Home » , » Cara mix lagu di virtualDJ 8 untuk pemula

Cara mix lagu di virtualDJ 8 untuk pemula

Cara mix lagu di virtualdj 8 ini untuk pemula, bagi yang sudah tahu abaikan saja postingan ini. Karena masih banyak sekali para newbie yang belum tahu bagaimana menggunakan aplikasi virtualdj untuk mix lagu,  jadi postingan ini ane buat kembali. Yang sebelumnya sudah pernah ane bahas pada postingan : ngedj dengan virtualdj versi 5, yang sekarang versi 8 terbaru yang tampilan dan feature lebih bagus.

Langkah mix lagu di virtualDJ 8 untuk pemula

Sebelum mix lagu di virtualdj 8 ini langkah-langkah yang harus kita ketahui :

1. Gunakan virtualdj versi home dulu

Software Virtualdj ada yang berbayar dan yang gratis, jika sekedar untuk iseng mix lagu di rumah lebih baik gunakan yang VirtualDJ versi home. Karena meskipun versi gratis sudah cukup untuk latihan di rumah. Silahkan baca perbedan antara virtualdj pro dan home. Untuk download software virtualdj home di sini. Setelah di install set ke 2 deck tampilan saja agar lebih mudah.

2. Pengaturan soundcard

Agar bisa mix lagu dengan sempurna kita harus melakukan pengaturan soundcard ( sound setup) tujuannya adalah agar bisa mendengarkan lagu yang sedang di mix di headphone dan speaker. Cara pengaturan soundcard di virtualdj home baca di article : Setting virtualdj 8 untuk mix lagu, dan informasi soundcard.

3. Lagu khusus buat di mix

Untuk mix lagu di virtualdj 8 agar mudah harus menggunakan lagu yang khusus untuk dj mix dimana lagu-lagunya masih ada intro dan autro. Bagian awal yaitu intro lagu biasanya hanya berisi beat standar atau beat kosong dan nada musik lainya pada intro. Contoh lagu yang bagus untuk di mix remixan Ane :



Di bagian intro lagu ini khusus untuk start mixing ketika lagu pertama akan habis, dan di bagian akhir / autro untuk di mix lagu berikutnya. Jangan gunakan lagu-lagu mp3 yang beli di pinggir jalan karena biasanya sudah terpotong

4. Headphone buat dj mix
Headphone untuk dj perform

Ada banyak sekali merk headphone untuk dj yang jual seperti : Clarion pioneer dj 1000, Technic, Dr beat, Aiaiai Tm-1 dj beatpbort, Numark Hf-150, Hdj 500, Pioneer hdj 2000, dan lainnya dari harga yang standart dan tinggi. Headphone pro dj ini digunakan untuk memonitor suara lagu yang di mix agar kedua lagu sync sebelum di keluarkan ke speaker. Yang jelas jangan gunakan headphone biasa seperti yang di warnet harga 25rb...hehe,

5. Speaker monitor

Bagian ini sangat penting sekali dari jenis speaker dan penempatan agar nyaman saat di telinga. Usahakan gunakan speaker monitor yang bagus yang keluaran suaranya detail, pada Low, Mid, Hight, biasanya type speaker flat seperti merk Krk, Esi near, dan lainnya jika punya buget. Baca info speaker monitor article. Atau type speaker monitor khusus live, bebas yang penting ada suaranya..:)

6. Memulai mix lagu di Virtualdj 8 home.

Setelah semuanya siap selanjutnya memulai proses mix lagu di virtualdj 8, dan karena ane belum membuat video cara mix lagu memakai virtualdj 8, sementara lihat video cara bikin mixtape dengan virtualdj 5 di bawah ini, karena sebenarnya sama saja prosesnya :

Video 1 :

Ini video tentang bagaimana membuat mixtape / lagu nonstop di virtualdj, pastikan semua langkah di atas sudah terpenuhi.  Untuk skin tampilan abaikan saja karena skin itu kurang support dengan virtualdj 8. Gunakan skin bawaan saja jika ingin mencoba mix lagu.

Video 2 :


Proses mixing lagu sama saja dengan memakai virtualdj 5 seperti pada video di atas, yang penting adalah timing dimana harus melakukan perpindahan lagu. Untuk lagu khusus dj biasanya pada durasi lagu 1 menit harus sudah pindah lagu. Dan 2 menit lagu akan habis harus sudah mulai mixing lagu kedua agar tepat. Tapi tentu harus cek dulu lagu yang akan di mixing di bagian manakah harus memulai mixing.

Oke, itulah cara mix lagu di virtualdj 8 untuk pemula, harap sabar dan pelan-pelan pelajarinya, jangan pedulikan prosesnya, tapi hasilnya. Agar lebih paham baca semua tutorial virtualdj disini : Kumpulan tutorial virtualdj untuk pemula. vdj versi dan 7. Sama saja penerapannya, mungkin hanya beda letak tombolnya.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 18.29

7 comments:

  1. masih bingung bngt sma virtualDJ klo ga lgsg prktek

    BalasHapus
  2. kalo ane gak pake headphone aja dah biasa ganu, jenis lagu yg udah gw mashup & remix: EDM, TRANCE, TRAP, DUBSTEP gan. tapi ttp keren kok postingannya. buat pemula ini udah yg paling mudah nih. jgn sampe ga tau ya !!.

    BalasHapus
  3. keren tapi ada gak cara biar bisa mixing 4 dex

    BalasHapus
  4. Pusing kpla... klo ngga praktek....

    BalasHapus
  5. terima kasih info nya ya.... mudah mudahan saya bisa

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.