Home » , » Fungsi preset Lead dan Pad pada setiap plugin,

Fungsi preset Lead dan Pad pada setiap plugin,

Kali ini ane akan membahas tentang isi preset pada plugin - plugin yang biasanya sering kita lihat ketika membuka vst plugin. Dan ini sering kali di tanyakan tentang fungsi - fungsinya. Untuk apa tepatnya ? Karena bunyinya beda - beda. Bagi yang awam ini sering membuat bingung dan kadang salah penggunaan. Pada postingan ini Ane coba bantu menjelaskan fungsi - fungsi standarnya.

Preset bisa di artikan adalah kumpulan setingan suara hasil dari design sound default / init. Yang kemudian di simpan dengan nama tertentu oleh para sound designer di kumpulkan menjadi soundbank kemudian di jual.

Fungsi preset Lead dan Pad pada setiap plugin,

Fungsi preset lead, pad , pluck pada setiap plugin :

1. Fungsi preset Lead

Biasanya cirinya tulisan " LD - nama preset )

Ini biasanya digunakan untuk membuat suara melody yang biasanya bunyinya pendek, juga panjang. Tergantung dari pengaturan preset lewat tombol - tombol pada plugin. Contohnya pada plugin Sylenth jika tool portamento aktif maka bunyinya jadi mengayun.

Pada lagu lagu electro house, style sekarang ini kebanyakan menggunakan suara dari preset Lead yang bunyi suaranya panjang.

Contohnya lagunya Showtek - Booyah.

Jadi jika kita ingin membuat melody lebih baik gunakan preset Lead.

2. Fungsi preset Pad ( PD )

Pad dalam bahasa Indonesia berarti bantalan. Di dalam musik bisa di artikan sebagai pelapis / melapisi, mengiringi, memperindah, dan lainnya.

Fungsi pad adalah agar instrumen pada lagu feel lebih terasa, juga agar lagu lebih padat instrumennya. Apalagi lagu sekarang suara - suara yang berasal dari preset pad lebih terdengar menonjol.  Contohnya pada genre lagu progressive house ( Hardwell, alesso, dan lainnya ), Trance, psy trance.

Dan genre lagu lainnya selalu menggunakan suara - suara dari preset pad.

Ciri bunyi pad adalah suaranya tipis biasanya berasal dari suara string, keyboard, lebih dominan frekuensi high.

Jadi jika kita ingin lagu ada suara - suara kaya string tipis cari suara di bagian preset PAD.

3. Pluck ( PL )

Pluck biasanya di gunakan untuk membuat rhythm dan juga kadang untuk bahan membuat melody. Tapi tergantung dari karakter suara pluck tersebut, dan tergantung juga musisinya soal penggunaan suara pluck. Ane sendiri di tiap lagu selalu memakai suara preset pluck.

Contohnya lagu ini :  Genre progressive house ( dark )


Di bagian awal pada lagu di atas, ada suara pluck untuk chord dasarnya, plus suara pad yang tipis agar lagu terdengar lebih indah dan terasa feel-nya.

Buat kalian yang ingin membuat lagu Edm atau pun Trap Ane rasa bahan - bahan suara dari preset di dalam vst plugin yang kalian punya untuk nama preset tidak beda. Hanya saja karakter suaranya saja yang berbeda dan harus di sesuaikan.

Nama plugin untuk bikin lagu edm di sini

Jadi itulah fungsi lead, pad, pluck pada setiap plugin. Ini mungkin bisa jadi jawaban buat Ente yang kadang tanya. Bang bikin melody pake suara apa ya ?

Bikin chord / rhythm pake yang mana ya ?

Jawabannya seperti di atas yaitu bisa pake suara di preset lead, pluck yang mana di setiap Vst plugin selalu ada keterangannya. Tinggal pilih suara yang pas dan tepat. Meskipun proses mencari bahan suara yang pas untuk karakter lagu yang sedang dibuat butuh waktu yang kadang lama. Tapi agar hasilnya puas mau tidak mau mesti dilakukan.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 05.59

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.