Home » , » Tutorial Vst Nexus 2 : Cara aktifkan dan menggunakan arpegiator

Tutorial Vst Nexus 2 : Cara aktifkan dan menggunakan arpegiator

Didalam Refx nexus 2 memang ada library preset Arpeggions yang mana jika kita mainkan akan terdengar step nada - nada naik turun, tergantung pengaturan step pada preset. Dan sebenarnya setiap content sound Refx Nexus semuanya bisa kita atur menjadi Apeggions yang sesuai keinginan dan juga bisa memakai preset arpeggions yang ada. Postingan kali ini Ane mau berbagi tentang cara aktifkan dan menggunakan Arpeggiator / arpeggions di Vst plugin Refx nexus 2, yang mungkin teman - teman belum ada yang tahu.

Tutorial Vst Nexus 2 : Cara aktifkan dan menggunakan arpegiator

1. Pengaktifan arpeggion Nexus Vst

Cara mengaktifkan sangat mudah yaitu klik pada bagian menu ARP, tapi terlebih dahulu pilih salah satu sound di library misalnya suara piano. Kemudian pada bagian MODE klik untuk mengaktifkan, pada oktaf silahkan atur nilai 1 - 4 ( oktaf akan membuat nada naik turun dari nada rendah atau tinggi tergantung pengaturan). Lihat gambar :

Tutorial Vst Nexus 2 : Cara aktifkan dan menggunakan arpegiator

2. Mengunci setingan / pengaturan Arp

Mengunci setingan ini maksudnya ketika kita mengganti suara sound maka Mode Arp dan pengaturan tidak akan berubah. Jadi yang berubah hanya sound yang kita pilih. Untuk mengganti sound klik menu Library dan pilih suara dari preset yang ada sesuai keinginan dan tergantung tepat atau tidak dengan genre lagu yang kita buat. Cara mengunci setingan Arp cukup klik gambar gembok seperti pada gambar di atas.

3. Merubah step sequencer Arpeggions

Bagian ini adalah jika step nada yang dihasilkan kurang bagus atau tidak sesuai dengan yang kita inginkan, jadi kita harus merubahnya secara manual. Yaitu dengan cara memilih preset arp yang telah disediakan pada bagian Lib menu pada pengaturan Arpeggions seperti pada gambar diatas yang Ane lingkari warna merah. Pada bagian itu banyak sekali preset step arpeggions yang bagus, jadi kita tinggal mencari yang tepat, cukup double klik untuk mengganti step arpeggions.



Jika ingin manual merubah step arpeggions bisa menggunakan tool step squencer dengan cara klik kiri untuk edit dan klik kanan untuk hapus step. Tapi ini untuk yang sudah profesional desain step nada menggunakan arpeggions. Jika pemula lebih gunakan preset yang ada, tapi cari yang tepat step arp di library preset.

Ok sob, sementara ini dulu ya cara aktifkan dan menggunakan arpegiator, silahkan pratekkan langsung saja jika ada refx nexusnya. Lihat videonya agar mudah.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 23.59

2 comments:

  1. bang, Nexus 2 ku udah aku instal sesuai instruksi. lalu aku buka di fl studio 12 aku coba tes suaranya malah peak meter full dan suaranya cuman berdenging kenceng gitu, tolong solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dell chanel nexusnya.. loading lagi coba.. or close dulu FL studionya. Biasanya pengaruh ram kalo kaya gitu

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.