Home » , , » Kenapa dj harus bikin playlist lagu yang akan di mainkan

Kenapa dj harus bikin playlist lagu yang akan di mainkan

Kenapa dj harus membuat playlist lagu-lagu yang akan di mainkan ? Sebenarnya jawabannya simple saja, yaitu biar saat perform jadi mudah tidak di pusingkan cari-cari lagu lagu di data cd, flashdisk, hdd external atau media lainnya. Bisa kita banyangkan lagu pertama bentar lagi mau habis masih sibuk cari lagu yang tepat untuk lagu keduanya.

Yang ada jadi panik, parno, tengsin, dan masukin lagu sedapatnya.

Kalau pas mujur masih enak ketemu lagu yang pas, kalau lagi apes ? wow, bisa bikin crowd bengong jadinya. Lagi asik-asik goyang ganti lagu ngedrob..

So, Jadi dengan membuat playlist lagu sebelum dj tampil adalah agar menghindari :

dj harus bikin playlist lagu

1. Lagu naik turun

2. Kepanikan apalagi buat pemula

3. Kesan kurang profesional di bidangnya

4. Menandakan dj itu malas

5. Tidak menguasai lagu,

6. Jarang update lagu yang di mainkan itu-itu saja lagunya, dan lainnya.

Kapan harus membuat playlist ?

Usahakan ketika masih di rumah dengerin data lagu-lagu kita satu persatu untuk mencari pasangan tiap lagu. Lho..lagu ada pasangannya to ? Ya, ada sob. Jangan salah. Kalau main asal masukin lagu biasa naik turun pas lagi perform. Nah pada saat mendengarkan lagu-lagu di rumah atau dimanapun itu nanti kita bisa tahu lagu yang mana akan di set ke playlist, menjadi lagu pertama, kedua dan seterusnya.

Lagu ini, cocok dengan yang ini, sebaiknya ini di mainkan di awal dan seterusnya. Dari sinilah salah satu proses mendalami karakter lagu.

Terutama nanti jika jadi Resident dj club, dimana jam mainnya suka berubah. Kadang main di awal, kadang pertengahan, terkadang juga terakhir. Jadi harus tahu management playlist, jangan sampai salah putar lagu.

Harusnya di putar ketika main di awal, eh..di mainkan di jam akhir yang mana di jam akhir itu lagu-lagunya harus kenceng.

Eh, di putarin lagu yang untuk awal main. Bisa drob, salah lagu. Gitu..sob..

Jika kita memakai software bisa di tes mixing tiap lagu yang ada karena nanti jadi tahu pasangannya. Kemudian buat nama playlistnya durasi minimal 30 menit - 1 jam. Save playlist jadi pada saat perform bisa langsung digunakan susunan lagu-lagunya.

Tapi beda lagi ketika main di event tertentu, jelas susunan playlist lagu akan berbeda jika dengan saat main di club sebagai Resident dj.

Istilah yang keren dalam dunia dj soal menyusun lagu ini di sebut Framing / frame. Di butuhkan skill dalam penguasaan lagu. Minimal tahu lagu type standar, sedang, dan kenceng serta lagu komersil. Lagu komersil maksudnya lagu-lagu yang banyak orang tahu, dan memahami lagu bisa di mulai dari mengenal karakter lagu dj tiap genre ( hard / soft).

Itulah beberapa alasan kenapa dj harus bikin playlist lagu-lagu yang akan di mainkan ketika perform. Boleh nggak bro..gak usah membuat playlist ? Ya boleh saja..asal sudah hafal lagu koleksinya, jadi pada saat live tidak kelabakan.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 16.02

0 comments:

Poskan Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.