Home » , , » Video Cara merubah pitch vocal di Fl studio 12 yang mudah

Video Cara merubah pitch vocal di Fl studio 12 yang mudah

Dalam membuat lagu atau remix kadang - kadang kita perlu mengolah data vocal agar jadi unik suaranya. Atau merubah pitch dari suara rendah ke tinggi. Hasilnya bisa digunakan untuk bahan suara lead atau melody ( biasanya menggunakan vocal pendek dari sample. Teknik merubah pitch di Fl studio bisa dinamakan Pitch shift atau time stretch. Dan cara yang mudah untuk merubah pitch vocal di Fl studio yang mudah bisa menggunakan audio editor Edison.

Di Edison  terdapat namanya pitch shifter. Tool ini sudah ada di Fl studio dan tiap versi ada, jadi tidak perlu install lagi. Dengan pitch shifter kita bisa merubah sebuah dari suara rendah ke tinggi atau sebaliknya. Tergantung kebutuhan saat mengerjakan project lagu.

Cara merubah pitch vocal di Fl studio 12 sangat mudah, ikuti langkah ini :

1. Buka tool audio editor Edison, letak ada di sebelah kanan atas ( gambar gunting ) di Fl studio.

2. Drag data vocal dari file browser, yang akan di edit ke Edison. Atau klik gambar diskette di sebelah kiri Edison dan pilih load samples.

3. Klik gambar kunci inggris dan pilih time stretch / pitch shift. Atau klik kanan di area tengah Edison pilih tool.

Cara merubah pitch vocal di Fl studio 12 yang mudah

4. Selanjutnya tinggal atur pitch dengan cara geser ke kanan atau kiri pengaturan pitch coarse, seperti pada gambar diatas.

5. Untuk pengaturan method biarkan saja di e2 speech atau ubah saja jika kurang bagus hasil suaranya.

Penting sebelum klik tombol accept !!

6. Klik tombol preview untuk dengar suaranya. Jika sudah yakin seperti apa pitch yang di inginkan baru klik accept. Silahkan experiment sendiri.

Harap di ingat pitch dengan tune berbeda Ya. Merubah pitch biasanya tidak merubah key / nada suara. Jadi yang berubah hanya frekuensi suaranya, rendah atau tinggi. Teknik pitch shift bisa dikatakan untuk modifikasi vokal.

Untuk merubah key ( nada dasar pada suara vocal ) silahkan baca article ini : cara merubah key pada lagu, tanpa merubah tempo.

Lihat video Cara merubah pitch vocal di Fl studio 12 yang mudah di bawah ini :


Jadi begitulah caranya untuk merubah pitch suara vocal ke tinggi atau rendah di Fl studio 12, memakai audio editor Edison. Silahkan di coba buat Ente yang ingin membuat suara - suara yang unik buat bahan bikin lagu sendiri. Otak atik saja tombol di edison.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 03.10

5 comments:

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.