Home » , » Cara merubah vocal biasa menjadi suara robot

Cara merubah vocal biasa menjadi suara robot

Jika dulu ane pernah posting tentang cara membuat suara robot sendiri dengan FL studio software, kali ini ane mau berbagi lagi tentang cara merubah vocal biasa menjadi robot memakai Vst plugin Effect bawaan software FL studio. Jenis vocal yang di rubah ke suara robot biasanya untuk vocal-vocal pendek yang di gunakan untuk mengenalkan diri si pembuat lagu atau sekedar pemanis saja. Atau bahkan untuk opening pada video, film, jingle, dan lainnya.

Cara merubah vocal biasa menjadi robot di fl studio 9 - 11 sangat mudah, di bawah ini cara membuatnya. Yang kita butuhkan adalah software Fl dan bahan vocal.

1. Buka Fl studio ente, jangan lupa persiapkan dulu data vocal yang akan di rubah ke suara robot dan usahakan suara vocal yang type dry ( polos tanpa effect ). Agar nanti mudah dalam proses mengolah vocal.

2. Masukkan data vocal ke dalam playlist Fl studio dengan cara masukin audio clip channel atau drag langsung dari windows explorer.

3. Hubungkan channel vocal tersebut ke Mixer, misal di insert 2 . Caranya double klik channel vocal kemudian klik channel option dan pilih assign free mixer track. Nama slot mixer akan otomatis berubah mengikuti nama channel vocal. Lihat gambar di bawah :

Cara seting channel ke mixer Fl studio


4. Di mixer vocal masukkan effect Vocodex. Plugin effect Vocodex inilah yang akan digunakan untuk membuat suara vocal biasa menjadi robot. Cara memasukkan plugin effect di mixer Fl studio bisa lihat gambar di bawah ini jika belum tahu.

Cara menambahkan plugin Fx di mixer Fl studio


5. Setelah plugin vocodex di masukkan ke slot mixer vocal, selanjutnya ke plugin vocodex dan klik menu option vocodex, pilih preset kemudian pilih Robot. Bingung ? Lihat gambar di bawah :

Cara merubah vocal biasa menjadi suara robot

Dan setelah itu baru melakukan pengaturan suara robot untuk vocal sambil di play ( tekan space bar), sampai dapat settingan yang tepat. Untuk proses ini perlu sedikit kesabaran agar suara vocal terdengar jelas walaupun suaranya berubah menjadi suara robot. Bisa saja memakai preset bawaan yang di sediakan tanpa di olah lagi, tapi menurut ane kurang bagus jadi perlu melakukan pengaturan sendiri. Untuk feature apa saja yang harus di gunakan di plugin vocodex bisa lihat video di bawah :


6. Effect tambahan agar suara lebih bagus.

Tambahkan plugin Fruity Reeverb, delay ( sedikit) di mixer vocal dan caranya sama seperti memasukkan effect vocodec, hanya saja ente harus pilih slot yang kedua. Di bagian penambahan reeverb proses pengaturan di lakukan secara realtime sambil di play, dengan begitu hasilnya akan terdengar sampai bagus. Tapi tidak harus juga menggunakan Fruity reeverb atau delay karena tergantung juga Vocal yang sedang ente olah agar menjadi suara robot. Tambahan effect hanya sebagai option saja jika kurang bagus.

7. Proses export ke format mp3 / wave.

Untuk cara menyimpan hasil vocal robot yang telah di setting bisa lihat di postingan ane lainnya di sini -- Cara menyimpan hasil kerjaan di Fl studio ke wave.

Selesai deh..Itulah step by step cara merubah vocal biasa menjadi suara robot dengan menggunakan plugin Fx Vocodex di Fl studio. Jangan khawatir di semua versi Fl studio plugin vocodex ini sudah ada, termasuk juga plugin fruity vocoder. Selamat mencoba dan semoga hasilnya bagus. Ada pertanyaan silahkan comment.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 02.34

4 comments:

  1. Bro bisa buatin video cara buatnya, klw tutorial tulisan bingung jadinya...
    Oke bro..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di refresh coba..gk tau videonya bisa ilang sendiri...dah ane edit

      Hapus
  2. Nih ada software Vst Autotune...Bagus juga sih..Masuk aja bro
    www.elbuberbagi.blogspot.com

    BalasHapus
  3. buat youtube masih aman ga ya suara begitu

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.