Home » , , » Cara convert loop samples melody ke piano - step Fl 12, copy midi

Cara convert loop samples melody ke piano - step Fl 12, copy midi

Waktu itu ada yang bertanya sama Ane.
Bro gimana ya ane pengen ambil step melody di loop samples ke piano roll Fl studio, biar gampang tidak repot bikin sendiri ?

Terus mau di pake buat lagu yang alagi di garap.. Okh ya ya.. Memang sih cara gampangnya kalau tidak mau ribet bikin melody bisa nyontek step dari loop samples. Cara convert loop samples ke piano roll di Fl menjadi step ( midi ) sangat mudah.. Gini caranya :

Langkah - langkahnya :

Sebelumnya pastikan dulu bpm project di Fl sama dengan bpm loop samples, agar pas barnya di piano roll.

1. Drag loop samples yang akan di convert ke play list ( panjang loop biasanya 4 - 8 bar ) dengan  format file adalah wave

2. Siapkan channel target yang akan digunakan untuk menerima step hasil convert. Misalnya Fl keys, harmor, Sylenth dan lainnya. Sound nanti bisa di rubah - rubah sesuai keinginan.

3. Klik dibagian depan samples, kemudian pilih "Pitch-Correct samples "

cara copy midi loop samples

4. Secara otomatis akan masuk ke Tool Newtone. Di tool ini kita bisa ubah juga susunan nadanya jika perlu. Nah di new tone klik di tombol ini. Send to pianoroll / copy midi to clipboard.

Cara convert loop samples melody ke piano - step Fl 12, copy midi


Tombol itu digunakan untuk send ke piano roll ke channel target. Gambar di atas ane send ke channel harmor, dan selanjutnya tinggal setting sendiri keluaran suaranya di pengaturan vst plugin yang ene gunakan.

Ok.. ? 💁

Mudah kan ? Cara convert loop samples melody atau loop jenis lainnya ke piano roll jadi step untuk di pakai di projekan lagu.

Dengan cara ini seorang newbie bisa lebih mudah otak atik sendiri hasilnya agar jadi beda dikit. Atau tak perlu di rubah, yang penting suaranya beda. Karena nanti suaranya pasti beda, sebab pastinya susah untuk cari sound yang sama dengan loop samples aslinya yang di convert.

Jangan lupa setelah file loop di convert menjadi midi, hasilnya di piano roll di edit lagi jika kurang bener. Silahkan coba sob.. Bikin lagu jadi mudah tapi jangan lupa kreasi sendiri juga.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 07.14

4 comments:

  1. Gan saya mau tanya bedanya Progressive house dimaikan DJ sekarang sama Progressive house yang ada di Beatport tolong jawab
    Apakah Progressive house ada sedikit hubungan ke bigroom

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja sob.. dj skarang mainin progressive komersil style edm..nah yg di beatport juga ada. Tapi ada juga progressive house yang style dark, biasa di mainkan dj stadium, miles dulu.

      perbedaan hanya pada style musiknya.. rame or dark/deep.. bigroom hampir mirip progressive menurut ane hanya beda pada karakter kick dan unsur melodynya

      Hapus
  2. Gan Vst/pack yang biasa dipake buat bikin Suara yg unik kayak future bass apa ya?

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.