Home » , » Manfaatkan note Velocity untuk atur suara nada

Manfaatkan note Velocity untuk atur suara nada

Hal yang sederhana sering kita lupakan pada saat membuat lagu di Fl studio, yaitu pada bagian mengatur note Velocity di piano roll. Padahal ini sangat penting agar nada - nada yang telah di batik bisa balance suaranya. Velocity sendiri merupakan bagian dari Note properties di piano roll.

Teman - teman pasti pernah mengalami ada nada yang terdengar suaranya sangat keras, sehingga lebih dominan. Terutama pada nada octave tinggi, misalnya di oktaf C6 / C7. Nah dengan memanfaatkan fitur note velocity di piano roll ini kita bisa atur suara nadanya. Jadi proses yang tadinya ribet jadi mudah saat mixing sound.

Misalnya untuk membuat suara kick makin lama makin pelan volumenya. Atau dari pelan ke suara keras ( ini bagus pada saat ingin mengatur pada Fill in ).

Manfaatkan note Velocity untuk atur suara nada
Note velocity Fl studio 11

Note velocity ini secara default sudah terlihat pada saat masuk kedalam piano roll. Tapi jika ingin melihat fitur note properties lainnya, cukup klik kanan di sebelah kiri barisan note velocity. Akan terlihat note pitch, note pan, note release, dan lainnya. Termasuk channel volume.

Nah, seperti pada gambar diatas, jika kita ingin agar nada paling atas suaranya menjadi seimbang dengan nada yang bawah, cukup select / block nada atas lalu klik kanan di area velocity. Kemudian tarik ke bawah ( sesuaikan volumenya ), kemudian seret mouse ke kanan agar rata.

Tapi jika ingin atur satu persatu note, cukup klik kiri dibagian velocity tiap nada di bagian atas atau bawah. Maka otomatis note velocity akan berubah, tinggi atau rendah.

Video di bawah ini salah satu trik mengatur velocity ( klik nada target - tahan - gerakan scrool mouse keatas / ke bawah.


Tapi sayangnya jika kita menggunakan FL studio versi 11, fitur ini hanya berfungsi pada Vst plugin bawaan Fl studio. Misalnya vst plugin harmor, sytrus dan lainnya. Sedangkan vst plugin external dari luar Fl note velocity ini tidak berfungsi. Jadi meskipun di naik turunkan velocitynya tidak ada pengaruhnya pada keluaran suara nada.

Kabar baiknya pada Fl studio 12 masalah ini sudah teratasi. Jadi note velocity pada Vst plugin dari luar Fl di Fl 12 bisa berfungsi. Sehingga lebih memudahkan kita saat ingin mengatur tinggi rendahnya suara nada dari piano roll.

Velocity di step squencer

Manfaatkan note Velocity untuk atur suara nada

Selain di dalam piano roll velocity juga terdapat di step squencer bagian dimana kita sering membuat beat. Di sini kita bisa mengatur keluaran suara, mana yang harus keras dan pelan. Seperti terlihat pada gambar diatas. Klik area di angka 1, lalu atur velocity yang sesuai dengan cara klik kiri.

Kesimpulannya :

Jadi dalam mixing suara nada di Fl studio kita bisa juga memanfaatkan fitur velocity ini agar keluaran suaranya balance antara tiap nada. Sehingga tidak terdengar ada salah satu nada yang bunyinya terdengar dominan mengalahkan nada lainnya. Terutama pada chord minor yang sering kali Ane menemukan ada suara yang terdengar janggal alias rada fals. Silahkan dicoba.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 06.35

0 comments:

Poskan Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.