Home » , » Xdj R1 Pioneer harga dan cara penggunaan, simak infonya disini

Xdj R1 Pioneer harga dan cara penggunaan, simak infonya disini

Xdj R1 pioneer controller ( 2 channel ) memang alat dj yang lengkap dan mudah digunakan untuk para newbie atau pro. Dari segi budget alat ini lebih menghemat dibandingkan membeli cdj player manual atau digital. Jadi satu set perlengkapan alat dj yang umum sudah tercakup di Xdj R1 yaitu Mixer, Fx, cd player dan usb port.

Masih ditambah lagi dengan adanya fitur wifi. Jadi dengan membeli dj controller Xdj R1 ini kita sudah memiliki semua yang dibutuhkan.

Xdj R1 Pioneer harga dan cara penggunaan

Bayangkan jika harus membeli satu set alat dj baru secara terpisah, butuh budget yang besar. Lantas berapa harga Xdj R1 pioneer ?

3 minggu yang lalu Ane bantu teman cari alat ini harga barunya 13 juta ( tiga belas juta rupiah ), dan belum termasuk tas. Nah, setelah ada yang minta carikan lagi, eh ternyata harga naik lagi menjadi 14.8 juta.. Wow.. Kenapa bisa naik drastis ?

Setelah Ane selidiki ternyata di Indonesia alat ini jarang sekali yang jual. Adapun harus Inden, karena mungkin toko tidak nyetok banyak. Sehingga yang punya barang naikin harga. Dan mau tidak mau karena butuh tetap dibeli juga dengan harga segitu.

Apa sih kelebihan Xdj R1 pioneer ? Baca kembali di paragraf paling atas juga.

  • Xdj R1 bisa dimainkan tanpa menggunakan laptop, jadi misalnya lagu dari Usb disk bisa langsung colok dan load lagunya. Meskipun lubang usb port hanya satu, tapi bisa link ke 2 player ( A dan B ) untuk di mixing.
  • Bisa juga dihubungkan ke laptop / mac dengan software Virtual Le, yang disertakan pada cd bundle bawaan. Ini akan lebih memudahkan kita saat memilih lagu karena bisa melihat jelas di layar monitor laptop. Bisa juga disambungkan ke Iphone, android dan smartphone lainnya.
  • Penggunaan Fx lebih mudah karena letaknya dekat sekali dengan tombol Equalizer.
  • Bisa dikatakan alat dj ini All in one peralatan dj untuk tampil, tanpa ribet, dan cocok sekali untuk newbie atau profesional. Kualitas suara mantap, build in Soundcard di dalamnya ( 24bit / 44khz ), range frekuensi 20 - 20,000hz. Selengkapnya baca disini untuk detail fitur xdj R1.

Kekurangannya menurut Ane setelah testing :

1. Mixing cross genre lagu :

Ane coba mainkan lagu satu genre untuk proses mixing, proses syncron sangat bagus. Bpm dan ketukan bisa sama dengan halus. Tapi... Setelah coba mainkan genre Electro house ke breakbeat, proses syncron kacau ( Tekan tombol Sync ). Kacau maksudnya ketukan kedua lagu tidak bisa sama. Jadi harus dilakukan secara manual agar sama, dengan menggunakan jog dial ( bukan mode scratch ).

2. Tampilan grafik lagu tidak ada

Visual grafik lagu pada alat dj sangat membantu sekali dalam melihat bagian lagu yang tidak beat ( floating ), susunan beat dan lainnya. Pada Xdj R1 sayang sekali tidak ada, kecuali file info. Ini menurut ane kurang bagus, apalagi buat newbie yang biasa lihat visual grafik lagu. Bisa menyulitkan.

Dan juga jika lagu - lagu sudah di framing urutannya didalam folder hardisk, setelah di export dan di colokin ke Xdj R1, terbacanya tidak urut. Alias framing lagu jadi ngacak. Jika hal ini jadi masalah lebih baik gunakan controller Xdj Aero.

3. Lagu harus di proses dulu di aplikasi Recordbox sebelum lagu di mainkan di Xdj R1. Karena jika tidak di proses analyze di Recordbox lagu di player A dan B tidak bisa di Synchronize ( proses otomatis menyamakan bpm dan ketukan ).

Jadi jika tidak di olah dulu di Recordbox software, saat proses menyamakan tempo dan ketukan harus secara manual. Ini untuk newbie sangat merepotkan karena tombol Jogdial pada Xdj R1 sensitif. Susah menyamakan ketukan dengan Jogdialnya. Juga untuk menyamakan bpm harus dilakukan manual, jika sebelumnya tidak dimasukkan ke Recordbox lagunya.

Cara penggunaan Xdj R1 untuk mix lagu ( standar pedoman )


Langkah pertama : Persiapkan Usb disk, dan sebelum mix lagu di Xdj R1, import dulu semua data lagu kedalam aplikasi recordbox. Setelah itu export ke Usb disk, lalu baru colokin ke usb port dibagian atas.

Cara sederhana menggunakan recordbox untuk lagu dj :

a). Klik menu file, kemudian pilih import : Silahkan pilih file atau folder. Sebelumnya siapkan dulu usb disk kosong yang telah di format.

cara memakai aplikasi recordbox

Sebaiknya tempatkan lagu - lagu yang akan dimainkan kedalam satu folder, lalu baru di import ke software recordbox.

b). Setelah impor, tunggu sampai proses analyze lagu selesai, lalu klik folder lagunya disebelah kiri. Kemudian klik kanan dan pilih "Export as a playlist" - pilih usb disk. Dan tunggu sampai selesai. Status proses export ada dibagian bawah software.

cara export lagu dari recordbox ke flashdisk

Untuk lama tidaknya proses analyze bpm, key, dan proses export playlist tergantung dari spek komputer / laptop. Jika procesor tinggi dan Ram besar maka akan cepat. Juga dipengaruhi jumlah lagu yang di export.

Cara download dan aktivasi recordbox baca di sini - Recordbox dan cara aktivasi

Nah setelah selesai export, kemudian usb disk colokin ke usb port Xdj R1. Silahkan mainkan lagu - lagunya / proses mix.

Langkah kedua : Jika ingin ganti Usb disk yang berisi lagu dan sedang dimainkan.

Karena pada Xdj R1 hanya tersedia satu Usb port untuk colokin flashdisk yang berisi lagu, maka jika ingin ganti flash disk kita harus menggunakan cd audio ( Tidak tahu cara membuat cd audio baca di sini - burn lagu di nero ). Jangan asal cabut nanti mati.. hehe..

Atau gunakan mp3 disc ( cuma ini belum Ane tes ).

Cara benar ganti usb disk : Masukkan cd audio ke deck A misalnya ( tunggu sampai terbaca lagunya). Start mixing untuk proses ganti lagu yang aktif, kemudian cabut usb disk, baru colokin flashdisk yang baru.

Apa bisa pake hdd external ?

Ane tes colokin hdd external tidak terbaca oleh alat xdj r1. Mungkin terlalu besar, jadi eror. Untuk format usb-nya pun harus dengan file sistem fat 16 dan 32. Jangan format flashdisk dengan sistem file Ntfs tidak akan terbaca.

Jadi itulah info harga xdj r1 pioneer, kelebihan, kekurangan dan cara penggunaan berdasarkan tes yang Ane lakukan sebentar. Untuk newbie memang alat dj r1 ini cukup membantu, jika sebelum menggunakannya lewat prose seperti diatas.

Belum semua fitur Ane tes ya. Jika kalian yang lebih tahu tentang alat ini silahkan berbagi pengalaman di sini. Silahkan comment. Info lain tentang alat dj controller baca disini.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 01.51

24 comments:

  1. gan mau nanya cara menghubungkan pioneer XDJ-R1 dengan laptop software virtualdj 8 gimana gan
    MOHON BANTUANNYA !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus punya lisence xdj r1 ke virtualdj 8 agar bisa konek..harus beli-- klik menu setup--lisence--pilih xdj r1-- ada harga disitu... Kalau mau beli yg asli pake software lain aja.. misalnya traktor pro

      Hapus
    2. gan kalau virtualdj8 pro bisa nggak dihubungkan dengan xdj r1

      Hapus
    3. bisa..tp kalo yg crack gk bisa

      Hapus
    4. gan software yg paling bagus apa ya selain virtualdj yg banyak digunakan para dj internasional

      Hapus
    5. Untuk Virtual DJ LE serial Numbernya ada di bagian bawah dari controller XDJ R1 tapi hanya untuk 1 bulan saja setelah itu harus bayar

      Hapus
  2. Kalau pakai software yang Crack bisa nggak bang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja..asal jngan virtualdj, mungkin bisa

      Hapus
  3. Traktor Pro 2,Traktor Pro Scratch 2, Virtual DJ 8 bisa di pake mengunakan Pioneer XDJ R1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Traktor bisa..biarpun yang crack version.. ane dah cobain

      Hapus
  4. Bro kalo pakw traktir berarti tidak usah di proses lagi ke recordbox

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu ane nggak perlu sob..hanya saja pas mau di mix lagunya di set dulu.. kadang cue nya nggak pas..

      Hapus
  5. boss cara konek iphone ke r1 gimana yaa ??
    aku sudah download remotebox tp gk bisa sy konek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. via wireless kalau gk salah agar bisa konek ke iphone

      Hapus
  6. om dj, mau tanya
    1.kalau koneksi dj controllernya ke laptop Asus dengan spesifikasi intelcore i3 ram 2 gb ngangkat gak?
    2.itu dj controllernya apakah sudah termasuk fasilitas software yang akan diinstal di laptop ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ram 2gb kekecilan sob.. min 4gb sebaiknya kalau buat mixing lagu. Xdj r1 ada software bawaan yaitu virtualdj Le didalam dosenya.. Tapi suport juga software lain.

      Misalnya Traktor pro 2.

      Hapus
    2. mas bro hendry,aku mau tanya.voxoa S70 bsgus apa gak performance nya,mohon pencerahannya.thanks

      Hapus
  7. Gan, waktu beli pertama di dalam box itu include apa aja ? Dapet ac cable power sama phone holdernya ga ? Makasiih

    BalasHapus
  8. bg hendri.... klo kita pake android seperti samsung apa bisa? coz gak punya ipad... klo bisa download nya di mana ya... mohon pencerahanya..

    BalasHapus
  9. Cara konekin iphon ke r1 gimana gan?! Trus mesti downlod app ya? Nama app yg di iphon apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. download app remotebox kalo buat iphone. TInggal konekin

      Hapus
  10. Bang gimana pakek tempo wide di r1

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.