Home » , , » Cara mudah mastering lagu di ozone 5 di Fl studio

Cara mudah mastering lagu di ozone 5 di Fl studio

Kenapa ane kasih judul cara mudah mastering lagu di ozone postingannya? Alasannya karena mastering lagu lumayan banyak yang harus di bahas. Dari pada ane bingung sendiri nulisnya dan ente juga pusing memahaminya ane permudah saja tutorial mastering memakai ozone, secara simple. Begini sob :

  • Langkah pertama sebelum menggunakan plugin effect ozone 5 adalah kita harus melakukan proses balancing tiap instrument yang kita buat melalui mixer fl studio. Set ke mixer baik itu drum kit, bassline, melody dan lainnya. Jangan kasih effect apapun di master, kecuali pada mixer tiap channel.
  • Setelah semua di balance di mixer, selanjutnya letakkan ozone plugin di master mixer. Maksud di balance adalah di atur fade level output tiap channel agar frequence tidak tabrakan dan terdengar menggulung. Dalam proses balance kita harus pasang telinga baik-baik, gunakan speaker sehingga dapat mengetahui dengan jelas suara instrument apa yang kegedean suaranya. Lihat gambar di bawah :
cara mixing sound di Fl studio mixer
  • Buka plugin ozone yang telah kita masukkan ke master mixer, dan pilih preset "punchy dynamics". Preset ini menurut pengalaman ane cocok buat genre lagu apa saja. Untuk mastering lagu progressive house ane sering menggunakan preset ini dan juga electro. Klik tombol preset di ozone 5 untuk menampilkan daftar preset di ozone, letaknya di bagian General purpose mastering. 
  • Jangan lupa tutup semua aplikasi yang tidak di gunakan pada saat mastering lagu memakai ozone, karena akan membuat berat pc atau laptop kita. Set sound fl studio ke assio4all, agar performa sound jadi ringan.
Silahkan baca postingan : Cara setting audio di Fl studio agar bagus, karena terkadang suara lagu di fl studio jadi berat seperti ada suara bunyi grek...grek. Apalagi jika ram pc kita kecil.
  • Setelah preset punchy dynamics di pilih, play project dan pasang telingga baik-baik, pastikan posisi speaker manitor ente penempatannya benar. Silahkan klik menu help di fl studio kemudian ketik monitor, akan ada petunjuk bagaimana mengatur penempatan posisi speaker monitor yang benar.
  • Klik tombol maximizer kemudian focus pada tombol threshold, klik dan turunkan sampai ke angka -5, -10, sampai dapat suara yang bagus ( loud dan gain pas), sesuai lagu ente. Nah..di proses ini nanti kita akan dapat menganalisa suara instrument yang manakan yang kurang balance. Bisa jadi suara kick yang kebesaran atau lainnya. 
  • Lakukan proses balancing lagi di mixer tiap channel, sampai dapat setingan yang tepat untuk lagu ente. Lihat video cara simple mastering lagu  memakai ozone 5 di fl studio 11, di bawah ini :



Dari lihat video di atas pasti kita bisa mendengar perbedaan yang sangat jauh untuk kualitas suara lagu sebelum dan sesudah di beri plugin ozone di master. Yang ane gunakan di video untuk mastering lagu adalah vst ozone 5 versi advanced. Bagi yang belum punya bisa download di sitenya, dan cobain demonya.

Kelebihan mastering lagu menggunakan vst ozone yaitu hasil render lagunya jadi lebar dan tebal juga tidak terdengar mentah. Para remixer, musik producer di dunia banyak memakai plugin ini karena cukup complete.

Dari reverb, stereo image, equalizer, loudness, dan lainnya sudah tersedia.

Ente ketinggalan kalau belum punya plugin ini untuk mastering. Remixer breakbeat kota, dan musisi di indo juga banyak yang menggunakannya.

Tapi tetap untuk hasil kualitas suara lagu tergantung juga kuping,

Belum ada yang bisa mengalahkan kuping manusia. Vst plugin hanya pendukung, dan salahkan juga vst plugin kalau kurang bagus tapi, salahkan kuping kita...hehe..Ya sudahlah, itulah salah satu cara mastering lagu di ozone 5 di fl studio yang bisa ane share sementara. Silahkan ente experiment sendiri agar kualitas suara lagu menjadi lebih bagus.

Baca juga postingan -- Tips render lagu di fl studio agar tebal suaranya.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 00.17

16 comments:

  1. Plugin yang bawaan dari FL Studio buat musik elektro enakanya make yang mana aja? makasih :)

    Sekalian... jual gakplugin, preset atau yang lainnya buat fl studio?

    BalasHapus
    Balasan
    1. search di google box di sebelah kanan sob.."vst plugin untuk electro

      Hapus
  2. Gan! kalau untuka FL 10, Ozone berapa yang Support yang? Saya Instal Ozone 6, tapi preset ozone nya ga ada masuk di List Preset FL 10. Mohon solusinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak sempurna berarti tuh instal ozonya..atau master softwarenya bermasalah / kurang lengkap.. coba download lagi

      Hapus
  3. Ada yg punya installernya ga suhu? Hehe boleh japri? cureboyz11@yahoo.com salam

    BalasHapus
  4. bro, ko gua hasil rendernya ga lebar ya di deck DJ? cuman satu doang yang pernah lebar, tapi suara sih keluar dan bersih, cuman itu doang gimana ya cara biar ngelebarin scratch nya di deck dj? secara kan kalo lagu-lagu yang gua download scracth nya pada lebar-lebar.. hehe thankyou bro..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba stereo imaging -nya di aktifin di ozone.. Kadang juga pengaruh dari data source nya yg bikin nggak lebar..

      Hapus
  5. bang ozone berapa yang bagus buat ngeremix lagu BB
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 5 advanced juga dah bagus.. tergantung gimana ente aja masteringnya.. tiap lagu bisa beda karakter

      Hapus
  6. Bang DJ
    saya pemula banget nih
    minta pencerahan nya dong bang buat pake midi controller mulai dari bawah banget. Please please please.

    BalasHapus
  7. Sangat membantu, thank you djhendryal :))

    BalasHapus
  8. Kenapa musik Saya Kadi Ke Pendam Mohon Bantuannya Mass

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mendem biasanya kurang balance mixingnya.. jadi bnyak yg ketahan sama compressor di ozone.. atur lagi balance titap instrumen di mixer.. jangan sampe ada peak merak di mixer signal

      Hapus
  9. Gan klu rekaman suara gitar akustik mau dirubah jadi suara GTR listrik pake preset apa.gmn caranya sih gan soalnya Sy mau sperti gitar metal gitu.trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kasih plugin Distructor dulu kalo pake Fl studio 20. Ada prset gitarnya.

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.