Home » » Apa yang dimaksud lagu komersil

Apa yang dimaksud lagu komersil

Dalam dunia Dj pada lagu-lagu yang dimainkan ada 2 jenis kategori lagu, yaitu lagu- lagu komersil dan non komersil ( Underground). Cara mengetahui lagu itu komersil atau tidak sangat mudah yaitu dengan melihat apakah lagu itu sering diputar di televisi, radio, atau lewat youtube ( dengan melihat viewernya). Atau lebih gampangnya untuk memahami apa yang dimaksud lagu komersil dj adalah jenis lagu yang paling banyak diketahui orang dan biasanya lirik lagunya pun orang sudah tahu.

Apa yang dimaksud lagu komersil

Contohnya lagu Cita citata - Goyang dumang, sakitnya tuh disini, lagu ini mungkin diseluruh indonesia orang tahu, bahkan hafal liriknya. Lagu barat, Alesso - heroes, Adele - someone like you, dan lainnya. Biasanya lagu - lagu komersil sangat gencar sekali promosinya, lewat televisi, radio, youtube, event dan lainya, tujuannya agar lebih dikenal banyak orang.

Lagu hit komersil edm baca di : Tracklist lagu hit ( barat)

Nah, sebagai DJ harus selalu update lagu - lagu yang sedang hit saat ini, caranya bisa melihat di televisi, top chart beatport, bilboard, radio, reviews site musik, dan lainnya. Tapi tentunya untuk lagu barat tidak semuanya cocok dengan kuping orang Indonesia, harus di filter lagi.

Sebagai Dj apakah harus selalu memainkan lagu - lagu komersil ?

Tentu saja tidak. Dalam beraksi biasanya seorang dj harus memainkan secara selang - seling ( yang komersil dan bukan) , mengingat lagu komersil itu sangat sedikit jumlahnya dibandingkan yang bukan. Dan juga tentu tidak semua club harus memainkan lagu komersil, karena ada sebagian club khusus memainkan lagu - lagu yang unik yang jarang diketahui orang ( underground musik). Tujuannya agar club tersebut punya khas sendiri pada lagu dan juga agar menghindari kebosanan audien.

Tapi..Sebaiknya seorang Dj pemula atau pro sebaiknya harus punya banyak koleksi lagu - lagu komersil yang lama maupun yang baru. Mainkan secara selang - seling, misalnya 3 lagu non komersil, selanjutnya lagu komersil. Jangan memainkan lagu komersil terus akibatnya bisa kehabisan bahan lagu untuk dimainkan. Dan bisa juga nanti kehilangan ciri kas, sebab tiap dj punya ciri kas sendiri pada lagu - lagu yang dimainkan. Jika terlalu banyak memainkan lagu komersil kesannya akan sama dengan Dj lainnya.

Memang sih..respon crowd jika mendengar lagu komersil sangat dahsyat..Awalnya pada diam pas diputarin lagu yang tidak dikenal, begitu di mainkan lagu komersil langsung pada berdiri, goyang bahkan ikut nyanyi..sampe naik - naik meja segala...haha..heboh..

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 23.04

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.