Home » , » Tips membeli peralatan untuk DJ mobile

Tips membeli peralatan untuk DJ mobile

Tips beli peralatan untuk DJ mobile - Karena sekarang ini jika kita lihat lebih banyak dj ketimbang club, maka ada bisnis menarik di dunia djing agar dapat income dengan bayaran tinggi, yaitu mobile DJ. Yang di maksud DJ Mobile adalah seorang dj yang main di banyak tempat dan berpindah - pindah sesuai dengan event, selain di club. Nah untuk memulai bisnis seperti ini tentu kita butuh budget untuk membeli peralatan yang menunjang perform pada banyak tempat.

Tips membeli peralatan untuk DJ mobile

Membeli peralatan untuk DJ mobile sendiri sangat penting karena tempat dimana dj tampil tidak selalu menyediakan dj set. Kecuali di club, mobile dj Vs dj club walaupun profesi sama tapi setup alat berbeda. Target bisnis dj mobile adalah acara - acara seperti wedding, reuni, ulang tahun, dan acara lain yang biasanya tempat sudah ditentukan oleh penyelenggara. Dan tentunya bayaran menggiurkan, lebih besar dari bayaran dj club..:)

Ini adalah beberapa peralatan dj mobile yang harus dimiliki :

- Laptop, Windows atau Mac Os
- MIDI controller atau CDJs, Mixer
- Mixer external, kabel audio
- Speaker dan stand speaker
- Meja besar untuk mengatur penempatan alat ( Option)
- Tas / box, hardcase, untuk menyimpan perlengkapan aksesoris dj lainnya

Laptop untuk DJ
Laptop untuk dj perform

Laptop sangat penting bila djing mobile dengan atau tanpa menggunakan cdj player, disamping mempermudah dalam pengambilan data lagu yang akan dimainkan. Tapi tentunya tidak sembarang laptop yang digunakan untuk DJ tampil - ( baca tips membeli laptop pilihannya). Yang jelas begini : Jika menggunakan dj controler tentu butuh laptop untuk software dj-nya, juga untuk data lagu. Walaupun sudah ada dj controller yang support tanpa laptop. Menggunakan laptop sekarang ini dirasa lebih aman, juga laptop bisa dihubungkan ke Cdj player via Hid mode.

Midi / DJ controler atau cdjs

Untuk mobile dj di banyak tempat tentu butuh peralatan yang simple dan mudah membawanya. Pilihan yang cocok untuk mobile Dj adalah menggunakan dj controler, yang kini sudah banyak dijual di toko alat dj. Untuk mengetahui type controler yang tepat silahkan baca ( Merk dj controler yang bagus ).

Jika menggunakan CDJ player

Beli cdj yang tidak hanya mendukung cd audio untuk media lagu, akan tetapi belilah cdj player yang support juga dengan usb port , hid, fitur lain yang memudahkan dj mobile ( baca cdj yang support usb port). Adanya support usb akan memudahkan dj untuk masalah lagu yang akan di mix, yaitu bisa melalui usb disk, hardisk external. Ini akan lebih menghemat tanpa harus burn cd audio yang memakan banyak tempat jika selalu update lagu.

Mixer External dan kabel audio

Sebuah mixer external berfungsi untuk menghubungkan peralatan dj mobile ke speaker. Alurnya adalah dari alat dj - mixer external - speaker. Jangan lupa beli juga kabel - kabelnya, jangan sampai bolak balik toko gara- gara lupa beli kabel audio. Pengalaman nih..

Speaker dan Stand untuk perlengkapan dj mobile:

Ada 2 jenis speaker yang umum yaitu active speaker dan pasif. Active speaker adalah speaker yang sudah memiliki power didalamnya, speaker pasif adalah kebalikannya, jadi jika membeli pasif speaker harus membeli power juga agar speaker bisa mengeluarkan suara. Untuk dj mobile sebaiknya beli yang active speaker, karena ini lebih hemat dan juga untuk menghindari jika bermain di suatu tempat yang jumlah daya listriknya kecil. Pernah kasus dulu Ane sewaktu masih aktif djing bersama rekan, yang kebetulan main di acara ulang tahun kantor dan menggunakan speaker pasive listrik tidak kuat, langsung turun. Kasus dah..

Untuk merk speaker monitor silahkan baca ( Info speaker bagus )

Menggunakan active speaker juga sedikit tidak merepotkan ketika membawanya karena sudah menyatu. Untuk stand speaker banyak pilihan, standar seperti gambar diatas sudah cukup, yang perlu diperhatikan adalah setup penempatan speaker agar orang -orang bisa mendengar dengan jelas.

Ukuran speaker : Bisa dengan 12 inci 300 watt, ini untuk ukuran acara yang dihadiri 50 - 100 orang. Jika lebih dari 100 orang lebih gunakan yang 15 inci 500 watt.

Peralatan dj mobile lain seperti hardcase :

Hardcase peting sekali untuk menjaga agar alat dj awet yang biasa sering kali rusak jika terkena benturan keras saat dibawa atau pada saat digunakan. Saat membeli peralatan dj mobile baru biasanya hardcase tidak disertakan, kita harus membelinya terpisah. Dan biasanya toko alat dj juga menjual hardcase, dengan harga sesuai ukuran dan untuk alat apa hardcase itu.

membeli peralatan untuk DJ mobile

Kesimpulan :

Dalam membeli peralatan untuk dj mobile agar mencakup semuanya lebih baik sesuaikan juga dengan budget yang dimiliki ( beli alat yang vital diperlukan saja ), karena ini juga merupakan sebuah investasi. Seadanya tidak digunakan sendiri tentu bisa disewakan juga sehingga bisa menghasilkan income selain dari djing. Perlu di perhatikan dj mobile berbeda dengan dj club, tapi tentu seorang dj mobile bisa juga main di club jika memang dapat job melalui relasi.

Perlengkapan lain seperti lighting juga diperlukan jika budget cukup, tapi bisa dibeli dengan cara sedikit demi sedikit. Yang terpenting adalah peralatan dj yang vital mutlak harus dimiliki ( cdj player atau controler, mixer external, speaker, laptop, dan koleksi lagu dj tentunya. Untuk lagu tentu seorang dj mobile harus punya banyak genre lagu, juga menguasai mixing multi genre. Karena job biasanya genre lagu berbeda - beda, syukur - syukur tergantung dj pada genre lagu yang harus dimainkan. Akan tetapi juga harus menyesuaikan dengan acaranya.

Baca juga : Dari mana dj dapat uang. sebagai bayaran tampil.

Inilah sedikit info tentang peralatan dj mobile yang harus kita miliki. Apa kalian ingin jadi dj mobile ? Yang targetnya adalah acara - acara tertentu tapi bayarannya tinggi ?

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 17.48

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.