Home » , , » Belajar remix lagu atau DJ : Yang mana dulu Ya ?

Belajar remix lagu atau DJ : Yang mana dulu Ya ?

Bang yang mana dulu ya, belajar dj atau remix lagu ? Ane sering kali dapat pertanyaan ini di inbox email dan pacebook. Awalnya sih pada nyasar baca - baca postingan tentang topik dj di blog ini. Biasanya lagi asik baca seputar dj, lihat article yang lain di blog ini tentang remix. Nah setelah di baca juga topik remix lagu jadinya malah bingung. Yang mana dulu Ya...hadoooh.. Jadi DJ kepengen. Bisa bikin lagu sendiri juga pengen...hmmm

Sebenarnya mudah saja sih mau yang mana dulu. Hak tiap orang, mau belajar dj dulu juga silahkan. Remix lagu dulu pake software Fl studio juga hayoo..Tapi sekedar buat mindset dan pertimbangan Ane kasih saran biar tidak bingung, mau yang mana dulu.


Sebaiknya belajar DJ dulu kalau ingin mudah : Alasannya ?

Belajar remix lagu atau DJ : Yang mana dulu Ya

Pertama : Kalau kita sudah bisa dan mahir bisa buat cari uang dari perform di room atau bekerja di club / jadi residen. Atau bisa juga hanya untuk Fun saja yang penting tahu ilmunya.

Kedua : Kalau sudah jadi dj otomatis akan tahu struktur lagu dj dengan benar, jadi ketika akan melangkah ke level remix lagu akan menjadi lebih mudah. Karena tidak harus berlama-lama mempelajari lagu dance electronic musik yang biasa dimainkan oleh dj pada umumnya. Alasan lainnya ketika sudah jadi dj maka dengan sendirinya penguasaan genre lagu lebih banyak. Maka kesulitan saat remix lagu jadi sedikit. Hanya tinggal pahami penggunaan software musik produksi.

Jadi..kita akan lebih tahu tentang bagaimana membuat intro agar mudah dimixing, autro, susunan bar, dan lainnya


Berbeda jika kita langsung ke remix lagu tanpa memahami struktur lagu dj dulu. Bisa 2 kali belajar, yaitu belajar penggunaan fitur-fitur software dan target lagu dance electronic yang akan dibuat. Akan memakan proses lama. Tapi tergantung juga sih..kemampuan otaknya.. Kasus yang Ane alami pada murid yang private musik producer sama Ane, rata - rata mereka yang sudah pernah belajar dj dan mahir, lebih cepat bisanya.


Ketimbang mereka yang belum tahu sama sekali tentang dj dan ingin belajar bikin lagu atau remix. Mereka yang nol atau tidak tahu sama sekali tentang dj juga lagu yang biasa dimainkan, serta hanya tertarik bisa bikin lagu sendiri style Electronic music dance ( EDM ), prose belajar lebih lama bisanya. Ya wajar karena harus mempelajari 2 topik inti ( musik dan software ). Murid Ane yang seperti ini rata-rata orang kantoran yang hanya hobi musik.


Alasan lain :

Saat belajar ke remix lagu agar bagus hasilnya biasanya nanti akan butuh biaya yang tidak sedikit. Contohnya biaya untuk membeli headphone studio monitor ( untuk mixing ). Karena berbeda typenya, untuk live mixing dj dan monitor.

Juga untuk pengadaan hardware speaker Flat khusus buat mastering lagu agar hasilnya bagus. Nah jika yang budget sedikit kan bisa ngumpulin modal dari hasil job tampil main. Betul ? Kecuali punya budget banyak.

Ane pengen langsung belajar remix lagu sajalah, kelamaan kalau harus belajar dj dulu !"

Silahkan saja sob..Hak Ente mau mulai dari mana, belajar remix lagu dulu juga bagus. Asal kemampuan otak kuat.  Ada murid Ane yang berbakat juga cepat bisa kok, tanpa harus belajar dj dulu. Alasan diatas hanya saran dan untuk gambaran saja bagi yang masih bingung mulai dari mana. Sebab ini adalah seni, kita bisa mulai dari mana saja asal punya kemauan kuat , fokus pasti akan bisa. Bakat bisa digali dengan belajar.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 23.52

5 comments:

  1. Hallo mas hendry. Dengan kata lain, tanpa lagu sendiri seseorang juga bisa jadi DJ (lagu orang)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..mainin lagu orang dulu..rata2 dj begitu

      Hapus
  2. Hallo Bang hendry... sy arfi, sy sdh lama kenal FL, sy menggunakan FL sdh sekitar 5 tahun lebih, awal nya sy menggunakan FL krna diajari sma kawan bikin lagu lagu Hip hop, lalu setelah sekian lama sy mengenal FL, sy tertarik dengan DJ sebagai penyalur hobby bermusic n side job di saat sy lg tidak berlayar... sy ingin menjadi DJ... jd pertanyaan sy.. saat ini sy perdalam n belajar remix dl atau langsung sekolah DJ...? Mohon pencerahan nya... sy betul2 bingung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lakukan saja apa yang tampak didepan mata sob...perdalam lagi aja bikin lagunya..biasanya hip hop sekarang coba bikin lagu2 edm ( electro or progressive house )..ini cuma saran..

      Hapus
  3. Permisi kak hendry, saya mau cari sekolah dj kok susah ya di daerah bekasi? Kira kira kalau mau belajar otodidak itu saranyya gimana ya? Atau emang harus kursus dulu? Mohon bantuannya

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.