Home » , , » Cara naik turunin channel Rack di dalam pattern Fl 12

Cara naik turunin channel Rack di dalam pattern Fl 12

Saat lagi mengerjakan project lagu di Fl studio 12 atau 11, kadang - kadang posisi channel di dalam pattern yang berantakan posisinya, membuat kita jadi ribet sendiri. Misalnya drum kit. Harusnya rapi penempatan channelnya, sejajar dari atas kebawah khusus drum kit sound semua. Tidak selang - seling dengan channel vst plugin instrument lain. Di bawah akan Ane share tips Cara naik turunin channel Rack di dalam pattern Fl 12. Atau groub channel. Untuk yang belum tahu saja ya..

Dibawah contoh gambar penempatan channel yang berantakan pas sedang bikin lagu, kurang nyaman dilihat mata. Yang mana antara drum kit dan plugin channel letaknya ngacak.

Cara narik turunin channel Rack di dalam pattern

Apalagi jika sudah terlalu banyak channel yang di insert ke pattern, jadi riber dah.. Ane pernah alami ini saat cari suara kick yang tepat. Jadi asal add new channel saja akibatnya tidak rapi dan malah bikin pusing sendiri.

Posisi channel yang rapi tentu akan lebih memudahkan kita saat bekerja di Fl studio 12, karena lebih mudah menemukan channelnya.

Nah .. Ini contoh penempatan channel rack yang rapi. Drum kit dan channel Vst intrument masing - masing sejajar sesuai jenis sound dan tentunya lebih enak dilihat mata.


letak channel yang rapi di fl studio 12


Ada 2 cara untuk mengatur penempatan channel yang di insert di Fl studio 12 atau bahasa gampangnya naik turunin channel rack didalam pattern agar rapi - Mengatur penempatan.

Cara pertama menggunakan tombol Alt :

1. Pilih channel yang akan di atur letaknya

2. Tekan tombol ALT +  Panah atas di keyboard ( Untuk menggeser channel ke atas ), sedangkan untuk bawah tekan Alt + panah bawah.

3. Jika ingin menggeser channel sekali banyak, cukup tekan tombol Shift pas milih channel satu persatu. Kemudian tekan tombol Alt dan tombol panah atas atau bawah.

Cara kedua menggunakan fitur groub channel :

Selain dengan tombol alt bisa juga dengan cara di groub yaitu setelah channel di pilih tekan tombol Alt+ G. Isi nama groubnya. Atau klik tombol seperti pada gambar dibawah. Nama groub akan muncul di sebelah kiri tulisan channel rack yang bertuliskan " All "

Cara mengatur groub channel di Fl 12

Mudah kan ?

Walaupun sebenarnya pada sebagian orang masalah channel vst atau one shout yang berantakan tidak jadi masalah, karena sudah hafal. Tapi, jika letak channel lebih rapi ini akan membuat proses membuat lagu atau remix di Fl studio jadi nyaman. Channel tersusun sesuai groub.

Tips tambahan :

Jika yang masih menggunakan Fl studio 11 kebawah untuk mengatur channel - channel di pattern agar rapi, selain memakai tombol Alt + tombol arah,  bisa juga dengan cara di groub. Hanya saja letak fitur groub channel berbeda dengan Fl 12.  Caranya ?

  • Pilih channel - channel yang akan di groub sambil tekan tombol shift
  • Kemudian klik menu "Channels ", dan pilih "groub selected ( Alt+G ). Isi nama groub tersebut, misalnya Vst Instrument , drum kit, dan lainnya. Sesuai jenis channel. Dengan di groub ini lebih rapi susunan channel tiap pattern.
Dan untuk memunculkan channel2 tersebut cukup pilih di kolom channel display filter yang letaknya paling bawah list channel. Seperti ini.


Cara mengatur groub channel di Fl 11

Jadi seperti itulah cara naik turunin channel rack di dalam pattern Fl studio 12 / groub agar susunannya jadi rapi dan nyaman saat proses membuat lagu atau remix. Sekedar tips saja ya buat teman - teman yang belum tahu. 

Bayangkan saja kalau didalam satu pattern channelnya ada banyak banget yang di load, dan tidak rapi. Pastinya bisa bikin repot. Itulah kenapa di Fl studio di sediakan groub channel dan tombol Alt+tombol arah. Sedangkan untuk channel audio ( fx, vocal, dan lainnya biasanya otomatis masuk ke audio ). Semoga bermanfaat dan selamat di coba.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 02.54

4 comments:

  1. Mau tanya bang. Software untuk ganti key lagu tapi bpm ga keganti apa ya? Makasih bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pake virtualdj 8, di bagian keylock di matikan ( icon gembok)..trus tinggal klik min n plusnya.. letaknya keylock diujung lagu di deck tulisan "key", klik aja ntar ada tombol

      Hapus
  2. [OOT]
    Bang Hendry, Nexusnya order dimana bang? atau downloadkah? link dong bang, dapat yang survey nan hoax terus. huhu

    #thanksbefore

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli dulu ma bule..pake paypal..susah emang kalo gratis pad nipu link download nexusnya..

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.