Home » , » Cara menggunakan pitch bend Virtual DJ

Cara menggunakan pitch bend Virtual DJ

Lanjut lagi bro tentang cara nge-dj memakai virtualdj software pada bahasan yang berbeda yaitu Pitch bend. Kalo ente memakai virtualdj pasti menemukan tombol pitch bend. Apa sih fungsinya? Ok, article kali ane akan bahas tentang fungsi  dan cara menggunakan pitch bend. Tapi perlu di ketahui bahwa tidak semua skin virtualdj mempunyai tombol pitch bend. Yang mempunyai tombol ini adalah skin di bawah ini:

1. DN - S3500 suggestion internal mixer
2. Lab Mix v.3.1
3. Mix station SV
4. Denon S-1200
5. V-mix variation
6. VirtualDJ default skin (all)
7. Pioneer mep-7000 (untuk vdj v.6 - 7 )

Silahkan lihat di best skin for virtual dj untuk skin vdj yang lainnya dan sudah ane pisah untuk categori internal mixer dan external mixer.


Apa itu pitch bend ?

cara menggunakan pitchbend di virtualdj

Tombol di vdj yang digunakan untuk menyamakan Pitch / beat yang belum sama ketukannya antara lagu pertama dan lagu kedua walaupun bpm sama. Jika ente klik pitch bend nilainya sekitar 1/2 - 1 beat.

Bagaimana cara mengunakan pitch bend?

Ini tergantung pada lagu yang akan kita samakan ketukannya, tapi sabagai patokan  yang harus kita samakan ketukannya menggunakan ptich bend adalah lagu kedua. Jika lagu kedua ketinggalan maka yang harus ente lakukan adalah klik tanda " + , min. Jika lagu kedua lebih klik tanda " - , dengar melalui headphone (set ke cue phone) sampai ente yakin beat dah sama. Atau bisa dengan melihat dari wav display di atas.

Kan udah ada "sync ? yup betul.

Pengalaman ane memakai virtualdj, tombol sync tidak selalu membuat beat antara lagu pertama dan kedua sama ketukannya (kecuali bpm-nya). Jadi di sempurnakan menggunakan Pitch bend. Sama dengan ketika ente memakai cdj player pionner cdj ,100, 400, 800, 1000, dan alat lainnya yaitu ente mesti menggerakkan jogwell /dial dengan menekan lubang bulat kecil di samping vinyl, maju atau mundur, untuk mengejar atau menyamakan beat..

Yang belum pernah memakai cdj player jangan di pikirin, bayangin aja..hehe..

Untuk lebih detailnya cara menggunakan pitch bend silahkan lihat video using pitch bend di video process making mixtape, lihat pada durasi 1.45 menit. Dalam video tersebut memakai skin denon s-3500 karena lebih simple dan mudah digunakan download di sini skin vdj denon.

Oke bro..

Jadi intinya tombol pitch bend di virtualdj di gunakan untuk menyempurnakan ketukan/ beat kedua lagu d deck A / B. Ini kita lakukan jika ketika kita Sync, beat belum sama. Jika sudah sama ane pikir gak perlu.. Oke bro, gimana menurut ente ? selamat mencoba dan silahkan comment.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 15.36

2 comments:

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.