Home » , » Cara membuat lagu dj dan ngeremix

Cara membuat lagu dj dan ngeremix

Yup, Ketemu lagi sob di blog dj tempat gw terus belajar , juga sharing ini setelah beberapa minggu tidak update maklum ada kesibukan sedikit ngerjain pesanan nge-remix lagu. well, gw pikir poin bagaimana menjadi dj sudah di tulis di article sebelumnya ya.. Silahkan baca di postingan cara menjadi dj jika yang belum baca. Article kali ini tentang membuat lagu dj dan nge-remix lagu yang mungkin lo pernah baca di forum-forum diskusi soal musik.

Well, langsung saja kita mulai tentang membuat lagu dj.

Katanya bro seorang dj walaupun sudah bisa mixing atau katakanlah sering perform di club, akan tetapi jika dia belum bisa bikin lagu sendiri, nge-remix atau ngedit/mashup lagu rasanya belumlah Perfect.

Karena menurut gw dan teman-teman lainya, perform dengan membawakan lagu buatan sendiri, remixan,edit, rasanya lebih puas ketimbang selalu memainkan lagu orang.

Ok.. Apa saja yang di perlukan untuk membuat lagu dj??


1. Musik Skill

 Yang ini sudah tak asing lagi ya, selain memang bakat tentang musik juga dapat kita peroleh dengan belajar pada orang lain yang lebih bisa. Kadang juga belajar sendiri (otodidak), bakat bukan utama yang penting punya kemauan untuk bisa. Setuju?

2. Software Daw

Nah untuk bagian ini silahkan baca di dj software, apa saja sih software yang pake para dj untuk membuat lagu. Kalo gw terus terang Pake Fl-studio (fruityloop) karena dari dulu memang sudah biasa dan cinta banget..hehe. Menurut gw Fl studio lebih lengkap kalo udah paham.

Lihat video cara mengunakan Tool di fl studio untuk pemula tentang gambaran apa aja fungsi komponennya.

3. Gear/Hardware

Ini mencakup peralatan sound sistem yang mendukung dan juga alat musik yang lain. Tapi tidak usah khawatir jaman sekarang makin canggih tanpa alat musik pun kita sudah bisa membuat lagu dj yaitu pake software di tambah vst plugin (virtual studio teknologi). Karena yang kita buat adalah jenis music electronik.

Jenis music electronic banyak di jual di beatport, junodownload, dan lainnya. Selain jenis musik itu mereka tidak jual. Untuk jelasnya tentang jenis music electronic apa saja silahkan ke Tkp tante wiki electronic genre..

Nah yang paling sederhana kita hanya butuh tool : Speaker (active/not), Headphone ( flat ), Amplifier. Itu aja gw rasa dah cukup untuk menghemat cost.

4. Sampler/samples

Sampler biasanya berupa , sound effect, drum loop, midi,single sound (electronik musik instrument). Adanya samples mempermudah kita saat membuat music, artinya kita tidak perlu susah payah membuat beat (making beat) atau sound lainnya. Tetapi sangat di sarankan sebelum ente menggunakan loop samples, lebih baik ente harus bisa membuat basic beat sendiri.

Pada setiap software biasanya sudah di sediakan namun kadang cuma samples standar. Seperti di Fl studio, ACid pro, sampler yang di sediakan pun tidak banyak tapi sudah cukup untuk pemula. Untuk ngeremix, ngedit lagu-lagu Dj sebaiknya gunakan samples yang sesuai genre-nya agar lebih mudah.

5. Action

Lakukan proses step by step.

Cara Membuat lagu - lagu DJ

Teori umum : 4/4 - 4 Bar  - 16 bar

Yang pertama kita lakukan adalah tentukan dulu genre/style music dj yang akan kita buat. Misalnya genre House music, progressive, trance,breakbeat, tribal house (komersil song). Atau mungkin Funkot. Ketika sudah kita tentukan style musiknya langkah selanjutnya adalah memahami style music itu sendiri. Misalnya standar BPM (beat permenit). Untuk lebih jelasnya soal bpm lihat table di bawah:

Tempo in Bpm

Reggae -----------70–82
Trip Hop --- -----80–92
Hip-hop ----------89–105
Acid Jazz ---------110-116
Disco -------------124-133
Dutch House ------ 126 - 130
Electro House ----- 126 - 128
House ------------120–128
EDM - 128 - 130
Break beat n electro 130 –132
Progressive house -------128–135
Tribal -------------130 -135
Trance ------------135–140
Psychedelic --------136--140
Techno ------------140 ke atas
Hardcore ----------150–160
Drum n Bass ------160–170
BreakFunk / Funkot 150 - 180 : Rata-rata 180
Breakbeat kota 130 - 135

Tabel ini tidak baku hanya untuk gambaran saja saat lo mau membuat lagu , tapi rata-rata nilai bpm seperti di atas . Oh ya bro membuat lagu dan ngeremix/ ngedit itu beda.

Membuat lagu DJ :Sederhananya kalo membuat lagu (Producer/composer): Semua aransement musiknya ente yang membuat. Sebagai contoh di bawah ini 2 contoh lagu house buatan Ane   dengan konsep lagu simple tune atau minimalis.Bpm 128. Kenapa bpm 128? biar genep and gampang menghitung bar-nya. 4/4.

Three thousand original mix (djhendry ft dj rulis ) by djhendry
Kualitas lagu di atas masih jelek--yang bagus silahkan klik djhendry remix page download lagu lainnya.

Contoh 2:

Lagu Untuk DJ yang simple di bawah ini. Judul Dindaa : Aransement musik ane sendiri yang membuat. Dari Beat, Rhythm, Pad, lead, dan lainnya.

Dindaa - djhendry (original mix) by djhendry

 Nge-remix : lagu orang ente (read anda) rubah sedikit berbeda dengan aslinya hampir sama dengan ngedit di sini juga kita di tuntut untuk bisa meng-aransement musik sendiri (jika mengunakan acapella). Jika ingin  menggunakan musik asli dari lagu yang akan di remix, ente bisa rubah beat aslinya atau tambahin bassline.Genre lagu terserah, mau lo bikin breakbeat, house atau yang lain. Bahannya acapela dan yang penting yambung. contoh lagu di bawah:

I gotha feeling - djhendry mix-edit by djhendry

Lagu di atas gotha feeling, ane ambil dari lagu aslinya dan hanya di edit bagian beat agar lebih bagus. Di bawah ini adalah contoh lagu yang Ane remix menggunakan Acapella (vocal clean: no music).



Dalam mengerjakan Ane memakai Fl-studio v.9 - 112 (bundle version  production / signature) untuk ngeremix lagu ini di tambah samples, Vst, tapi untuk beat ane membuat beat sendiri.

Ane sengaja memilih versi ini karena lebih kengkap di banding yang biasa. Perbedaannya adalah pada Plug-in sangat lengkap, dan di tambah video tutorialnya dari officer--lihat di video tutorial fl studio, sebagian sudah gw upload. Total file Fl-studio bundle version sekitar 200mb lebih untuk aplikasinya dan lainnya adalah samples tambahan untuk genre lagu DJ. Yang mau software pesan saja sama gw harga 200rb beserta file regnya..Jiah..jualan nih..hehe

Yang kedua dalam membuat lagu dj adalah membuat melody atau beat (making beat) --lihat postingan cara membuat beat sendiri. Untuk prosesnya terserah ente mo beat dulu atau melody baru nanti di kembangkan. Lo bisa memakai software apa saja yang lo punya atau kuasai. Mungkin pake Acid pro seperti dj kota.

Tapi saran gw pake aja Fl-studio, karena lebih familiar dan mudah di pakai. Bisa juga pake keduanya. Kalo gw cuma pake fl doang. Sekedar sharing tentang pengetahuan soal musik yang sedikit dan masih terus belajar. Bersambung ke membuat lagu dj bagian 2 ya bro..?tentang cara membuat lagu dj dan ngeremix...dah ngantuk bro..bye.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 09.49

72 comments:

  1. pertamax!! ane pernah main beginian.., hehe

    BalasHapus
  2. Mantap Brrad...
    tapi kalau saya sih kadang buat lagu Dj pakek Cool Edit, setelah ada beberapa lagu yg mau gue MIX, trus gue gabungin dan rec di VDJ. Okelah...buat tambahan....
    makasih ya.....
    moga gak sakit2n lagi...
    kemarin gue tunggu pepayanya aja g mpe sini2...padahal kan gue nyidam, next di transfer pakek "FEDEX" ya....
    Heheheheeee.....

    BalasHapus
  3. sipp..ane lebih suka pake Fl lebih lengkap n powerfull..buat ngeremix..bikin beat, mastering, balancing, sewuenceing..lebih ajip..sori pepayanya..dah keburu habis kemarin..wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. bang hendry gua mau dengar lagu²nya dari bang hendry klw enak saya mau beli yang banyak tp aliran nya kayak :
      break beat, dutch, trance boleh ga' email gua nih (etank_the@doctor.com) di kirim ya klw bagus saya mau beli lagu yang bnyak...?

      Hapus
    2. cek inbox facebook lo...dah add gw kan? email lo gk bisa di kirimi mail..

      Hapus
  4. Sama bro, gw juga pake FL. Thank's banget tutorialnya. selain online, gw juga pengen belajar ama lo secara offline.

    BalasHapus
  5. mainlah lah bro..kekostsan gw..kan deket dr cikarang..

    BalasHapus
  6. ane suka gan yang I Gotta Feelingnya....
    hahahaha....

    menurut ente, lebih lengkap FL ato Ablebon Live..??

    BalasHapus
  7. sama2 lenkgap bro..ableton juga ada Refill samplesnya..jadi bisa update.cuma ane lebih suka pake Fl..

    BalasHapus
  8. Brada..ane kn buat lgu ntu tp hasilnya mendem ga ky pnya brada yg i gotha feeling lbh idup suaranya..boleh tao trik2 mixingnya ga brada?

    BalasHapus
  9. kasih plugin maximus, multiband compresor, parametic equalizer 2, di master mixer..terus set masing2 channel ke mixer ( kasih effect yg sesuai) . habis gitu di balancing, fade..cara sederhananya seperti itu car bikin lagu gk mendem. pengaruh samples yg lo pake juga bisa.

    BalasHapus
  10. hendry lagu lo keren2....gw suka banget

    BalasHapus
  11. facebook gw ada di sebelah kanan tuh..nongkrong pic-nya..

    BalasHapus
  12. Bro , gwa pengen nich ngobrol kalo lu dah waktu hehehheheeeee tapi tempat lu dmane ye ??
    kan baru follower neh hehehehheeeee

    BalasHapus
  13. di jakarta selatan sob..pancoran barat..main aja.

    BalasHapus
  14. gw masih newbie mslh FL,tapi masih penasaran tuk nguasainnya,lo sndri tuk bisa nguasain ini belajar otodidak or lo punya tutor pribadi,n brapa lama lo bsa nguasain FL?

    BalasHapus
  15. tutor pribadi gk ada gw..belajar dr officialnya fl studio..di dalam account ada tingal tonton aja..n pratekin. bisa di bilang lainnya otodidak

    BalasHapus
  16. hmmm gtu yah,boleh donk gw blajar ma lo mengenai FL berikut cara mix lagunya..gw penasaran bgt,bnyk2 feature2 yg gw ga ngerti,klo pun tahu cma skdr pikin patern2 sederhana aja,itupun klo dah di mix soundnya lbh ke simple industrial,tpi tuk yang kayak dance,trance,dll gw blum tahu apa aja,pengetahuan gw msh minim mslh bedanya genre dlm musik yg berbau DJ..

    BalasHapus
  17. boleh aja sob..mo privat jgua bisa..kalo posisi lo deket..feuture fl emang banyak tp intinya cuma di 4 element ( pattern, playlist, mixer, sampler)..semuanya saling berhubungan..and perlu waktu untuk memahaminya...kalo dah tahu dasar musik mah..tinggal pahami aja element2 genre2 musik dj dan cara membuatnya.

    BalasHapus
  18. sob ane pake reason kalo mau remix lagu terus ganti beat musti import file apa yah?

    BalasHapus
  19. gw gk pake reason sob..import beatloop aja kali kalo pake loop.kalo di fl studio kan tinggal ganti loopnya, kalo pake beat sendiri ya tinggal susun ulang aja beat di pattern

    BalasHapus
    Balasan
    1. bg salam kenal ,saya pingin menjadi DJ tpi saya masih pemula ,sangat susah jika saya belajar dri tutorial . apa kita bisa ktmu ?

      Hapus
    2. wah..ane cuma ngjar music production sob..alias ngeremix lagu or bikin laug sendiri pake fl studio..djing gk ngajarin

      Hapus
    3. ane mau tanya2 gan , aliran lu ini apa gan? mash awam kali sama aliran , kalo bisa kasih contoh tiap alirannya gan , kalo gk EDM , House ,Break Beat n Electro gan :D makasih

      Hapus
    4. postinganny sudah ada semua tinggal baca aja sob..contoh lagu..search di google boxnya disebelah kanan atas kalo buka pake Pc atau di bawah article ada kotak pencarian : kata kunci -- Electro house,...dan kata kunci yg di cari..

      Hapus
    5. bang hendry reques macam2 beat dan bass fpl trims

      Hapus
  20. gan Saya kurang ngerti soal nge Dj Bisa bikinin lagu gg pokoknya ngebit ajj kaya lagu2 shuffle gitu oke2 please ya gan kalau udah kabarin di fb ajj "M Zaky Djauzie" Please..!!!

    BalasHapus
  21. adain komunitas gan hendry... ane juga tertarik,,,sumvah..

    -salam
    Blogger

    BalasHapus
  22. lagunya jahanam yang cintamu sepahit topi miring itu yang musiknya doang ada kagak gan... kalo ada downloadnya dimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh...juddulnya aja ane gk tau sob..di aransement aja musiknya..patokannya lagu aslinya. atu bsia di akali pake software adobe audition--remove vocalnya. atau pake audacity - dwonload disini http://audacity.sourceforge.net/ ada fungsi vocal remover

      Hapus
  23. bang adain donk video remix lagu lwt vdj

    BalasHapus
  24. link downlod softwarenya ada gk bang ?

    BalasHapus
  25. wow coool update lagi ya.......

    BalasHapus
  26. saya request boleh ya ? request tutorial buat lagu dubstep dong . Pengen banget nih buat lagu dubstep yg ngigit telinga gimana gitu . Gua udah buat tapi masih terlalu simple , karena pengalaman gw jg masih pendek. Mau nonton tutorial di youtube inet lemot ._. Bantu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganden kohkono: sory gw gk nguasai genre dubstep..di youtube banyak kok tutorial cara bikin dubstep..apa aja vst yg di pakai..contohnya pake Harmles

      Hapus
  27. mas hendry saya mau mta tlong bnget saya kesulitan mixing vocal,, hsilnya sllu mendem trus suaranya gk jelas sama kurang menyatu,, (vokal nya udh kenceng namun vokalnya trasa kya Ada di dlm musik nya,, nggk bsa dsmping music nya,, jd vokal kenceng namun ttep nggk jlas) gmn ya mas?? mhon bntuan nya sngat!! sama vst" yg bgus untuk vokal apa ya mas?? sya hobi record music rapp!! mksiih sblumnya mas hendry,, salam... (saya rian dari jogja)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca postingan tips solusi masalah vst vocal disini sob.

      Hapus
  28. mas hendry.. boleh minta contact person nya gak ya? mau belajar nge-dj nih.. ane di jakarta juga.. thnx :)

    BalasHapus
  29. Keren banget postingan elu mas hendry . Btw, bisaa minta tolong gak? Remix-in lagu like α g6 , gangnam style, dan bum bum pow dong. Gw masih bingung cara ngeremixnyaa. Kirimin ke email temen gw ajaa yaa remix an nyaa. ( michellepurba@ymail.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thnk sob..sudah banyak yg ngeremix lagu itu serach aja di google " PSY - Gangnam Style (Club Killers Party Starter Clean...ntar pada nongol linknya

      Hapus
  30. Keren banget postingan elu mas hendry . Btw, bisaa minta tolong gak? Remix-in lagu like α g6 , gangnam style, dan bum bum pow dong. Gw masih bingung cara ngeremixnyaa. Kirimin ke email temen gw ajaa yaa remix an nyaa. ( michellepurba@ymail.com)

    BalasHapus
  31. Bang boleh ikutan les privatnya kga nii ? Gw di jakarta jg

    BalasHapus
  32. terus berkarya bang, saya DJ baru,, banyak belajar dari blog abang,, mohon bantuannya,, :)
    trims bang . . .

    BalasHapus
  33. Umur saya12 thun saya senang menjadi dj bang,tapi saya gapunya alat djnya,saya pake komp app vdj bisa ga bikin lgu bang?thanks ye sarannya saya bikin nma dj sih dj squezy thanks a lot mas.... sukses slalu dj tanah air

    BalasHapus
  34. terimaksih atas infonya,jangan lupa mengunjungi alamaat kami http://www.unsri.ac.id

    BalasHapus
  35. Terima Kasih Pak .. artikel yang sangat bermanfaat .

    BalasHapus
  36. Bang Hendry , Remix kn lagu saya Please. ini linknya.

    http://www.reverbnation.com/wahyusyahputraa/song/17574386-kisah-kita-wahyu-syahputra-feat

    BalasHapus
  37. Bang thanks banget ya gw jdi ngerti tentang dj dari lo.. :D
    Facebook abang apa bang?

    BalasHapus
  38. gan bagi tips lagi dong remix atau mashup lagu pake acid pro. butuh rekomendasi link download lagu acapella indonesia juga nih buat tugas thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ane gk make acid sob..Fl studio aja..coba cari vocal acapella diy lagu indo di funkoters.com atau di souncloud.com , mudah-mudahan nemu.

      Hapus
  39. terimakasih bro Numpang sedot sempel lagu nya.....
    saya Pemula FLstudio juga.

    BalasHapus
  40. software selain ableton sama fl ada lagi ga ya?

    BalasHapus
  41. bang minta alamat lagu2.x dong... pengen dengar ne ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. lum diupload sob.. account kebanned... sementara ke www.souncloud.com/hendryal

      Hapus
  42. kunjungi alamat remix ane gan.

    http://bacanmusikedition.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. di windows 7 bisa gak sihh bang?? makasih :)

    BalasHapus
  45. om,,, buat dapet vocal penyanyinya doang nyarik dmna,, perasaan suah bgt nyarik do goole,,,,mohon pencerahan

    BalasHapus
  46. bang saya mau belajar gimana ya bang untuk awalnya . .
    bang kalau mau sama kuncinya atau key nya bagaimana ya bang ???

    BalasHapus
  47. Om share cara bikin fill in lagu pke fl9 donk om...mksh bnyk om..btw keren bgt blog.ny..bnyk mmbntu pemula2 sprti sya...

    BalasHapus
  48. Bang, kalo gua habis remix lagu nih bang, trus mau di share ke soundcloud dll, itu harus izin ke yg punya lagu dulu gak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo nggak buat dijual komersil.. nggak harus minta izin. tp kalau mau minta izin ya silahkan saja

      Hapus
  49. Trus nih bang, kan gw dah buat basic beat n clapnya tuh, trus mau buat electronya pake apa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake vst plugin yang ada di Fl studionya tinggal pake saja.. pilih soundnya yang pas.. contohnya plugin Harmor

      Hapus
    2. Makasih ya bang hendr, sangat membantu, semoga berkah...

      Hapus
  50. terimakasih ya bang, sangat membantu, sudah di coba dan berhasil.

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.