Home » , , » Plugin The Glue ternyata bagus, simple dan mudah digunakan untuk mastering lagu

Plugin The Glue ternyata bagus, simple dan mudah digunakan untuk mastering lagu

Sudah jadi tugas seorang musisi yang suka mixing dan mastering lagunya sendiri, tentu suka testing plugin - plugin agar dapat yang bagus. Termasuk Ane. Karena begitu banyak plugin Fx di luar sana yang bisa di gunakan, ini tentu membuat kita jadi banyak pilihan. Bagus apa tidak ? Butuh saran dong.. Dari yang pernah menggunakan plugin tersebut.

Kali ini Ane sedikit berbagi pengalaman tentang plugin the Glue produk dari CytomicGI yang sudah Ane tes untuk mastering dan mixing instrument pada lagu yang ane kerjakan. Plugin The Glue ternyata bagus, simple dan mudah digunakan. Hasil lagu setelah di render, ajiiip..

Plugin The Glue ternyata bagus buat mixing dan mastering lagu

Apa itu The Glue plugin ?

The Glue adalah analog model kompresor plug-in berdasarkan big console buss kompresor klasik 80 Inggris dengan beberapa fitur tambahan. Menggunakan algoritma kualitas tinggi yang sama digunakan dalam paket simulasi sirkuit tetapi di optimalkan untuk penggunaan real time. Simple, cepat dan mudah digunakan dan memiliki antarmuka rapi. Penjelasan lengkap silahkan baca di sitenya.

Maksud real time adalah saat menggunakan plugin the glue ini, kita bisa mendengarkan langsung hasilnya pada lagu. Dengan kata lain, sambil play lagu sambil melakukan pengaturan lewat tombol - tombol yang ada. Seperti plugin effect lainnya yang sejenis,

Download plugin the glue disini , bagi yang mau mencoba. Tersedia untuk windows dan Mac Os.

File size kecil hanya 5mb. Interface pun simple tidak banyak tombol, tapi kerjanya bagus dalam hal kompresi suara instrumen.

Glue jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia artinya "perekat, menempelkan, merapatkan ".

Dan pengaruh pada suara lagu berdasarkan yang Ane dengar, instrumen pada lagu kesannya menyatu, padat. Jadi masalah lagu yang kadang terdengar kurang menyatu instrumen-nya bisa diatasi dengan plugin the glue ini. Hasilnya pada lagu pokoknya enak deh.. hampir mirip kualitas studio kelas dunia. Coba aja...

Cara penggunaan the Glue di Fl studio 12 :

Setelah di install Plugin ini Ane letakkan di master mixer, dan juga tiap single instrument. Di master mixer cukup gunakan preset mastering, selanjutnya dengarkan hasilnya, dan lakukan pengaturan jika kurang. Misalnya dengan cara menaikkan tombol "make up ", threshold. Atur saja sampai dapat yang enak.

Untuk single instrumen misalnya buat mix channel piano, cukup tambahkan saja effect plugin the glue ke mixer piano. Kemudian load preset, cari piano. Begitu juga dengan single instrumen lainnya.

Bingung ? Tidak tahu cara set single instrumen ke mixer Fl studio !!

Baca article ini : cara set channel ke mixer fl studio


Preset bawaan plugin the Glue:

Setelah Ane check ternyata lumayan banyak preset pengaturan bawaan yang disediakan. Jadi bisa langsung kita gunakan untuk mix suara instrument. Preset untuk setting suara drum, gitar, vocal, string, piano, dan lainnya. Seperti gambar di bawah :

Preset the glue plugin bawaan
Preset the glue siap pakai

Lengkap deh pokoknya. Agar lebih mudah memakainya, tapi tetap harus didengarkan juga. Soalnya belum tentu pas sama karakter instrumen lagu kita.

Dan ternyata setelah Ane check dj producer terkenal seperti Hardwell juga memakai plugin the glue juga saat dia mastering. Jelas dong berarti memang plugin ini ajiip..

Cara install plugin Cytomic the Glue di Fl studio :

Cukup install ke folder vst plugin tempat Ente biasanya install plugin lainnya. Tergantung pengaturan folder di komputer ente. Secara default biasanya di C:\\Program files\vst plugin.

Atau di C:\Program Files (x86)\Steinberg\VSTPlugins

Karena the glue merupakan vst plugin jenis Fx seperti plugin waves, jika di install di Fl studio 12 maka cara memunculkan letaknya ada di bagian menu ADD - Effect - more plugin - centang the glue. Atau bisa juga dari bagian slot fx.

Untuk menampilkan di daftar plugin agar rapi baca di : Memasukkan plugin baru Fl 12

Jadi intinya buat kalian yang sedang mencari plugin yang simple dengan hasil yang optimal untuk mixing / mastering lagu, plugin the glue bisa jadi pilihan. Instrumen lagu akan terasa lebih menyatu.

Enteng tidak bikin berat komputer. Ane sudah coba. The glue plugin bisa menahan suara - suara instrument yang over / peak. Karena the glue merupakan compressor juga. Coba saja sob... Ane cuma kasih informasi saja.. Apa saja kelebihan plugin ini setelah dicoba bisa tahu detail, langsung tes saja.

Ane recommended banget plugin the glue bagus, simple, dan mudah digunakan pokoknya. Buat mixing atau mastering. Bisa digunakan double sama plugin lainnya.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 06.09

2 comments:

  1. bro mau tanya gluenya ga full versi ya? mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya nggak kalau nggak beli disitenya langsung..cobain dulu aja demonya

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.