Home » » Set asio4all tidak ada suara di Fl, bagaimana mangatasinya

Set asio4all tidak ada suara di Fl, bagaimana mangatasinya

Pernahkan teman-teman mengalami masalah tidak ada suara ketika kita set asio4all driver di software Fl / daw ? hal ini pernah juga ane alami. Sinyal suara ada tapi ke speaker atau headphone tidak ada suara sama sekali. Setelah ane pelajari ternyata trouble disebabkan oleh :


1. Sound driver sedang di pakai oleh apilkasi lainnya, misalnya windows media player, winamp, browser chrome / firefox. Solusinya agar ketika set asio4all driver di software suara keluar/normal adalah : Close dulu semua aplikasi yang sedang aktif yang mengunakan sound driver. Setelah itu baru set asio4all di Fl studio.

2. Driver soundcard di pc atau laptop belum terinstal semua jadi sebagian engine sound driver belum lengkap. Jadi Solusinya adalah intall ulang driver soundcard di pc / laptop. Ente bisa mendapatkan drivernya di Cd bawaan ketika membeli pc / laptop. Atau bisa download di site vendor pembuatnya. Misalnya jika laptop ente merk Asus, ente bisa ke site --  www.support.asus.com/download/. Lihat type laptopnya dan kemudian download drivernya. Untuk merk lain baik pc / laptop bisa search di google kata kunci " ..... support download driver ", tanda titik isi merk laptop / nama mainboard jika pake pc.

3. Belum di set di asio4all panel untuk merujuk ke soundcard yang akan di jadikan sebagai output suara. Cara set : Silahkan lihat gambar pengaturan asio4all  di sini. Dan aktifkan soundcard yang terdapat pada list asio4all panel.

Sudah di set dengan benar sob di fl studio, dan suara normal keluar, tapi ketika ane mau pake aplikasi lain jadi tidak ada suaranya ? Kenapa begitu bro..?

Solusinya adalah pada set asio4all ke "Auto close device ", Seperti gambar di bawah ini :

Cara set asio4all driver agar tidak mati

Setingan auto close device in akan berpengaruh jika, Fl studio tidak aktif ( di minimize) maka asio4all driver akan netral dan dapat di gunakan sebagai ouput suara oleh aplikasi lainnya. Contoh, lihat video di youtube. Dan sebaliknya jika Fl studio aktif kembali maka software lainnya tidak bisa menggunakan sound.

Begitulah sob cara mengatasi asio4all yang tidak ada suaranya ketika di aktifkan yang ane ketahui. Karena dengan set ke asio4all ini dapat mengatasi suara berat di pc / laptop ( Mbrebeet ), ketika kita sedang mengerjakan project lagu dengan menggunakan vst plugin yang berat / banyak. Jika teman-teman ada solusi lain atau trouble belum terpecahkan silahkan comment. Semoga membantu.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 00.55

18 comments:

  1. Gan punya ane asio4all nya pas di FL studio 11 ko suaranya keluarnya nging gitu yah kaya feedback kalo di guitar, itu gmana ya gan?
    Terus kalo di ganti pake beheringer suaranya ngga jernih jadi suara guitarnya kaya suara mesin banget mohon pencerahannya...Ane pake USB guitar LINK...makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dari feedback alat disekitar.. biasanya speaker.. coba agak menjauh dari speaker rekamannya..

      Hapus
    2. Sama gan tiap record begitu, masukin lagu juga bunyinya kaya gitu "nging" bikin rusak telinga njir

      Hapus
  2. fl studio 12 ku tidak bunyi gimana cara aktifinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. soundnya di seting dulu ke Fl studio assio.. ke Option-audio seting

      Hapus
  3. Ikon asio4all di taskbar kok jadi tanda seru kenapa tuh gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu sound driver bermasalah biasanya coba di install ulang drive soundcardnya

      Hapus
  4. Bang cara setting asio4all supaya tidak mrebet/putus2 suara ke speaker gimana ya,sy paket FLstudio12. Makasih sebelumnya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rubah ke Fl studio assio aja.. bukan yang asio4 all

      Hapus
  5. gimana kalau saat buka asio aplikasi lain kok gk bunyi ya?

    BalasHapus
  6. Bang HENDRY..mw nanya..cara settingnya di FL STUDIO 10..agar suaranya keluar gimna yah yah bang?..

    BalasHapus
  7. bang kalau saat setting "the need sample rate (44100 hz) couldn't set or is not supported by asio driver please try another sample rate"
    ini kenapa yah ? keluar suaranya di soundcard (steinberg c12+) saya tapi gak masuk sinyalnya di aplikasi (fl studio 12) sudah instal ulang dan atur auto closenya masih gak bisa
    ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh itu biasanya di setingan FL studionya.. di bagian audio seting.. disebelah kanannya kan ada pengaturan itu "samples rate " ubah ke 44100

      Hapus
  8. bang kok pas saya ngeplay lagunya tiba tiba kaga ada suara semuanya?gimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengaturan assio nya mungkin lum di set buat out nya

      Hapus
  9. Bang kok fl studio saya bunyi suaranya dan sudah di ceklist auto closenya, nah pas saya nyoba ke youtube gak ada suaranya, tolong gan saya jadi gak bisa denger suara speraker lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fl studionya di minimize nggak..? kalo nggak di minimize ngaruh k Yt nya

      Hapus
    2. Atau rubah aja ke Fl studio assio

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.