Home » , » Aplikasi untuk olah, bongkar drum beat - Loop samples

Aplikasi untuk olah, bongkar drum beat - Loop samples

Buat kalian yang punya kesulitan untuk olah, edit, bongkar elemen drum beat, yang biasanya mau mengambil suara kick, snare dan lainnya yang bagus. Dan kebetulan cocok sama selera sendiri, Ane ada tips cara bongkar suara drum beat atau loop samples dengan mudah ( choping). Artinya sampling bisa di pecah per suara sesuai keinginan. Misalnya punya beat loop yang ingin bunyi kicknya saja yang dipake. Atau untuk mengambil step drum beat yang sudah jadi agar tidak repot membuat step sequencing sendiri.

Cara bongkar drum beat atau loop bisa menggunakan aplikasi / Vst plugin bawaan Fl studio yang sudah ada dan tidak perlu di install ulang. Namanya :

1. Plugin Slicex : Edit, bongkar, ganti, suara Drumbeat loop

Aplikasi untuk olah, bongkar drum beat - Loop samples

Tutorial lengkap apa saja fungsi dari slicex silahkan lihat video dari official image-line Fl studio dibawah:


Untuk olah step drum beat plugin slicex ini sangat bagus sekali, karena dengan mudah kita bisa menggunakan step bawaan loop yang akan di edit ( tanpa membuat sendiri ). Cukup drag ke dalam slicex bagian suara beat yang akan diganti dengan suara samples yang baru. Juga untuk step otomatis masuk ke dalam piano roll, caranya klik tool dum to piano roll. Maka semua step akan muncul, dan selanjutnya bisa kita olah lagu sesuai keinginan.

Tapi harus ingat perhatikan space hardisk kalau pake Slicex karena data wav akan muncul ke dalam folder slicex di c, folder slice beat. Terutama untuk jika digunakan untuk edit lagu dengan durasi yang panjang. Bisa-bisa hardisk full kalau space hardisk kecil. Untuk musik sebaiknya gunakan hardisk dengan kapasitas yang besar. Hardisk space yang ane gunakan sekarang 3 Tb.

Ane pengalaman soalnya pernah iseng-iseng otak atik suara lagu pake slicex ini, nggak tahunya low disk space. Terpaksa harus hapus datanya di folder slice beat. Dulu waktu masih pake komputer jadul hdd cuma 80 gb.

Mau mencoba nggak punya bahan samples ? Download di sini - gratis loop sample.

2. Fruity slicer : Drag, Pilih, ambil dan drag ke channel

Untuk menggunakan fuity slicer dalam membongkar beat, tutorial lengkapnya bisa di postingan cara bongkar loop yang simple. Ane sudah bikin article nya tinggal baca saja dan pratekan.

Menggunakan plugin ini lebih mudah ketimbang slicex, kalau ingin memecah per channel suara. Misalnya misah suara kick, snare dan lainnya. Tapi untuk fitur tentu lebih lengkap Fruity slicex. Untuk kalian yang suka ambil suara - suara dari loop samples yang sudah ada Fuity slicer sangat cocok. Cuma sayang susah untuk merubah chord. Misalnya ada loop berupa rythm dari chord major ingin di rubah ke minor. Tidak bisa menggunakan Fruity slicer untuk merubahnya.

3. Audicity : Vst gratis ini juga bisa untuk edit, potong beat

Audacity merupakan Aplikasi untuk olah bongkar beat yang bisa di download secara gratis di postingan cara rekam di cdj. Tapi ini bukan Vst plugin yaitu aplikasi biasa pada umumnya, tinggal download dan install seperti biasa.

Aplikasi yang lain untuk olah, bongkar, edit drum beat sebenarnya masih banyak kalau mau gogling pasti dapat infonya. Pokoknya aplikasi yang khusus untuk edit audio biasanya bisa digunakan untuk bongkar drumbeat atau loop samples. 2 Vst plugin diatas yang biasanya Ane gunakan.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 23.43

1 comments:

  1. lo GG amat gan jdi org , di situ kdng gw pngen bljr lbih dkat dgn lo , soal nya gw msih pemula banget tujuan gw pengen main musik cma skdar buat menghibur diri sendiri aja :D

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.