Home » , , » Trik Fl studio 12 : Cara membuat Automation plugin tambahan

Trik Fl studio 12 : Cara membuat Automation plugin tambahan

Yang ane maksud automation plugin tambahan adalah vst plugin yang bukan bawaan Fl studio 12 ( default ).  Artinya kita install plugin baru. Contohnya plugin Nexus atau sylenth1 ini tidak ada di Fl studio jadi harus di download dan install sendiri. Nah masalahnya plugin dari luar ini tidak bisa di klik kanan pada tombol pengaturannya untuk proses otomatis, misalnya untuk proses low ke high frekuensi.

Berbeda dengan plugin bawaan yang bisa di klik kanan tombol untuk memunculkan menu automation. Ada trik atau cara automation plugin tambahan di fl studio yang harus kita ketahui.

Berikut ini cara membuat automation plugin tambahan di fl studio :


1. Melalui option browse parameters

2. Dengan option last tweak

Ok kita bahas satu persatu caranya dari kedua cara di atas agar lebih mudah.


1. Cara automation plugin tambahan dengan brows parameter

Cara ini cukup simple dilakukan yaitu dengan cara klik menu sebelah kiri ( tanda panah bawah ) channel yang akan dibuat automation proses yang diinginkan. Lihat gambar

cara automation plugin tambahan di Fl studio 12


Selanjutnya klik tombol target yang akan dibuat automationnya. Jangan lupa harus tahu dulu mau kayak gimana nantinya.

Lihat di sebelah kiri file browser Fl studio 12, akan terlihat control fungsi plugin. Klik kanan controlnya kemudian create automation clip. Lebih lengkapnya lihat video di bawah ini :

Video contoh proses automation clip plugin sylenth1 ( plugin ini bukan bawaan Fl )




2. Cara automation plugin tambahan dengan "last tweak

Last tweak ini adalah proses terakhir yang pernah kita lakukan di Fl studio.

Cara ini lebih mudah ketimbang dengan browser parameter yang penting sebelumnya kita harus lakukan proses awal dulu. Misalnya menggerakkan tombol plugin control filter, dengan begitu last tweak akan membaca proses tadi dan merekam sebagai proses.

Jadi ketika kita klik dibagian menu last tweak akan terbaca dan bisa langsung membuat automation clipnya dengan mudah , seperti video di atas.

Ok.. Silahkan di coba cara membuat automation clip plugin tambahan di Fl studio 12 atau pun versi sebelumnya. Karena ini sangat penting agar proses mixing sound lebih bagus, dan juga lebih membuat suara instrumen lagu kita menjadi berbeda dengan yang lain. Unik  pokoknya dah..

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 01.44

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.