Home » , » Agar mudah carilah sound dulu di dalam vst dan simpan presetnya

Agar mudah carilah sound dulu di dalam vst dan simpan presetnya

Di dalam mengerjakan project lagu di fl studio tentunya kita sering mengalami capek dalam mencari sound yang tepat untuk aransement musiknya. Karena kelamaan mencari sound yang tepat akhirnya jadi pusing dan feel ilang. Oleh karena itu alangkah lebih baik pada saat sedang tidak ada project lagu, kita luangkan waktu untuk mendengarkan suara sound yang ada di setiap vst yang kita punya. Dengarkan satu persatu, jika kita sudah menemukan suara yang bagus dan cocok untuk genre lagu yang akan di buat, kita bisa menyimpan nama preset sendiri. Bagaimana cara menyimpannya ?

Caranya cukup mudah yaitu setelah kita menemukan sound yang bagus di dalam vst intrument entah itu di dalam vst Refx nexus, massive, harmor, sytrus, Sylenth1, dan lainnya. Langkah selanjutnya adalah :

Klik menu di pojok kiri vst ( tanda panah ) yang sedang kita buka, kemudian pilih save preset as, beri nama yang mudah di ingat. Misalnya : Bass tebel bulat ( jika bass), String ok, suara fx, sound buat melody, dan lain-lain sesuai keinginan kita. Tempatkan di folder yang mudah di temukan di dalam pc / laptop. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasanya tentang cara simpen preset yang sudah kita dengarkan suaranya.

Cara menyimpan preset suara yang bagus

Hasil dari kita menyimpan preset akan berapa di menu preset pada tiap vst sudah kita pilih soundnya, seperti gambar di atas, Jika kita akan menggunakan cukup klik menu presets, maka akan terlihat nama-nama preset yang telah kita simpan.

Jadi, dengan cara save preset as ini kita akan lebih menghemat waktu dalam menenmukan suara sound yang tepat untuk lagu yang akan kita kerjakan. Ketimbang kita harus di sibukkan cari sound pada saat feel lagu bagus. Setuju ?

Ane yakin pasti ente punya banyak koleksi vst plugin instrument dan belum sempat mendengarkan seperti apa suara preset bawaan atau library yang di sediakan. Jadi tips ane lebih baik sekali-kali luangkan waktu untuk mendengarkan suara-suara sound preset di dalam vst agar mudah saat ingin menggunakannya. Apalagi jika vst plugin seperti nexus, isinya sangat banyak dan kadang membuat kita pusing sendiri milih sound..haha

Tips menyimpan preset ini hanya berdasarkan pengalaman ane saja yang kadang waktu habis dan lagu tidak selesai gara-gara sibuk cari yang yang tepat pada lagu yang sedang ane kerjakan. Karena sering kali beda lagu, pasti beda sound yang ane gunakan agar dapat feel dan atmosfirnya. Ok bro..semoga tips ini berguna.

Baca juga tentang layer channel di fl studio untuk menambah pengetahuan.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 00.45

0 comments:

Poskan Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.