Home » , » Perlukah punya koleksi lagu DJ baru banyak ?

Perlukah punya koleksi lagu DJ baru banyak ?

Mendapat pertanyaan dari teman-teman yang ingin belajar dj baik autodidak maupun belajar di dj school di facebook kadang membuat geli. Ada yang bertanya, perlukah koleksi lagu baru banyak ? Jawabannya ya tergantung kebutuhan, karena ada dj yang main di club sebagai Residen ada juga yang mobile perform dimana-mana. Seorang dj Residen tentunya punya masalah rasa bosan jika memainkan lagu yang sering dan hanya itu-itu saja. Dan juga tamu yang sering datang pun akan jenuh juga karena lagunya sering dia dengar. Tamu juga menginginkan suasana baru melalui lagu yang mereka dengar di club.

Koleksi lagu dj baru memang dibutuhkan agar tidak repot saat ada yang request, tapi yang lebih penting adalah lihat jam terbang dj itu sendiri. Punya koleksi lagu dj baru jika tidak digunakan untuk perform di hadapan crowd juga bermanfaat untuk jaga-jaga. Kendala yang dihadapi DJ jika ingin memainkan lagu dj baru adalah kadang crowd inginnya lagu yang lama, yang mereka tahu. Pengunjung sebagian ada yang update mengikuti perkembangan lagu di youtube atau radio, ada juga yang tidak.

Perlukah punya koleksi lagu DJ baru banyak ?

Masalah penting atau tidak untuk update lagu dj yang baru banyak ya dikembalikan lagi pada DJ itu sendiri. Jika dia merasa penting untuk menjaga namanya, ada baiknya terus update lagu baru yang tentunya lagi trend. Tapi jika dituruti terus namanya lagu baru tidak ada habisnya, karena setiap hari ada ribuan lagu di release di online store. Ane sendiri mengalami, dalam sehari harus download lagu baru di account khusus lagu dj bisa 1000 lagu perhari.  Jika tidak di download, sayang karena Credit card Ane sudah kepotong terus untuk biaya membership.

Kalau bisa seorang DJ minimal tiap hari punya 3 lagu baru untuk dimainkan ( DJ set ). Karena jika punya lagu baru juga bikin semangat main, ketimbang memainkan lagu-lagu yang lama. Tapi tetap pada saat memainkan lagu baru untuk dj tampil harus selang-seling dengan lagu yang lama, agar crowd senang karena tahu lagunya dan bisa goyang sambil nyanyi.

Dan kalau Ane pribadi punya koleksi lagu baru dj banyak sangat perlu untuk melayani langganan yang sering order untuk main. Genrenya bisa macam-macam, dan kadang jadi kewalahan Ane nyortir lagunya untuk cari yang enak dan terbaik. Karena tidak semua lagu baru itu enak dan cocok untuk crowd di Indonesia.

Jadi kesimpulannya perlukah punya koleksi lagu DJ baru banyak ? Seorang dj harus melihat jam terbangnya. Apakah sering tampil atau tidak, apakah dia resident atau dj mobile ( main di event ). Yang pasti sesuaikan dengan kebutuhan juga, serta style dalam bermain. Kalau Ente dj yang main tidak mau nunggu outro saat mixing, ini tentu sangat butuh koleksi lagu baru banyak. Yang lebih penting lagi lihat crowdnya, kalau tamu masih suka dengan lagu lama ya usahakan cari versi remix terbaru dari lagu-lagu lama.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 02.29

0 comments:

Poskan Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.