Home » , » Apa itu BPM di dalam musik dan cara menghitung

Apa itu BPM di dalam musik dan cara menghitung

Apa itu bpm : Gak terasa ane dah seminggu gak nulis dan berbagi buat teman-teman semua lagi di blog ini tentang seputar deejaying. ya wes langsung aja deh..kali ini w mo share tentang BPM yang mungkin para master dj and teman-teman semua yang lagi belajar menjadi dj and yg memakai dj software kaya virtual dj atau memakai hardware cdj 800, 1000 and lainnya, pasti sering melihatnya. Pasti selalu ada tulisan bpm xxx.

Ane tidak bermaksud ngajari apa mengurui ya. Ini cuma share dan sekedar buat pengetahuan buat ente yang lagi belajar menjadi dj. Buat ente yang sekolah dj pasti di ajari kalo gak ya kebangetan gurunya..he.he

Apa itu BPM di dalam musik dan cara menghitung

Jadi apa itu BPM?

Sebenarnya bpm adalah singkatan dari BEAT PER MENIT. Atau lebih jelasnya lagi bpm adalah jumlah ketukan suatu lagu dalam satu menit " DUK TAK DUK TAK" basicnya adalah 4/4 beat. Setiap genre musik mempunyai bpm yang berbeda, contoh lagu house memiliki rata-rata : bpm 128. Pengen tahu?

Cara mengetahui/hitung berapa bpm lagu (beat counting)


Kalau pake software coba ente putar lagu house pake windows media player atau yang lainnya yang gak munculin bpm. Jangan pake virtual ya.. Karena di vdj dah ada. Ente putar lagunya terus Coba ente itung "duk Tak Duk Tak nya" selama satu menit, jumlahnya berapa? jika duk-nya 64 berarti "tak"-nya 64 jadi bpm-nya 128. jadi 64 x 2 = 128 -- kalo 65 tinggal kalian aja 2:

Kalau genre music house biasanya selalu genap. Beda ma genre tribal, or trance.

Baca di sini : List bpm tiap lagu dj


Untuk cek apakah benar atau tidak hitungannya silahkan gunakan software virtual dj 8 atau yang lain yang bisa memunculkan / hitung bpm dengan tepat.


Untuk latihan menghitung bpm manual ini sebaiknya gunakan lagu yang temponya rendah. Contohnya genre lagu Deep House bpm 122 - 124.  Atau genre lagu Hip hop / trap bpm 70 - 100. Tujuannya agar lebih mudah menghitungnya ketimbang lagu dengan bpm 128.

Di setiap dj school biasanya di ajarkan cara menghitung bpm dengan lagu yang bpm rendah.

Pengen paham cobain saja itung (pake jari tangan). Penting gak penting sih sebab jaman dah semakin canggih aja. Dj equipment sekarang sudah ada nilai bpm-nya jadi kita makin gampang, beda alat jaman dahulu. Ini sekedar pengetahuan aja. 

Kan lucu Dj kok gak tahu apa itu bpm. Pengen tahu tentang ciri-ciri genre/style music bedasarkan bpm-nya baca aja disini (perkiraan). 

Ya sudah itulah info tentang apa itu bpm dan cara menghitung sendiri secara manual tanpa software. Molor dulu ah..ngantuk oi..Lanjut besok plend...szzzssttt. Menjadi dj itu mudah hanya terkadang kita membuatnya menjadi sulit. your are Dj.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 06.40

8 comments:

  1. info bagus nambah pengetahuan saya baru taw juga BPM maklum bkn anak musik he3...

    BalasHapus
  2. thanks bro ilmunya,walaupun gua gak anak dj tapi semua jenre itu sama gak ada perbedaa'an,,jadi bisa dibilang BPM itu satuan dari tempo ya bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap genre lagu beda temponya aja.. tp tetep punya ketukan yang bisa dihitung jumlah beatnya

      Hapus
  3. Kalo misalnya lagu funkot kan standar aslinya 90/180 bpm suhu terus kalo mau menghitung bpm lagu downbeat gimana suhu ? Kan klo db bpmnya 130/135 standarnya??

    BalasHapus
  4. mau nanya dong. bpm dan tempo sama gak ? kalo beda apa bedanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja sob.. bpmnya itu nilai temponyaa

      Hapus
    2. Maaf saya mau nanyak ni
      Di saat lagu di play, dan mau di mixing kok bisah pas ya masuk lagu nya, itu gmna cara nya

      Hapus
    3. Harus di framing dulu sebelum di mixing lagu2nya. Cara gampangnya adalah dengan di play di virtualdj dulu tes mix dulu. dengarkan bagian bagian ujung tiap lagu.

      Kira-kira pas atau tidak jika dipasangkan dengan lagu kedua. Jika tidak pas ganti lagu lain. Karena tiap lagu ada pasangannya. Perhatikan juga key lagunya

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.