Home » , » Berapa bayaran dj untuk sekali event di indonesia

Berapa bayaran dj untuk sekali event di indonesia

Sebagian teman-teman yang masih dj newbie masih belum tahu berapa bayaran yang pantas di ajukan ketika dapat tawaran job perform pada acara-acara tertentu. Bingung mau minta bayaran berapa, murah kok nyakitin, minta bayaran gede takutnya kemahalan, okelah ane kasih gambaran tentang berapa bayaran dj untuk sekali event. Tapi syaratnya ente sudah yakin telah menguasai skill dj paling standar yaitu bisa mixing lagu dengan benar  ( bukan asal bisa main). Serta mengetahui standart kompeten kerja dj di indonesia.

 bayaran dj untuk sekali event

Sebagai patokan berapa bayaran seorang dj, dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Untuk event biasa : 

Bayaran dj Sekitar 1 - 3jt standart.
Event biasa maksudnya adalah hari-hari biasa seperti acara party ulang tahun, launching produk (outdor), wedding, dan lainnya.
Lama perform sekitar 1 - 2jam, dan bisa lebih tergantung kondisi dilapangan nanti. Bisa jadi crowd ketagihan nggak mau pulang dan minta lanjut lagi..haha

2. Pada Event besar :

Event besar maksudnya sperti sekarang yang lagi rame yaitu event party merayakan pergantian tahun baru, 2014 - 2015.
Bayaran dj mencapai 5 - 10jt (male dj or female).
Lama peform biasanya 1 - 1 jam 30 menit, dan ini tercantum di kontrak kerja. Jika melebihi waktu yang di sepakati kedua belah pihak tentu ada hitungannya. Apakah ada tambahan bayaran atau free tergantung kebijaksanaan dj dan pihak penyewa. Tergantung juga berapa kelebihan waktunya, misalnya hanya lebih 5 - 10 menit ya jangan di permasalahkan, nanti kesannya terlalu jual mahal yang akhirnya berdampak pada tawaran job selanjutnya. Ingat mesti jaga attitude juga sebagai seorang dj yang profesional.

Ketentuan lainnya :

Jika luar daerah bayaran tersebut bersih diluar biaya akomodasi ( tiket pesawat, hotel). Tapi jika masih dalam satu kota bayaran tentu berbeda, karena harus melihat juga alat yang digunakan. Apakah alat dari dj atau sudah di sediakan pihak yang menyewa jasa dj. Jika dj bawa alat sendiri tentu ada hitungannya juga dan yang jelas jika bawa alat sendiri lebih mahal bayarannya di bandingkan alat telah disediakan, sebab alat ada costnya juga untuk mengatasi biaya jika ada kerusakan.

Berapa bayaran dj di atas adalah standart untuk umum, nilai bayaran tiap dj bisa berbeda tergantung kesepakatan negoisasi kedua belah pihak. Bisa lebih dan kurang, yang jelas jika event besar jangan mau di bayar murah, karena kita tahu seorang dj tidak ada jaminan seperti profesi pekerjaan lainnya. Dan itu yang menjadi alasan juga kenapa bayaran dj mahal. Jobnya jarang, jadi wajar sekali perform mahal.

Bagi pihak yang menyewa jasa dj untuk event juga harus teliti dalam mencari dj yang akan tampil. Bertanyalah terlebih dahulu pada teman yang mengetahui tentang dunia dj. Jangan sampai salah pilih dj yang hanya mainin mixtape ( lagu nonstop/long-mix). Pastikan dj tersebut kompeten di bidangnya dan profesional. Utamakanlah dj yang punya skill dari pada mengutamakan FACE, karena sangat beresiko mengecewakan audien nantinya.

Untuk bayaran dj kondang / punya nama dalam satu kali event, seperti dj bobby suryadi, Jonky saputra, dj milinka, devina, dan lainnya tentu berbeda bisa mencapai 20 - ratusan juta sekali perform, dengan waktu 1 jam..Mantap ya ?

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 01.25

12 comments:

  1. Mas hendry, jika seorang dj pernah berpartisipasi di ajang contest/competition meski tidak top 3 apa ada pengaruh ke job? (Lebih dikenal atau justru menghambat)

    Best regards.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak begitu mempengaruhi job sob.. yg pasti menambah pengalaman dan mengasah skill djing. Juga dari situ bisa menambah teman baru / relasi yg juga bisa menunjang karir dj. Dunia djing relasi sangat penting.

      Hapus
  2. Kalau dj yasmin kira kira budget nya brp ya? Untuk acara pensi

    BalasHapus
  3. Om ane masih newbie pgn nyoba sekolah dj, tpi all in one dijakarta dmna ya? Rekomendasi dong yang bagus tp harga ga mahal :)

    BalasHapus
  4. kira kira bayaran manggung soundwave berapa yaa kalau ke bandung ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ane gk tahu sob.. harus tanya ke managernya

      Hapus
  5. Hi DJ Hendry, punya referensi DJ female untuk bulan januari 2017? thanks ya..

    BalasHapus
  6. kalo ngundang marsmallow berapa uang yang harus dikeluarin

    BalasHapus
  7. Susah gak ya kira2 belajarnya?

    BalasHapus
  8. Mas Hendry, ksh referensi DJ di Bali dong ada ga mas ?

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.