Home » , » Dj harus bisa edit lagu sendiri, kenapa ?

Dj harus bisa edit lagu sendiri, kenapa ?

Alasan kenapa DJ harus bisa edit lagu sendiri sangat simple, begini : Tidak semua lagu original atau extended itu alur lagunya tepat untuk membuat crowd bisa enjoy di dance floor. Kadang - kadang floatingnya kepanjangan ( off beat ). Pada saat floating pada lagu yang sedang di mainkan ini sangat mempengaruhi suasana di dance floor, karena bisa membuat crowd pada diam. Nah, solusi agar ketika perform seorang DJ bisa membuat crowd asik goyang terus adalah harus bisa mempersiapkan lagunya, dengan cara di edit sendiri, menggunakan software Daw ( Fl studio, abelton live, Acid pro, dan lainnya )

Kemampuan bisa edit lagu sendiri ini bagi seorang DJ sangat penting untuk meningkatkan performa dj itu sendiri dan memuaskan para audien. Seorang DJ akan tambah semangat jika di saat tampil banyak crowd yang asik bergoyang menikmati musik yang dia mainkan.

Dj harus bisa edit lagu sendiri

Mungkin saja kalian pernah mendengar lagu di mainkan oleh dj lain, padahal lagunya  kalian punya dari judul dan artisnya. Tapi kenapa musik berbeda ? Ada 2 jawaban kenapa lagunya bisa beda. Pertama karena sebelum dimainkan lagunya sudah di edit. Kedua, di remix sendiri dengan gaya dan style yang dia suka agar lebih ajib. Jadi jangan bingung kenapa lagunya sedikit berbeda sebabnya adalah sudah di edit sendiri sebelum dimainkan.

Contohnya lagu dj sekarang yang kebanyakan sudah di edit sebelum dimainkan, contohnya di beri beat trap di bagian tengah ( down beat trap ), mungkin di bagian tengah di selipin style break beat, atau di middle ( sama dengan mashup) banyak lagu dalam satu track dengan vocal yang saling sahut- sahutan. Pernah dengar ? Jika kalian tidak menemukan di online store itu berarti di edit sendiri.

Untuk bisa edit lagu sendiri kita bisa mulai belajar dengan melakukan :  Beat mixing lewat Fl studio 11, yang sudah pernah ane bahas.

Baca juga article  : Cara memotong bagan lagu di playlist Fl studio, jika kalian sudah bisa edit lagu sendiri abaikan saja. Postingan ini cuma sekedar informasi saja.

Apakah semua lagu yang dimainkan harus di edit ?

Jawaban tentu tidak. Karena tidak semua lagu alur musiknya harus di edit, jika sudah bagus saat di sortir dan cocok untuk membuat crowd goyang, langsung gunakan saja. Jadi tergantung genre dan style musiknya.

Kesimpulannya :

Selain harus menguasai teknik / skill yang vital dan memahami standar kompeten dj di Indonesia, kenapa DJ harus bisa edit lagu adalah untuk membuat lagu yang dimainkan lebih mengena ke crowd / audien/tamu. Juga untuk menciptakan gaya musik sendiri agar berbeda dengan dj lainnya dari segi lagu yang dimainkan saat tampil. Yang di maksud edit lagu di postingan ini bukan edit kualitas suaranya Ya ?/ Tapi style musiknya, entah beatnya, bassline, dan lainnya sesuai kebutuhan. Tapi mau memainkan lagu original apa adanya juga tidak apa-apa asal bisa ngeframe dengan benar.

Hanya saja seorang dj yang punya kemampuan edit lagu sendiri atau remix lebih utama, ketimbang dj yang biasa saja. Bisa saja kalian dapat tawaran jadi resident tapi syaratnya harus bisa edit atau remix lagu.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 16.39

0 comments:

Poskan Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.