channel di midi out (lihat gambar midi out di atas ). Jika ingin menghubungkan sound channel 1 di vst ke midi out.

b. Klik midi out #2, kemudian ganti channel 1 ke 2, jika ingin menghubungkan channel sound 2 Vst,  ke midi out #2, dan seterusnya. Lihat video di bawah ini agar lebih jelas :



Bagimana jika tanpa di setting ke midi out ?

Ini akan membebani kerja pc karena kita harus insert vst multi channel sebanyak channel instrument yang akan kita buat. Jadi, dengan menggunakan Midi out out, kita cukup load 1 vst saja ke pattern. Begitulah fungsi midi out dan cara menggunakan. Jangan lupa baca juga article , tips mengatasi plugin yang berat di fl studio.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 18.20

3 comments:

  1. untuk vokal di insert 1, nah untuk ouputnya ( monitor ) di bagian bawah kanan mixer FL itu di set outnya

    BalasHapus
  2. Itu kalo mixing jadi satu atau kagak bang kalo ada misi out itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dia..sayangnya kalo midi out gk bisa di set ke mixer channelnya

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.