Home » , » Ghost channel mempermudah saat membuat lagu di fl studio

Ghost channel mempermudah saat membuat lagu di fl studio

Bismillah.. Kemarin pagi menjelang subuh ane tidak bisa tidur kebayang mau focus update blog menjelang bulan puasa. Nah kebetulan ane nemu ide buat update  di blog djhendryal topik tutorial fl studio yaitu tentang Helpers Ghost channel tool di piano roll menu Fl studio. Mungkin teman-teman ada yang belum tahu buat apa fungsinya. Untuk pemula feature ini sangat membantu sekali, ngeremix lagu mudah jadinya. Mari kita bahas :

Ghost channel adalah feature di fl studio yang berfungsi menampilkan step sequencing yang telah kita buat sebelumnya di channel paling atas / pertama sehingga bisa menjadi patokan. Simplenya begini sebagai contoh: Apabia kita membuat melody di channel vst nexus 2, kemudian kita insert channel lagi vst harmor untuk membuat nada lainnya. Maka jika kita ke piano roll channel harmor otomatis bayangan step-step di piano roll vst nexus akan terlihat. Jadi, dengan mengaktifkan fungsi ghost channel ini kita jadi lebih mudah dalam proses membuat lagu.

Karena bisa lihat patokan chord di channel paling atas ada pada nada apa / chord apa. Akan terlihat bayangan letak nadanya. Jadi mudah bukan ? Bagaimana cara mengaktifkan bantuan ghost channel lihat gambar di bawah agar lebih jelas :

cara aktifkan ghost channel di fl studio

Sebelumnya ente klik kanan dulu di channel, lalu klik menu piano roll di bagian pojok kiri atas seperti pada gambar. Dan centang option ghost channel. Selesai. Maka hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di atas. Garis putih itu adalah chord yang telah di buat di piano roll vst Nexus 2, dan terlihat di piano roll channel vst harmor. Dan setiap kita insert channel maka otomatis bayangan step nada akan terlihat di dalam piano roll. Saran ane sebaiknya ente saat membuat instrument berada dalam satu pattern.

 Misalnya: Membuat bassline, melody, pad dan lainnya ( dalam 1 pattern), agar lebih mudah melihat progression nada-nadanya. Untuk beat dan fx bebas meletaknya. Ok..Semoga tips singkat ini membantu ente yang lagi pada belajar fl studio, terutama dalam melakukan proses remix lagu dj atau membuat original mix.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 23.11

1 comments:

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.