Home » » Ide nada membuat lagu DJ dari mana dapatnya ? Ini tips bisa membantu

Ide nada membuat lagu DJ dari mana dapatnya ? Ini tips bisa membantu

Sebagai seorang producer, remixer lagu kadang kita sering mengalami kebuntuan ketika akan membuat lagu original / remix. Tidak ada satu pun ide musik yang muncul di kepala, alias ngeblank. keadaan ini juga sering kali ane alami, dan akhirnya banyak project lagu yang tidak selesai. Lama ane memikirkan kenapa ide nada / musik bisa hilang, dan bagaimana cara mengatasi ? Akhirnya ane menemukan jawaban, dan di bawah ini ane share cara mendapat ide nada membuat lagu dj.



Cara dapat ide membuat lagu DJ


1. Dengan mendengarkan lagu orang lain yang sudah jadi, baik musisi luar atau lokal.

Pencinta musik pasti punya banyak koleksi lagu berbagai genre, apalagi ente seorang dj atau remixer. Dengan mendengarkan ini sadar nggak sadar akan dapat ide nada. Saat ketemu lagu yang bagus dalam hati ngomong " wah..asik juga nih lagu."...Dan dari sini kita bisa mengambil konsep nadanya, lalu kembangin di project. Jangan sama, buat berbeda walaupun cuma beda 1 nada. Syah-syah aja menurut ane..Toh nada juga dari jaman dulu juga tidak berubah. Do re mi - do. Yang pasti setiap musician / remixer/ producer, punya style sendiri. Tak harus mengikuti style musik orang lain. Timbulnya nanti kurang pede.

2. Nonton Tv channel musik atau yang lain.

Kok bisa bisa dapat ide ? Ya bisa. Jika di perhatikan kadang2 soundtrack tv itu memakai lagu-lagu dance electronic. Nah dari situ kita bisa dapat ide membuat melody atau lainnya. Tak perlu sama dengan yang kita dengar. Tapi hanya untuk konsep dasar nada saja yang kita ambil.

3. Action langsung tanpa mikir.

Ane sering kali dapat ide dengan ngebatik di pianoroll Fl studio walaupun kadang cuma iseng dari nada mana saja, yang penting gerak. Dari iseng ini tidak sengaja jadi melody bagus yang selanjutnya tingal kembangin jadi satu lagu. Jadi intinya ketika sudah dapat satu konsep saja misalnya, melody, bisa kita kembangkan element musik lainnya.

4. Jalan-jalan ke Mall rilex

Kok bisa jalan ke mall dapat ide nada lagu dj?
Hehe..Coba saja jalan ke bagian yang jual baju-baju dan celana gaul..Pasti mereka nyetel musik saingan dengan suara yang keras, dengan genre musik berbeda-beda. Tujuannya memang buat enjoy dan menarik peminat anak muda. Nah dari situ kadang jadi kepancing nada nada muncul di kepala..Tinggal bikin dah di rumah..Buktikan saja !

5. Dengarkan kembali lagu sendiri yang sudah jadi

Nah bagian ini biasanya kita sering lupa, yaitu mendengarkan lagu sendiri yang kita buat karena biasanya sudah bosan duluan. Padahal kalau kita mau dengarkan kembali dari situ kita akan dapat ide nada untuk membuat lagu yang baru. Entah di dapat dari bagian reff, floatinf, atau part melody / lead. Tiap orang akan mendapatkan  feel dan inspirasi berbeda.

Demikianlah sob beberapa cara dapat  ide nada membuat lagu dj yang bisa ane share, walapun namanya inspirasi bisa datang kapan saja. Bahkan ketika kita sedang ngobrol atau lagi ngopi sambil ngebul..Yang pasti kalau dapat ide ya langsung terapin hari itu juga biar nggak ilang / lupa. Bila perlu rekam pake voice note di smart phone ente / blackberry ( pake mulut dan rekam...haha..). Ada yang mau nambahin ? Comment ya

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 02.10

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.