Home » , , » Apa fungsi fruity Reeverb di mixer Fl studio ?

Apa fungsi fruity Reeverb di mixer Fl studio ?

Apa fungsi Fruity reeverb di mixer Fl studio ? Pertanyaan ini mungkin belum melintas di pikiran ente ketika awal-awal menggunakan Fl studio untuk membuat lagu. Karena masih pelajari isi vst instrument di channel menu. Walaupun terlihat sederhana tapi fruity reverb ini sangat bagus bila di gunakan. Letak fruity reeverb plugin ini ada di dalam mixer Fl studio semua versi. Jadi sebelum menggunakan fx ini ada baiknya kita ketahui dulu apa fungsinya.

fungsi fruity Reeverb di mixer Fl studio

Fungsi dari Fruity reeverb di fl studio adalah untuk setting / pengaturan ruang pada suatu suara baik berasal dari vst plugin atau audio samples lainnya. Agar suara menjadi terdengar lebih matang atau tidak terdengar mentah. Contoh untuk membuat setingan ruang suara drum room ( internal ), acoustic room, vocal, dan lainnya. Lebih sederhananya fungsi reeverb ini di gunakan untuk memperindah keluaran suara pada instrument single atau semua suara. Contoh untuk membuat suara bass jadi terdengar serem dan garang. Pada channel cukup tambahkan Fruity reeverb, tapi di pilih dari preset yang cocok atau bisa desain sendiri dengan mengatur tombol-tombol yang ada di fruity reeverb. Gambar di bawah adalah preset reeverb default di Fruity reeverb.

fruity Reeverb di mixer Fl studio

Untuk seting reeverb sendiri bisa otak-otak tombol : Low cut, highCut, Roomsize, Decay, reeverb dan lainnya sesuai kebutuhan. Untuk band reeverb sangat penting sekali agar suara tidak terdengar mentah, contohnya suara snare. Tanpa reeverb plugin suara snare biasanya terdengar kurang enak terdengar garing.

Contoh perbedaan suara instrument yang di beri fx Reeverb dan tidak..Lihat video di bawah ini :


Begitulah perbedaan suara ada reeverb plugin dan tidak, kesan suara sangat menonjol. Pemberian Fx Fruity reeverb bisa di lakukan saat mixing atau langsung pertama kali memilih sound. Tapi tidak semua sound harus di beri reeverb plugin karena biasanya jika milih sound di dalam vst instrument seperti di nexus sudah ada fungsi reeverbnya. Jadi jika sudah ada reeverb kita tidak perlu lagi memberi Fx reeverb di mixer. Cukup di balance saja. Pemberian reeverb Fx hanya untuk sound yang terdengar mentah. Begitu sob..

Cara memberi fx Fruity reeverb di fl studio gimana ?

Set channel sound ke mixer terlebih dahulu kemudian insert dari slot fx cari Fruity Reeverb plugin. Lebih jelasnya baca di postingan cara merubah suara biasa menjadi robot, untuk cara set ke mixer Fl dan menambahkan pluginnya.

Jadi apa fungsi Fruity reeverb di Fl studio di mixer fl studio cara memahaminya dengan melihat video diatas agar paham perbedaannya. Karena ini sangat penting agar suara menjadi indah dan tidak mentah terdengar. Semoga membantu.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 23.29

1 comments:

  1. bang hendry saya mau tannya cari efect fruity reeverb di mna ya masalahnya di fl 12 saya gak ada fruity reeverb biasa cuman ada yang fruity reeverb 2 -_-

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.