Home » , » Apa teknik dj untuk pemula yang harus di pelajari

Apa teknik dj untuk pemula yang harus di pelajari

Sering kali ane dapat pertanyaan tentang teknik dj untuk pemula yang ingin belajar secara otodidak, tanpa belajar dj dj school. Dan kebetulan punya buget lalu membeli alat dj sendiri. Yang mana dulu harus di pelajari agar mudah ? Sepanjang pengetahuan ane selama ini,  untuk pemula / newbie lebih baik belajar tentang bagaimana melatih kepekaan telinga. Ini setelah kita mengetahui fungsi-fungsi tombol alat dj yang ente punya ya. Apa teknik dj untuk pemula yang harus di pelajari salah satunya adalah speed hunting dan juga memahami lagu.

teknik dj untuk pemula yang harus di pelajari

Melatih kepekaan telinga bisa dengan berlatih teknik speed hunting , beat mix, bar mix. Baca - apa itu speed hunting. Lebih sederhananya adalah latihan menyamakan ketukan 2 lagu di deck A dan B tanpa melihat bpm yang tertera di alat sampai sama. Di sekolah dj pun di ajarkan seperti ini dengan tujuan melatih kepekaan telinga muridnya dalam menyamakan tempo lagu dan ketukan. Sampai lancar. Untuk latihan ini gunakan lagu khusus untuk dj yang memiliki tempo/bpm rendah, misalnya lagu-lagu yang bpm 115 - 126. Lagu dj yang bpm rendah seperti genre soulful house, deep house, hip hop. Contoh genre deep house bpm 122 buat latihan, di bawah ini :


Teknik ini memang pada awal-awal sangat sulit bisa membuat putus asa, tapi jika sering latihan akan terbiasa dan mudah. Bahkan jika sering latihan speed hunting tanpa melihat bpm yang tertera di alat, dan sudah mahir nanti jika menggunakan alat dj jenis apapun tidak akan panik lagi..Bisa sambil merem...hehe..Inti dari melatih kepekaan telinga adalah agar kita mahir dalam mixing lagu. Jadi jika telinga sudah peka akan dengan mudah mengetahui saat mixing lagu, apakah harus menambah tempo atau menguranginya dengan menggeser tombol Pitch. Ketukan kedua lagu sudah rapat atau belum telinga kita akan tahu, jika sudah mahir. Sehingga proses mixing perpindahan lagu akan sangat halus.

Proses ngerapetin ketukan bisa mengunakan tombol JogDial ( maju atau mundur ) atau tombol picth di kurang atau harus di tambah. Harap di ingat proses latihan ini di lakukan dari dalam Headphone pro DJ ente, aktikan tombol PFL kedua channel di mixer. Karena mendengarkan dari dalam headphone akan sangat jelas sekali apakah ketukan kedua lagu sudah sama atau belum. Sekedar buat contoh lihat video di bawah bagaimana proses teknik dj speed hunting untuk pemula.


Tapi jangan lupa juga pelajari juga tentang teknik Cueing, silahkan baca postingan -- Cara membuat cue di cdj 1000. Jika teknik cue belum benar nanti akan mengalami kesulitan dalam proses melatihkan kepekaan telinga speed hunting ( Proses menyamakan tempo dan ketukan). Ane kan punyanya cuma dj controler sob, gimana caranya ?

Gampang..Matikan fungsi auto sync / auto bpm, atau jangan gunakan tombol sync untuk latihan ini karena percuma. Usahakan feature yang menampilkan bpm di matikan saja ganti ke pitch ( bila perlu tutup pake kertas ). Jadi proses di lakukan manual jika ingin latihan speed hunting untuk melatih kepekaan telinga.

Jadi apa teknik dj untuk pemula yang harus di pelajari dalam melatih kepekaan telinga, begitulah kira-kira selanjutnya tinggal ente pratekin dengan alat dj yang ente punya. Kalau tidak punya ya berusaha, sewa ke studio dj atau apalah..Postingan ini cuma berbagi tidak bermaksud mengajari. Semoga bermanfaat.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 04.24

0 comments:

Poskan Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.