Home » , » Tips mixing vocal di fl studio 11 agar menyatu dengan musik

Tips mixing vocal di fl studio 11 agar menyatu dengan musik

Ada teman yang bertanya, bagaimana cara mixing vocal agar menyatu dengan musik ? Ane kemarin pusing gara-gara mixing vocal pas remix lagu. Berasa terdengar mentah dan kurang menyatu. Gimana ya solusinya ? Ya, Remix lagu yang ada vocalnya memang sedikit susah jika kurang skill dalam hal mixing. Jadi solusinya salah satu cara yang mudah untuk membuat vocal dan musik menyatu adalah dengan menggunakan plugin effect di mixer.

Tips mixing vocal di fl studio 11 gar bagus

Cara set ke mixer jika belum tahu, baca postingan cara mixing sound channel ke mixer fruity loop. Jika kita memakai plugin bawaan Fl studio kita bisa menambahkan plugin reverb untuk room,  plugin delay, di tambah parametiq eq. Tapi ini juga tergantung juga data vocal apakah yang type dry atau wet. Mari kita bahas sedikit :

1. Jika type vocal wet :

Biasanya kita tidak perlu menambahkan reverb karena vocal studio acapella tersebut sudah di set memiliki reverb. Tapi tergantung juga, jika di rasa kurang bagus harus di tambahkan fx lainnya. Yang perlu kita olah lagi soundnya adalah type vocal dry ( kering), ini biasanya karena kita merekam sendiri vocalnya dengan alat apa adanya.

2. Jika vocal type Dry ( kering ) solusinya:

  • Tambahkan fx bawaan Fl di mixer channel vocal seperti :
 Reeverb, delay ( sedikiti saja), parametric eq2 / equo, stereo enhancer. Settingnya sambil di play berbarengan dengan musik agar bisa tahu apakah sudah menyatu atau belum. Sabar dalam proses ini sambil terus setting.
  • Jika menggunakan plugin fx vocal dari luar :
Download saja vst nectar buatan izotope, karena di dalam plugin nectar sudah sangat lengkap toop yang di sediakan dari, Reeverb, delay, pre-am, loundess, feedback, doubler ( nebalin suara) dan lainnya. Ente tinggal pilih saja preset yang ada sesuai genre lagu yang ente buat. Jika memakai nectar ane biasanya pilih di bagian dance electronic.

Tapi selanjutnya tetep di setting kembali. Terkadang masih belu mbisa menyatu dengan musik. Necta vst tersedia 2 jenis ( mono dan stereo), tinggal gunakan sesuai kebutuhan.

Silahkan baca postingan : Vst plugin bagus untuk mixing vocal

Plugin lainnya untuk vocal yaitu : Trident A-range, buatan tub-tech. Plugin ini banyak yang menggunakannya untuk mixing vocal karena mudah pengaturannya, dan di sediakan preset type untuk suara cewek dan cowok ( Female dan male).

Tapi tetap saja telingga kita harus betul-betul jeli masalah ini. Jangan di paksa kalau telinga sudah jenih. Istirahat, dan lanjutkan lagi, ini adalah saran dari para sound engineer dalam hal mixing sound.

Untuk lead vocal / main vocal:

Biasanya di set ke mono bukan stereo agar suara jelas berada di tengah.

Untuk set vocal menjadi mono bisa gunakan plugin bawaan Fl yaitu stereo enhancer. Jika kita mendengarkan via headphone akan jelas sekali suara terdengar di tengah depan muka rasanya.

Untuk backing vocal ( jika ada) :

Para sound engineer menyarankan agar di set ke stereo agar frequencenya tidak bertabrakan dengan vocal utama / lead. Tapi level volumenya harus di bawah main vocal. Suara akan terdengar di kanan dan di kiri. Gunakan nectar mono jika punya. Bila tidak punya download saja vst plugin free "stereo tool, via google. Atau vst lainya yang ada untuk mono dan stereo.

Oke, demikianlah beberapa tips mixing vocal di Fl studio agar menyatu dengan musik yang kita buat. Proses ini bagi pemula memang rumit tapi jika sabar dan terus action pasti akan bisa juga. Ini sudah resiko bagi seorang musician, composing, mixing dan mastering harus di kuasai. Mau tidak mau harus belajar.

Jangan menyerah, dan jangan mengatakan "aku tidak bisa !", kata itu bisa membuat kita benar-benar tidak bisa. Tapi katakanlah " Aku bisa'. Kata ini sederhana tapi dampaknya luar biasa untuk kemajuan kita. semoga membantu.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 17.18

9 comments:

  1. omm download lagu yang vocal nya aja dimanaa yaa ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari aja diblog ini kata kunci "acapella", di google box disamping kanan atas atau dibawah

      Hapus
  2. Membantu gan.. Ada yg mau ane tanyain gan.. Stereo Enhancer itu letaknya dimana ya..? Maklum newbe.. Ehehee..

    BalasHapus
  3. Cara buat lead dutch gimana om cara nya

    BalasHapus
  4. bro mau nanya nih, gua udah pake vst nectar + plugin" kaya eq dan lainnya ko tetep ga nyatu yah suaranya? (rekam vokal sendiri) gimana tuh bro solusinya? ada videonya mungkin gan? hehe makasih gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. vokal ente type dry berarti..otak atik lagi manual pake plugin bawaan Fl setingannya.. reverb, dan lainnya

      Hapus
  5. saya belaajr banyak dari tulisan bung Hendry.
    hanya 1 bulan, saya dari yang sama sekali buta FL studio jadi bisa make walaupun tehnik2 masih sangat sederhana.

    kalau vocal, saya biasanya cuma tambahin default reverb2 dan soundgoodizer saja biar ada gema dan tidak mendam.

    menurut bung Hendry, misal chord sebuah lagu C.
    untuk backing vocalnya bagusnya main di mana? E atau G?

    dan perbandingan volume antara lead vocal dan backing vocalnya berapa persen/desible?

    trimakasi untuk bantuannya.

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.