Home » , » Trik mengambil suara dari plugin yang berat di FL

Trik mengambil suara dari plugin yang berat di FL

Jengkel ya kalau dapat sound yang bagus tapi pas di Vst plugin yang berat jika aktif. Padahal audio setting sudah di atur ke assio4all. Dulu sering kali Ane alami, terutama vst plugin gladiator tone2. Preset suara bawaan gladiator bagus - bagus, cocok untuk genre progressive house, trance. Tapi sering kali jika ambil suara dari Pad preset, Fl studio jadi berat..brebet...brebet...Kadang bikin Fl jadi Crash, dan terpaksa di load ulang. Masalah FL jadi berat ini biasanya pengaruh dari Ram yang kurang atau pengaruh dari soundcard.

Jangan khawatir ada solusi mengatasi suara dari plugin yang berat di FL studio atau software Daw lainnya, sangat mudah yaitu cukup ambil suara dari plugin yang berat loading tersebut. Langkah - langkahnya begini :

Trik mengambil suara dari plugin yang berat di FL studio:

1. Jika sudah membuat step squencing ( step melody, string atau lainnya) pada pattern yang terdapat plugin yang bikin berat, render pattern tersebut ke wave file 16bit ( lihat gambar rubah 16bit ). Caranya set ke mode " Pat", - Render khusus pattern, bukan semua track, lalu export. Lebih baik buat folder khusus untuk project yang sedang Ente kerjakan agar data file mudah ditemukan kembali.

Render: Trik mengambil suara dari plugin yang berat

2. Nah hasil dari render / export tersebut masukkan kedalam playlist di Fl studio, tentunya sudah berupa file wave sehingga problem berat bisa diatasi karena Vst yang bikin berat tidak digunakan lagi. Yang penting sound sudah di render dalam bentuk Wave file sequencing yang sebelumnya sudah dibuat.

Ok, ini trik simple untuk mengambil suara dari plugin yang berat, dengan cara di export ke wave file format, kemudian masukkan ke dalam playlist. Dan tentunya kualitas suara akan lebih bagus dari pada dari midi, tapi jangan lupa turunkan volume suaranya karena sound yang lain kadang jadi kalah. Semoga membantu.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 23.59

1 comments:

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.