Home » , , » DJ lagunya kurang kenceng ! Apa maksudnya ?

DJ lagunya kurang kenceng ! Apa maksudnya ?

Ane cuma sedikit punya cerita aja dulu.. waktu masih aktif djing sering kali crowd teriak - teriak atau request. "Dj lagunya yang kenceng, dong !". Di awal - awal Ane belum paham apa maksudnya. Dulu Ane pikir mereka minta lagu yang temponya cepat atau bpm tinggi. Setelah Ane mainin lagu - lagunya, ternyata bukan. Jadi lagu yang gimana nih..dalam hati..

Akhirnya ketahuan apa sih maksud mereka bilang dj lagunya kurang kenceng. Jadi Ane share disini buat kalian para newbie. Ada beberapa poin.

DJ lagunya kurang kenceng

Maksud kata - kata DJ lagunya kurang kenceng adalah :


1. Crowd ingin lagu - lagu yang mereka tahu dimainkan.

 Atau lagu yang komersil sering mereka dengar di radio atau media lain. Dan mereka menyukainya.

Ini seringkali di alami oleh setiap Dj yang lagi perform. Tamu minta lagu kesukaannya agar dimainkan, padahal jenis lagunya biasa, alias nggak kenceng. Lagu lain di bilang nggak kenceng

Keinginan tamu lagu yang di suka di mainkan kadang bikin dj salah paham. Tamu sampai naik ke booth dj buat request ganti lagu. Bikin panas...Padahal menurut versi DJ yang tahu lagu sudah pas susunan playlistnya.

Solusinya gampang tanya saja sama yang ngomong. Ingin di putarkan lagu apa judulnya ?


2. Tamu salah masuk tempat

Maksudnya gini : Kadang - kadang ada orang yang sering datang ke club A, dengan genre misalnya breakfunk atau funkot. Lalu datang ke club B dengan genre house musik, progressive. Nah karena kuping dia biasa dengerin funkot, pas ketemu progressive ya pasti tamu tersebut akan bilang lagunya tidak kenceng.. Jauh

Sebab tempo funkot dengan progressive tentu jauh ( funkot 180bpm, House, progressive 128 - 130 ).

Di tambah pula tamu salah sebut aliran musik

Ane punya pengalaman ini sering banget...Tamu naik ke booth dj dan request " dj minta lagu house musik dan yang kenceng "

Padahal Ane sedang memainkan House musik. Ternyata yang dia maksud House musik adalah genre Funkot... Oalaah..basian kali ye. Tamu mengira house sama funkot sama,

Solusi mengatasi tamu model ini cukup bilang : Maaf bos. Sekarang lagi main lagu House musik selatan, atau bilang saja nggak bawa lagu - lagunya ( ini nolak alus ). Or terserah, yang penting usahakan halus bahasanya. Jadi belum tentu lagunya kurang kenceng, hanya salah paham saja.

Terkecuali ditempat itu memainkan multigenre lagu, maksudnya semua aliran musik dj dimainkan. Tapi untuk perpindahan lagu cross genre juga harus punya lagu untuk transisi agar enak pergantian lagunya. Tidak langsung drob atau naik.

3. Memang lagu yang dimainkan nggak kenceng, mungkin datar

Nah kalau masalah ini ya pasti dj sendiri problemnya.
Bisa jadi lagi nggak mood atau memang tidak bisa menyusun lagu atau kurang peka membaca apa maunya crowd. Jadi asal mainin lagu saja, dan akibatnya alur musik terasa hambar, datar, dan membuat tamu jadi bete. Bisa juga karena salah lagu, antara lagu pertama, kedua dan selanjutnya.

Sebab walaupun lagunya bagus kalau salah pasangannya hasilnya bikin drob.

Reputasi dj sangat dipengaruhi hal ini, dan bisa jadi tidak dapat job manggung lagi gara - gara tidak bisa set lagu.

Solusinya : Perbanyak koleksi lagu dan pahami lagu yang akan dimainkan. Mana lagu yang standar, sedang dan kenceng. Kalau main menggunakan dj controler dengan laptop buat playlist yang sebelumnya lagu - lagu sudah didengarkan dirumah.

Jangan lupa set ke recordbox dulu jika main pake dj controler tanpa laptop / software. Contohnya XDJ R1.

Lakukan proses sortir lagu untuk dibuat playlist dirumah sebelum tampil, seperti yang sudah ane bahas disini - menyusun play list.

Dari sini nanti akan tahu mana lagu yang kenceng, sedang dan standar. Jadi ketika main sudah siap. Para dj kelas dunia pun rata- rata membuat playlist sebelum mereka main.

Jadi.. Begitulah kira - kira apa maksud crowd ngomong atau complain lagunya kurang kenceng. Jika mengalami hal seperti itu, gambarannya seperti diatas. Bisa jadi tamu lagu yang komersil dimainkan, salah masuk club, dan memang lagu sedang dimainkan nggak kenceng.

Tapi umumnya jika tamu merespon biasa saja saat kita sedang main, coba mainkan lagu - lagu yang komersil / hit.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 14.18

1 comments:

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.