Home » , , » Solusi Burn CD audio tapi judul lagu tidak terbaca di alat DJ

Solusi Burn CD audio tapi judul lagu tidak terbaca di alat DJ

Selesai di burn masalah judul lagu tidak terbaca di alat dj manual dulu pernah Ane alami waktu masih memakai cdj 1000, format cd audio. Jadi yang terbaca hanya track saja. Padahal mode cd text sudah di aktifkan di alat. Tetap saja judul lagu tidak muncul. Ini bisa bikin keder juga bagi dj saat main. Nah.. Kenapa bisa begitu.. ?

Ternyata masalahnya sederhana, yaitu ada fitur cd text di software buat burn cd audio belum di aktifkan. Atau bisa jadi text mode di cdj belum di pencet.

Bagaimana agar cd audio lagu terbaca judulnya di cdj player ?

1. Pastikan dulu lagu tersebut memiliki data Tag, didalam file ( propesties lagu ).

Harus dibuat dulu menggunakan software mp3 taq atau jika render dari Fl studio dibagian "option - project info ", isi judul dan artis. Maka hasil render pada lagu akan terdapat properties lagu tersebut.

Lihat gambar dibawah cara untuk memberi text judul lagu didalam file.

cara membuat tag properties pada lagu dj pake fl studio

Baik format wav atau mp3 bisa di isi tag lagu di Fl studio dibagian project info. Perlu di ingat bahwa Tag lagu berbeda dengan nama file. Taq lagu adalah descripsi dari lagu itu sendiri yang berada didalam file lagu.

Jadi sebelum di burn jika lagu tersebut belum ada tag, sebaiknya di buat dulu. Dengan cara di atas.

2. Aktifkan fitur CD Text pada software untuk burn lagu.

Sebagai contoh jika menggunakan software Nero burning room, Cara aktifkan pada saat klik burn, klik tab "Audio cd ". Kemudian centang cd text. Di bagian kolom isian kosongkan saja, karena nanti setelah jadi cd audio otomatis mengikuti text pada tag lagu.

Solusi Burn CD audio tapi judul lagu tidak terbaca di alat DJ
Nero burning room ultra edition

Jika belum punya silahkan download disini.

Biasanya setiap software burn untuk audio cd terdapat option cd text ini. Tapi yang lebih penting adalah pastikan bahwa lagu yang akan di burn memiliki Tag didalam file. Bukan hanya nama filenya.

Membuat Tag lagu juga bisa dilakukan dengan software untuk burn lagu secara manual. Misalnya di Nero didalam project burn cd audio. Caranya ?

Klik kanan lagu yang akan di edit judul dan nama artisnya. Karena biasanya di software burn akan dibaca kebalik. Misalnya kolom judul jadi artis dan kolom artis jadi judul lagu. Jadi mesti di edit manual.

Begini detailnya cara edit text properties lagu:

Double klik lagu atau klik kanan didalam list lagu yang akan di burn ke cd audio. Makan akan muncul menu seperti gambar dibawah :

cara edit properties pada lagu dj
Audio properties per lagu

Cukup ketik dan isi sesuai kolom, dari judul lagu dan artist. Maka setelah di burn,  nanti jika di masukkan ke dalam cdj player maka judul dan artis akan terbaca normal.

Dan bukan hanya di cdj player manual saja lho.. Taq lagu akan terbaca juga di dj controller lain, jika mp3 lagu tersebut di copy ke usb. Jadi Tag lagu ini sangat penting.

Jadi intinya sebelum burn cd audio buat kalian yang kadang masih memakai cd untuk perform selain mp3 usb, dan mengalami masalah judul lagu tidak terbaca di alat cdj, solusinya adalah seperti diatas. Mudah bukan ?

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 17.59

2 comments:

  1. Om hendry mau tanya nih. Ane punya flashdisk 8GB yang kira kira udah dipake di cdj 3x an (saya mainin lagu pake fd), pas dicolokin ke cdj keluar tulisan "Format File" (atau Format USB saya lupa) itu kenapa ya? Saya udah coba format tu fd tapi tetep ga bisa (quick format & full format udah coba tapi hasil tetep sama). Sementara ane punya fd 2GB yang umurnya sekitar 7 tahun tetep bisa detect di cdj. Mohon bantuannya om, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dah rusak itu fdnya..solusi ketik aja di google " perbaiki flashdisk minta format ", emang sering gitu kalo buat dipake main.. pake aja Fd yg 4gb aja.. merk selain kingston pokoknya..

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.