Home » » Laptop jadi berat dan brebet pas make Fl studio

Laptop jadi berat dan brebet pas make Fl studio

Kenapa laptop jadi berat dan suara jadi brebet brebet pas make FL studio ? Sebelum pada add Fb ane dan nanyain soal ini ane kasih tahu disini penyebab laptop jadi berat, bahkan jadi crash saat lagi asik bikin lagu di Fl. Kasus kaya gini pernah juga Ane alami dulu sewaktu masih memakai laptop acer ram hanya 2 gb. Nah karena penasaran ane cari tahu penyebabnya, lewat si mbah google.

Ada yang menyarankan tambah ram, ada juga yang kasih ide uninstall plugin yang tidak terpakai, set sound ke assio4all. Bahkan parahnya lagi ada yang nyuruh ganti laptop saja yang lebih tinggi speknya dan khusus buat multimedia. Wah..kalau harus ganti laptop baru berat di modal. Ane coba solusi yang mudah dulu yaitu setting sound di fl ke assio4all. Hasilnya memang sound jadi enteng jarang mbrebet dan laptop jadi nggak berat. Tapi masalahnya pas render lagu....!!

Wow..di tinggal keluar makan balik lagi masih belum kelar rendernya...lama kali..

Akhirnya ane coba upgrade ram dari 2 Gb di tambahin 2 gb lagi. Jadinya 4 gb karena masih ada slot satu lagi untuk penambahan ram. Alhasil setelah ditambahin ram laptop jadi tidak brebet lagi saat dipakai buat bikin lagu pake Fl studio. Juga saat render lagu ke wave lumayan cepet, tapi tergantung juga jumlah track yang ada di playlist dan juga plugin yang digunakan. Jika di playlist tidak banyak proses automation clib biasanya cepet rendernya.

Laptop jadi berat dan brebet pas make Fl studio

Jadi intinya jika pada laptop kalian timbul suara mbrebet, berat, sering crash saat Fl studio aktif. Coba set ke assio4all dulu soundnya, caranya disini settingnya. Atau tambahin Ramnya, misalnya dari 2gb tambahin 2gb lagi, jadinya 4gb. Ram laptop 4gb sudah lumayan lah buat produc lagu memakai Fl studio.

Harga Ram buat laptop memang sedikit lebih mahal dibandingkan untuk pc.. Kemarin teman Ane beli ram Vgen 2gb DDR 2 harganya 375rb. Tapi kalau laptop ente supportnya ram ddr 3 harganya biasanya lebih murah.

Sebelum beli cek dulu laptop Ente supportnya DDR 2 atau 3, jangan sampai salah beli. Dari pada bolak balik ke toko. Cara tahu lihat dibagian depan laptopnya sebelah kanan kadang tertera spek laptopnya. Jika tidak ada cek di google kata kunci "nama laptop, typenya, specification. Cek tipe ramnya ddr 2 atau 3. Lihat juga sampai berapa Gb laptop support ramnya, makin tinggi makin bagus. Sebab saat kerja bikin lagu di Fl studio butuh ram gede, untuk jalanin plugin, render dan lainnya.

Ini cerita Ane dulu sewaktu masih pake laptop acer , sekarang sudah pake pc karena lebih bandel nggak cepat panas dan murah buat upgrade ram. Spek komputer yang ane pake di sini, pake processor i7. Mau niru spek komputer ane khusus untuk bikin lagu dan blogging, silahkan saja asal ada budgetnya.

Kalau butuh recommended laptop buat musik producer atau dj baca tips Ane di sini, sesuaikan dengan budget. Itulah solusi mengatasi Laptop jadi berat dan brebet pas make Fl studio.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 23.23

4 comments:

  1. bang mau nanya dong , jadi gini bang ... kan sebelumnya laptop ane pake fl 9 berjalan dengan baik tanpa halangan dan brebet heheh , pas udah install ulang make lagi fl 9 eh suaranya jadi berbuha brebet gitu malah ngedelay dan terasa berat , kemungkinan aneh nya itu dimanan ya?

    BalasHapus
  2. kalau untuk FL studio kayak DJ DJ dunia itu i5 cukup kah? seperti Alan walker dia udah cukup digunakan I5 tidak? I5 atau I7 yang digunakan kayak melody alan walker? soalnya udah coba i3 gak nyampek dan pasti brebet, mau beli laptop tapi bingung i5 atau i7 mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk multimedia standar skarang emang corei5 tapi kalau punya buget lebih baik yg corei7. Ane pake corei7..

      Hapus
    2. betul se jago jagonya it ahli tetap gak akan bisa ngakalin aman itu pake core i7. meskii saya pake core i3 ram 4 gb gak optimal buat kerja lagu

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.