Home » » Laptop jadi berat dan brebet pas make Fl studio

Laptop jadi berat dan brebet pas make Fl studio

Kenapa laptop jadi berat dan suara jadi brebet brebet pas make FL studio ? Sebelum pada add Fb ane dan nanyain soal ini ane kasih tahu disini penyebab laptop jadi berat, bahkan jadi crash saat lagi asik bikin lagu di Fl. Kasus kaya gini pernah juga Ane alami dulu sewaktu masih memakai laptop acer ram hanya 2 gb. Nah karena penasaran ane cari tahu penyebabnya, lewat si mbah google.

Ada yang menyarankan tambah ram, ada juga yang kasih ide uninstall plugin yang tidak terpakai, set sound ke assio4all. Bahkan parahnya lagi ada yang nyuruh ganti laptop saja yang lebih tinggi speknya dan khusus buat multimedia. Wah..kalau harus ganti laptop baru berat di modal. Ane coba solusi yang mudah dulu yaitu setting sound di fl ke assio4all. Hasilnya memang sound jadi enteng jarang mbrebet dan laptop jadi nggak berat. Tapi masalahnya pas render lagu....!!

Wow..di tinggal keluar makan balik lagi masih belum kelar rendernya...lama kali..

Akhirnya ane coba upgrade ram dari 2 Gb di tambahin 2 gb lagi. Jadinya 4 gb karena masih ada slot satu lagi untuk penambahan ram. Alhasil setelah ditambahin ram laptop jadi tidak brebet lagi saat dipakai buat bikin lagu pake Fl studio. Juga saat render lagu ke wave lumayan cepet, tapi tergantung juga jumlah track yang ada di playlist dan juga plugin yang digunakan. Jika di playlist tidak banyak proses automation clib biasanya cepet rendernya.

Laptop jadi berat dan brebet pas make Fl studio

Jadi intinya jika pada laptop kalian timbul suara mbrebet, berat, sering crash saat Fl studio aktif. Coba set ke assio4all dulu soundnya, caranya disini settingnya. Atau tambahin Ramnya, misalnya dari 2gb tambahin 2gb lagi, jadinya 4gb. Ram laptop 4gb sudah lumayan lah buat produc lagu memakai Fl studio.

Harga Ram buat laptop memang sedikit lebih mahal dibandingkan untuk pc.. Kemarin teman Ane beli ram Vgen 2gb DDR 2 harganya 375rb. Tapi kalau laptop ente supportnya ram ddr 3 harganya biasanya lebih murah.

Sebelum beli cek dulu laptop Ente supportnya DDR 2 atau 3, jangan sampai salah beli. Dari pada bolak balik ke toko. Cara tahu lihat dibagian depan laptopnya sebelah kanan kadang tertera spek laptopnya. Jika tidak ada cek di google kata kunci "nama laptop, typenya, specification. Cek tipe ramnya ddr 2 atau 3. Lihat juga sampai berapa Gb laptop support ramnya, makin tinggi makin bagus. Sebab saat kerja bikin lagu di Fl studio butuh ram gede, untuk jalanin plugin, render dan lainnya.

Ini cerita Ane dulu sewaktu masih pake laptop acer , sekarang sudah pake pc karena lebih bandel nggak cepat panas dan murah buat upgrade ram. Spek komputer yang ane pake di sini, pake processor i7. Mau niru spek komputer ane khusus untuk bikin lagu dan blogging, silahkan saja asal ada budgetnya.

Kalau butuh recommended laptop buat musik producer atau dj baca tips Ane di sini, sesuaikan dengan budget. Itulah solusi mengatasi Laptop jadi berat dan brebet pas make Fl studio.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 23.23

17 comments:

  1. bang mau nanya dong , jadi gini bang ... kan sebelumnya laptop ane pake fl 9 berjalan dengan baik tanpa halangan dan brebet heheh , pas udah install ulang make lagi fl 9 eh suaranya jadi berbuha brebet gitu malah ngedelay dan terasa berat , kemungkinan aneh nya itu dimanan ya?

    BalasHapus
  2. kalau untuk FL studio kayak DJ DJ dunia itu i5 cukup kah? seperti Alan walker dia udah cukup digunakan I5 tidak? I5 atau I7 yang digunakan kayak melody alan walker? soalnya udah coba i3 gak nyampek dan pasti brebet, mau beli laptop tapi bingung i5 atau i7 mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk multimedia standar skarang emang corei5 tapi kalau punya buget lebih baik yg corei7. Ane pake corei7..

      Hapus
    2. betul se jago jagonya it ahli tetap gak akan bisa ngakalin aman itu pake core i7. meskii saya pake core i3 ram 4 gb gak optimal buat kerja lagu

      Hapus
  3. tapi laptop saya ram 8gb masih "brebet"
    itu gimana yak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. prossesornya agan brapa ? trus windowsnya windows 7 aja

      Hapus
  4. Ane kasus kek abang kukuh . Uninstal fl 12.4 instal lagi yg 12.4 malah jd lag . Knp tuh ga

    BalasHapus
  5. Bang, laptop ane ramnya udah 4gb, trs kenapa masih brebet yak? Padahal tu laptop masih baru. Kirain bakalan lancar dari laptop lama, taunya sama aja. Bantu ane bang, mau ngelancarin produce lagu lagi nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka Fl studio yang versi 64bit. Kan ada 2 versi 32 n 64.. Kalo yang 64bit biasanya nggak brebet lagi.

      Atau pastikan dulu setingan audionya ke Fl studio assio, jangan yang primary.. tes coba

      Hapus
    2. Masih aja bang, ane udah tes ganti ke assio, tapi tetep aja brebet. Ganggu banget kalo lagi buat lagu tu bang. Jadi gimana bang? Tolong ane

      Hapus
    3. mungkin ada plugin aktif yg bikin berat.. coba tes matiin plugin yang aktif.. ntar ketahuan mana yang bikin berat..or tutup smua aplikasi selain Fl studio..

      Hapus
  6. udah nambah ram 4gb,windows ku ubah jadi 64bit pun masih juga tetap brebeb suaranya bg. mohon solusinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake fl studio versi brapa ente bro ?

      Kadang bukan hanya ram problemnya.. pengaruh plugin juga bisa. Coba cek plugin yg bikin brebet apa matiin. kalo pengaruh plugin stepnya di render as audio clip aja.

      Kadang pengaruh soundcard juga. atau processor, yang aman sih pake corei7 performa lebih bagus.

      Hapus
  7. Fl versi paling enteng apa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane pake versi 20 lebih nyaman.. ane pikir sama aja soal enteng ma nggak.. tergantung plugin yang aktif kalo di FL, ram, procecor . Kalau mau lebih enteng pake plugin bawaan Fl smua

      Hapus
  8. Bang,gw mau nanya nih kalo buat di laptop asus tipe ASUS X441MA, spek Prosesor Intel Celeron N4000 dual-core/4GB DDR4/1 TB HDD/Intel HD Graphics/14″/WIN10/DVD-RW/Cam/BT/BLACK.kira kira bisa gak bang? Soal nya ane pake laptop itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa tp kalo plugin banyak yg aktif jadi berat. Pake fl atudio versi 11 aja kalo spek kecil

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.