Home » » Tips scratch menggunakan Cdj 1000

Tips scratch menggunakan Cdj 1000

Umumnya para dj lebih suka main scratch menggunakan Turntables / piringan hitam. Untuk kalian yang punya cdj 1000 biasanya menggunakan pengaturan mode ke Vinyl maka jika memainkan akan jadi scratch ( suara kaset rusak ). Nah ada yang tips bagus agar bisa scratch menggunakan cdj 1000 dari DJ Ravine dan dj cott yang akan Ane bagikan di sini. Kalian bisa mencobanya dirumah jika punya alat dj cdj 1000, atau pergi ke rental studio DJ di daerah Ente.

Ini tips Scratch menggunakan cdj : Cara lain scratch dengan Cdj player.

Yaitu memanfaatkan fitur tombol CUE dan Picth Fader, master tempo, juga lagu bahan scratch ( bisa gunakan samples vocal ). Jadi - Tombol CUE + Scratch.

Langkahnya :

1. Set master tempo ke Wide

Wide tempo akan membuat jangkauan tempo pada cdj akan lebih banyak ke -/+ 100%. Sehingga bpm bisa sampai tinggi. Cukup tekan tombol master tempo sampai berubah ke wide :

2. Buat Cue point

Cue point ini untuk menentukan titik suara yang diambil untuk proses scratch seperti menggunakan Turntables.

 Baca Cara bikin cue di cdj 1000,

Jika belum tahu / atau masih awam soal memakai cdj player. Mungkin karena dari awal belajar DJ langsung pake usb controler atau hanya dengan software.

3. Proses scratch : Tekan tombol Cue berulang ulang ( triger ) sambil memainkan Pitch fader keatas dan kebawah. Hasilnya akan menjadi suara - suara scratch layaknya menggunakan Turntables. Lakukan proses tekan tombol dengan cepat.


Cara scratch menggunakan cue dan pitch ini lebih simple dengan hasil yang bagus, karena pada cdj 1000 jika tombol cue ditekan akan mengeluarkan suara. Bagaimana jika scratch menggunakan selain cdj 1000 ? Misalnya cdj 2000. Lebih jelasnya lihat video di bawah ini :


Dalam video selain tips scratch menggunakan cdj 1000 juga di share tips lainnya termasuk scratch menggunakan cdj 2000 ( Cue + jog scratch ). Juga tips cara upgrade Firmware pada cdj, ada dalam video diatas. Silahkan ditonton agar dapat ilmu dan wawasan baru tentang teknik djing.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 21.04

3 comments:

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.