Home » » Cara membuat time maker di playlist Fl studio

Cara membuat time maker di playlist Fl studio

Time maker adalah sama saja dengan penanda bagian - bagian lagu pada playlist lagu yang sedang di susun per pattern, pada project. Tujuan di buat time maker ini agar lebih mudah saja atau agar susunan track / pattern di playlist Fl terlihat rapi. Contohnya untuk pemberian nama bagian lagu, intro / outro , Reff, chorus, verse, Drob, dan lainnya. Seperti pada project demo lagu saat pertama kali kita buka Fl studio, di bagian atas playlist terlihat nama - nama bagian lagunya. Letak Time maker berada di paling atas pada playlist Fl. Cara membuat time maker di playlist Fl studio sangat mudah.

Langkah membuat time maker di FL studio :

1. Klik menu playlist pada sebelah kiri atas, pilih Time Maker - Add one, tapi sebelumnya tempatkan dulu area yang akan dibuat, baru klik menu time maker.

Cara membuat time maker di playlist Fl studio


2. Selanjutnya klik kanan dan rename namanya sesuai keinginan misalnya " Intro". Untuk membuat time maker selanjutnya cukup klik kanan saja pada bagian atas playlist yang berwarna hitam, pilih Add maker dan isi namanya. Hasilnya akan tampak seperti dibawah ini :

Cara membuat time maker di playlist Fl studio

Selain lebih terlihat rapi tujuan membuat time maker ini akan lebih memudahkan kita untuk menyusun,  track / pattern sehingga tidak salah penempatan elemen musik. Dan pastinya pada saat remix lagu atau bikin original, menghitung bar dan posisinya tepat. Sehingga terhindar dari lagu ada yang lompat atau kurang barnya. Lagu lompat akan sangat mengganggu saat dimixing oleh seorang DJ, juga merepotkan. Bagusnya di Fl studio bar terlihat jelas secara visual di playlist ( per 4 bar - warna cerah dan gelap ), sehingga penempatan elemen lagu jadi mudah.

Membuat time maker di fl studio bisa juga di buat secara otomatis per 8 bar, caranya klik menu Time makers pilih "add one every", 4 atau 8 bar. Maka pada playlist bagian atas akan muncul nama time maker pada tiap 4, 8 bar ( sesuai setting ), dibelakang ada tanda #. Misalnya kita membuat time maker otomatis dengan nama "elemen", maka hasilnya menjadi, elemen#1 - dan seterusnya. Tapi ini kadang merepotkan karena kita harus rename ulang namanya agar pas.

Fungsi Place loop :

Jika fitur place di bagian time make aktif / di pilih untuk di loop / ulang maka setiap kali project di play, dan selesai pada ujung lagu maka start play akan dimulai pada bagian yang di set place loop. Cara membuat place loop sama saja, seperti pada gambar diatas cukup tentukan bagian yang akan di loop, klik kanan pilih place loop. Adanya place loop ini cukup membantu kita jika ingin mencari ide nada pada bagian tertentu, sambil di play berulang -ulang sampe dapat nadanya. Tanpa di set place loop project akan mengulang ke bagian awal intro, padahal bagian yang belum selesai adalah bagian Reff.

Karena kadang ide melody, itu bisa muncul saat mendengarkan musiknya dengan cara di putar ulang ( loop ). Ini cara Ane dapat ide nada, bagaimana dengan Ente ? Tanpa membuat time maker di playlist FL studio juga sebenarnya kalau sudah hafal struktur lagu EDM, tidak akan salah penempatan elemen.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 22.25

0 comments:

Poskan Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.