Home » , » Apa itu genre lagu Tropical House Musik ?

Apa itu genre lagu Tropical House Musik ?

Sepertinya orang - orang sudah mulai lelah telinganya ya ? Dengan lagu - lagu EDM yang keras, ngajak goyang terus. Kini ada Genre musik baru yaitu Tropical House, dan mulai di sukai para pencinta musik. Bagi para DJ di Indonesia memang aliran musik ini belum banyak yang mengenal.

Lantas apa itu Tropical House musik ? Mari kita bahas di article ini. Kemarin Ane cari info tentang ini.


Tropical house musik adalah Sub genre dari Deep House ( Aliran musik yang punya karakter lembut / soft dikuping). Juga menjadi sub genre " House ". Dari informasi yang Ane dapat, Genre lagu ini mulai dikenal pada pertengahan 2013 - 2014.

Yang pertama kali diperkenalkan oleh DJ Kygo pada festival musim panas ( seperti TomorroWord ). Seorang pianis umur 23 tahun dari Norwegian yang bereksperimen membuat lagu house dengan tempo slow, dan akhirnya berhasil diterima pendengar. Bisa dikatakan dari seorang pianis yang terjun ke dunia DJ.

Saat live set show di london pun berhasil memuaskan crowd sebanyak 3000 orang.. Luar biasa.. Padahal lagunya lembek lho..

Asal Nama Genre

Nama genre Tropical House sendiri diawali dari sebuah lelucon oleh Thomas Jack. Dan sejak itu menjadi populer dikalangan para pendengar jenis musik ini.

Suara - suara pada Genre Tropical House adalah gabungan dari Feel genre Trance, Progressive House dengan memanfaatkan sound dari Vst instrumen dan Electro synths.

Ciri dan Karakteristik Tropical House :

Tropical House berbeda dengan deep house. Jika pada genre deep house kesan lagu lebih ke nuansa dark, tapi pada tropical house lebih ke nuansa damai. Seperti menjelaskan suasana suatu tempat dan situasi tertentu. Silahkan dengar suara lagu Dj kygo - Firestone di video.

Contoh lagu :


Instrumen didalam berasal dari suara- suara alat musik tradisional ( world musik inspirasi ). Seperti suara pan flute, steel drum dan lainya yang menimbulkan kesan damai jika mendengar jenis musik ini. Lengkapnya baca disini.

Tempo Tropical House musik :

Bpm rendah kisaran 114 - 126 ( slow tempo ). Beat seperti beat genre lagu house ( Duk tak duk tak ) 4/4 step drum pattern. Sangat berbeda jauh dengan House musik pada umumnya dengan bpm rata - rata 128 - 128.

Jadi begitulah tentang genre lagu Tropical house musik yang kini mulai banyak dikenal orang. Karena lebih easy listen ketimbang electro house yang brisik. Hanya saja temponya rendah, dan sepertinya belum begitu cocok sama crowd Indonesia, jika di mainkan dj club. Kita tunggu saja perkembangannya nanti.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 20.47

3 comments:

  1. mas hendry al makasih udah sharing info mengenai produce2 music,banayk kebantu bgt sama artikel2 nya,check lagu saya mas kalo ada waktu,kebetulan coba main di genre tropical house

    https://soundcloud.com/sidhirzian

    pengen minta saran nya kedepan agar bisa improve lagi mas,keep share ilmu nya yaa

    BalasHapus
  2. klo menurut saya sih tempo untuk tropical house musik itu kisaran 100 - 115 bpm mas, :D

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.