Home » , , » Lagu untuk transisi mixing, pentingkah untuk dj ?

Lagu untuk transisi mixing, pentingkah untuk dj ?

Lagu - lagu untuk dj tampil mixing memang jenisnya macam - macam. Ada yang normal, ada pula yang di edit agar lebih mudah dimainkan. Dan salah satunya adalah lagu DJ untuk transisi. Yang mungkin bagi pemula belum mengetahuinya.

Lagu untuk transisi mixing adalah lagu yang sudah diatur / edit dengan teknik tertentu, menggunakan software atau alat dengan tujuan untuk pergantian lagu ke Genre yang di inginkan. Misalnya bagian depan adalah Genre lagu Electro house dan dibagian akhir Genre Trap ( dalam 1 lagu ).

Untuk dj, ini berarti lagunya dibuat untuk transisi dari main lagu Genre Electro akan pindah ke Trap. Karena bagian belakang lagu dibuat trap / hip hop.

Contoh judul : Selena Gomez - Come And Get It ( Transition 128 - 80 bpm )

Lagu untuk transisi mixing, pentingkah untuk dj ?

Apa maksudnya lagu untuk transisi mixing ?


Begini : Pada kenyataan saat tampil main biasanya seorang dj tidak harus selalu memainkan lagu yang satu genre/ aliran saja. Terkadang harus bisa memainkan banyak Genre lagu dalam sekali perform. Misalnya, habis main lagu Electro House kemudian turun ke Hip hop, trap, dari funkot ke breakbeat kota. Dan sebaliknya tergantung kondisi.

Nah.. masalahnya apabila pada saat di mix kedua Genre lagu tersebut tentu tempo/ bpmnya beda ( misal : dari 128 ke 80 bpm ). Jika dipaksakan mixing biasanya hasil tidak enak. Bisa saja main chob atau mainin vinyl, kalau kepepet.

Seorang DJ yang main multigenre dalam sekali perform sangat penting punya lagu spesial untuk transisi. Kelebihannya adalah proses mixing lebih mudah. Tak perlu banyak yang penting punya lagunya. Ane punya data lagunya tapi juga tidak banyak.

Contoh lagu untuk transisi untuk turun :


Jadi, dengan menggunakan lagu khusus untuk transisi proses mix pergantian lagu beda Genre akan lebih mudah dan halus. Contoh video diatas adalah jika sedang main lagu electro atau House, lalu ingin ke Hip hop, bisa memakai lagu transisi diatas.

Berarti ada juga dong untuk main dari lagu tempo / bpm rendah ke tinggi ?

Ya..ada.

Misalnya pertama main lagu hip hop/ rnb / trap, terus akan naik ke Electro house. Sama saja, ada juga lagunya buat transisi ini. Supaya mudah untuk cross genre saat tampil. Biasanya jenis lagu seperti ini adalah hasil editan atau full remix, sengaja dibuat naik turun atau sebaliknya.

Ini contoh lagu dari 70 - 128 bpm : Asap rock ft Skrillex - wild for the night ( Transition )



Lagu untuk transisi mixing downloadnya dimana ya ?

Kemana lagi download lagunya kalau tidak lewat mbah google..hehe.. Cukup ketik di kolom pencarian tambahkan belakangnya kata " Transition.

Tapi kalau tidak mau ribet pesan saja sama Ane...hehe...Jiah jualan lagi..

Yo wes..Jadi kesimpulannya buat Ente yang mau main multi-genre konsep naik turun dari bpm tinggi ke rendah / sebaliknya, genre lagu apapun sebaiknya gunakan jenis lagu yang spesial untuk transisi. Karena ini akan lebih memudahkan saat pergantian lagu beda genre dengan bpm yang jauh.

Walaupun dj tidak harus selalu menggunakan lagu untuk transisi. Karena jika tahu tekniknya disetiap alat dj sekarang sudah bisa dilakukan.

Tips diatas hanya untuk mempermudah saja bagi kalian yang bingung gimana cara mudah main lagu dari slow ke tinggi. Karena umumnya Dj mainin lagu yang bpm-nya tidak jauh beda... Semoga membantu..

Hendryal
Hendry Al Updated at: 00.48

1 comments:

  1. Mas hendry, apa ada caranya biar tahu waktu perform di club/event harus multigenre? Atau itu permintaan owner club/event?

    Best regards.

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.